Sponsors Link

Cara Membasmi Hama Ulat pada Tanaman Sawi Paling Efektif

Sponsors Link

Musim kemarau adalah musim dimana lahan pertanian sering mengalami kekurangan air dan tanaman yang ditanam para petanipun menjadi sangat rentan terkena serangan berbagai jenis hama dan terserang virus penyakit tanaman. Salah satu jenis hama yang berbahaya bagi tanaman adalah hama yang merupakan hama yang sering menggerek bagian batang tanaman.

ads

Saat ada air yang menggenang yang tersorot dengan cahaya panas matahari akan membuat hama sangat mudah berkembang biak dan banyak yang mendeteksi bahwa hama sudah mulai menyerang tanaman saat tanaman masih dalam pase persemaian, namun jenis serangannya belum terlihat jelas dan hal ini membuat para petani menjadi tidak merasa bahwa pada saat melakukan persemaian banyak serangan hama. salah satu jenis hama yang berbahaya bagi para petani adalah ham ulat. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Boleng pada Ubi Jalar

Ulat adalah salah satu hewan yang sangat menjijikan dan tak jarang ulat membuat seseotang menjadi ketakutan karena memiliki tingkat bulu yang bisa membuat seseorang menjadi bentolan, tak hanya menyerang manusia ulat juga sangat berbahaya terhadap berbagai tanaman, karena dapat merusak kondisi tanaman baik menyerang buah, batang serta daun. Keberadaan ulat sangatlah membuat tanaman menjadi sangat berbahaya, karena populasi ulat yang sangat banyak dan menyulitkan untuk pembasmian hama ulat secara menyeluruh. Ulat sering menjadi hewan yang dihindari oleh para petani, karena kalo ulat menempel saja pada kulit akan membuat kulit menjadi bentolan yang miliki warna merah.

Sawi adalah salah satu tanaman yang sangat nikmat untuk dikonsumsi dan sawi merupakan salah satu tanaman yang biasanya digunakan untuk tambahan dalam pembuatan dan pembuatan makanan ringan seperti bala-bala. Sawi merupakan tanaman yang sering ditanam oleh para petani pada area lahan pertanian yang tinggi, karena di lahan pertanian yang tinggi akan membuat kondisi angin menjadi lumayan kencang dan cenderung dingin, nah tipe tanah yang ada disinilah yang akan dapat baik bila digunakan untuk menanam tanaman sawi. Sawi juga salah satu tanaman multi fungsi yang dapat berkembang biak secara baik pada seluruh wilayah di Indonesia. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mencegah Serangan Hama dengan Tanaman Refugia

Berikut ini adalah beberapa hama dan cara membasmi hama ulat pada tanaman sawi:

Namun serangan berbagai hama seringkali terjadi pada tanaman sawi dan kebanyakan hama merusak bagian daun dan buah pada tanaman sawi. Para petani melakukan berbagai hal untuk mengatasi hama yang menyerang sawi.

  1. Ulat Tanah

Ulat tanah adalah ulat yang biasanya ditemukan di tanah dan jenis ulat ini biasanya menyerang bagian akar tanaman sawi, nantinya bila akar telah terkena hama akan membuat kondisi tanaman menjadi layu dan warnanya menjadi kuning dan lama kelamaan akan mati.

Untuk mencegah hama ini menyerang sawi maka bersihkanlah bagian lahan di sekitar area tanam dengan menggunakan peralatan pertanian seperti pacul, arit, parang dan lain-lain. Semakin bersih area tanam maka akan menjadi semakin aman pula tanaman sawi yang ditanam. Apabila tanaman sawi telah dicemari dengan ulat tanah maka lakukanlah penyemprotan bahan kimia sesuai dosis yang ditentukan suatu obat kimia pembasmi tanaman. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Oteng-Oteng di Tanaman


  1. Ulat grayak

Ulat jenis ini biasanya menyerarang sawi pada bagian daun dan biasanya membuat daun menjadi bolong dan tak jarang habis dimakan. Bagian daunnya terkadang sering tidak beraturan dalam segi bentuk, hal ini karena serangan ulat ini yang menyerang dari berbagai arah.

Untuk melakukan pencegahan terhadap serangan ulat grayak maka lakukanlah perawatan lahan dengan membersihkan area tanam dan kondisi area tanam akan sangat menentukan keberadaan ulat, semakin bersih maka akan semakin tidak ada ulat yang bersembunyi. Untuk membasmi keberadaan ulat ini gunakanlah bahan kimia yang banyak tersedia di toko obat khusus tanaman. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Membasmi Hama Wawung

Kerusakan yang diakibatkan oleh sebuah ulat memang bervariasi mulai dari adanya bercak pada bagian daun, terjadinya pembusukan pada bagian batang, terjadinya kerusakan pada bagian batang dan terjadi pembusukan pada bagian daun. Semua kerusakan yang diakibatkan oleh sebuah ulah tentu bervariasi dan berbagai jenis ulat memiliki tingkat kerusakan yang berbeda. Salah satu ulah yang berbahaya adalah ulat bulu, karena ulat bulu dapat membuat seserorang menjadi gatal-gatal dan nantinya akan menyebabkan sebuah bentolan yang berwarna merah. Ulat bulu yang menempel pada pakaian biasanya sangat membuat pakaian menjadi penuh rasa gatal.

Salah satu ulat yang sifatnya tidak begitu bahaya bagi manusia adalah ulat pisang, dinamakan ulat pisang karena ulat ini sering ditemukan di bagian pohon atau daun pisang. Ulat ini di berbagai daerah sering dikonsumsi karena menurut mereka ada efek positipnya bagi kesehatan dan ulat yang sangat menggelikan ini sering ditemukan di berbagai wilayah Indonesia yang memiliki populasi tanaman pisang yang banyak. walaupun tidak berbahaya bagi manusia tapi ulat ini juga sangat merusak tanaman pisang dan sering membuat daun tanaman pisang menjadi mati.

Banyak solusi yang diberikan pemerintah untuk membasmi hama pada sawi dan salah satu solusinya adalah dengan menggunakan obat kimia di bagian area tanam sawi. Gunakan obat kimia sesuai penggunaan agar ulat menjadi hilang dan sawi terhindar dari kebanyakan obat kimia yang tentunya bila kebanyakan akan mengakibatkan sawi menjadi panas dan cenderung akan mati. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Garangan

Keberadaan ulat pada sebuah sawi memang menjadi hal yang harus dicegah bahkan dibasmi, karena apabila dibiarkan akan membuat petani gagal panen karena kondisi sawinya rusak. Itulah ulasan lengkap mengenai beberapa hama dan cara membasmi hama ulat pada tanaman sawi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi terbaik untuk mencari pengetahuan mengenai berbagai hama yang dapat menyerang tanaman sawi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan