Sponsors Link

Cara Membuat Bunga dari Kertas untuk Valentine (Mudah Banget!)

Seperti yang kita tahu, bulan februari merupakan bulan yang identik dengan hari kasih sayang. Bertepatan pada 14 februari mendatang, banyak sekali persiapan dilakukan untuk merayakan hari valentine. Di Indonesia sendiri hari valentine juga dirayakan oleh sebagian orang walaupun tidak semua merayakannya. Hal ini berbeda dengan hari valentine di luar negeri khususnya di wilayah Eropa dan Amerika.

Bisa dibilang valentine sendiri merupakan sebuah tradisi dan hingga saat ini memang perayaannya lebih meriah dan ramai di luar negeri sedangkan untuk di Indonesia sendiri bahkan di beberapa wilayah di Indonesia, perayaan valentine ini dilarang. Walaupun dilarang, masih banyak sekali orang merayakannya. Tentunya ini karena ketika hari valentine anda bisa melihat Cara Budidaya Burung Elang, banyak sekali hal menyenangkan bisa anda lakukan bersama dengan orang tercinta.

Tidak hanya sekedar berbagi kasih, anda juga bisa memberikan kenang- kenangan sebagai tanda kasih sayang di hari valentine. Ada banyak sekali benda bisa anda berikan kepada pasangan ataupun orang yang anda sayangi. Dari semua benda yang ada, coklat dan bunga merupakan hal penting dan bisa dibilang wajib ada dalam perayaan valentine. Tidak hanya diberikan begitu saja, kemasannya pun harus menarik.

Tak jarang pula banyak sekali ditemui jenis kertas dan kotak kado dengan warna dan ukuran berbeda- beda di toko. Jika anda ingin memberi coklat, ada baiknya anda membuatnya sendiri di rumah daripada membelinya. Begitupun dengan bunga, anda bisa merangkainya sendiri di rumah, ini akan lebih baik daripada anda membelinya di toko. Untuk orang istimewa maka anda pun harus menyiapkan sesuatu yang istimewa juga.

Tidak harus mahal tetapi berikanlah sesuatu yang berkesan bagi orang tersayang berbeda dengan Cara Menanam Bunga Vinca Gantung, dan anda bisa menggunakan benda- benda disekitar anda. Selain lebih istimewa anda juga bisa menghemat biaya, salah satunya yaitu dengan melakukan cara membuat bunga dari kertas untuk valentine.

Tidak selalu bunga di hari valentine adalah bunga segar, anda juga bisa memberikan rangkaian bunga kertas. Selain itu bunga kertas  juga sangat awet jika disbanding dengan bunga segar, seperti kenangan anda yang akan selalu dikenang nantinya. Untuk itu, berikut ini merupakan Persiapan sebelum melakukan cara membuat bunga dari kertas untuk valentine.

Persiapan Cara Membuat Bunga Kertas untuk Valentine

  • Siapkan peralatannya terlebih dahulu seperti gunting, lem, pensil, penggaris, isolasi berwarna dan kawat atau lidi.
  • Untuk kertas, akan lebih mudah jika anda menggunakan kertas krep, selain mudah dibentuk kertas ini juga memiliki banyak sekali pilihan warna.
  • Namun apabila anda ingin membuat bunga dengan kelopak kaku anda bisa melihat Cara Merawat Bunga Celosia, maka anda bisa menggunakan kertas lipat ataupun kertas karton dengan berbagai warna.
  • Siapkan juga kertas ataupun plastik sebagai pembungkusnya.
  • Untuk kertas pembungkus, gunakan jenis kertas yang tidak terlalu kaku dan mudah dibentuk.
  • Siapkan juga pita dengan warna kesukaan orang yang ingin anda beri bunga.

Setelah anda melakukan berbagai persiapan seperti di atas, langkah berikutnya dalam cara membuat bunga dari kertas untuk valentine yaitu memulai langkah awal. Kali ini kami akan memberikan beberapa langkah mudah dalam membuat bunga dari kertas, tidak hanya untuk satu jenis bunga saja tetapi juga beberapa macam untuk membuat sebuah rangkaian bunga yang indah seperti berikut ini.

Cara Membuat Bunga dari Kertas untuk Valentine

  1. Pertama anda bisa melihat Cara Merawat Bunga Sabrina, bagi anda yang memilih kertas krep sebagai bahan dasar pembuatan bunga maka anda perlu memotongnya terlebih dahulu. Pilihlah dua hingga tiga warna berbeda untuk membuat bunga yang berbeda dengan jenis yang sama.
  2. Potong- potong kertas krep dengan ukuran 5cm x 30cm setelah itu buatlah pola menyerupai segitiga pada bagian atasnya, jangan sampai kertas terpotong pada pinggirnya karena akan membuat kertas jadi terbelah nantinya.
  3. Kini anda telah membuat potongan kertas krep panjang dengan banyak pola meruncing di bagian atas kertas. Lalu perlahan ambil bagian ujung bawah kertas krep dan pertemukan dengan bagian yang lain.
  4. Lakukan hal di atas secara berulang dengan cara memutar hingga ujung kertas krep habis, sehingga kini anda akan mendapatkan satu buah bunga teratai yang mekar. Anda bisa membuatnya sebanyak 3 hingga lima buah dengan warna yang sama dan buat lagi dengan warna berbeda.
  5. Untuk membuat tangkai, ambilah lidi ataupun kawat dan potong dengan ukuran 25 cm hingga 35 cm. Ukuran tinggi tangkai bisa anda sesuaikan dengan keinginan dan selera anda.
  1. Ambil kertas krep berwarna hijau tua ataupun coklat dan gunting dengan ukuran 1 cm x 30 cm. Tempelkan sedikit solasi berwarna hijau tua ataupun coklat pada ujung kertas krep dan lilitkan kertas krep pada lidi ataupun kawat hingga menyerupai tangkai.
  2. Setelah itu tempelkan tangkai yang sudah jadi pada ujung bunga kertas krep menggunakan lem ataupun solasi, akan lebih baik jika anda menggunakan lem tembak.
  3. Langkah selanjutnya yaitu membuat bunga dengan jenis dan bentuk lain, bagi anda yang memilih menggunakan kertas lipat anda bisa langsung mengambil pensil dan menggambarkan pola kelopak bunga.
  4. Untuk kelopak bunga bisa anda buat dengan bentuk bunga seperti biasa berbeda dengan Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih, buatlah dengan 3 ukuran yang berbeda yaitu kecil, sedang dan besar dengan warna kertas lipat yang sama lalu gunting dan lubangi bagian tengahnya.
  5. Lakukan hal tersebut berulang ulang untuk membuat banyak bunga, setelah itu gunakan gunting untuk membuat bagian- bagian kelopak pada pola bunga menjadi menggulung ke arah luar.
  6. Gunakan lem tembak untuk menyusun kelopak- kelopak bunga yang terdiri dari 3 susun mulai dari yang paling kecil di bagian atas hingga bagian paling besar berada di bawah. Setelah semua tersusun rapi kini saatnya anda membuat benang sari, putik, dan tangkai.
  7. Untuk putik dan benang sari anda bisa menggunakan kertas lipat dan menggulungnya lalu memotong bagian atasnya sehingga menyerupai benang sari dan tempelkan pada lubang di tengah bunga menggunakan lem tembak.
  8. Untuk tangkai, cara pembuatannya sama dengan tangkai pada bunga krep di atas. Sesuaikan tingginya dengan tinggi tangkai bunga krep yang sudah anda buat.
  9. Setelah dua jenis bunga jadi, anda bisa langsung merangkainya, untuk bagian dasar atau sebagai bunga pendamping, anda bisa menggunakan bunga dari kertas krep sedangkan untuk bunga utama di bagian tengah anda bisa menggunakan bunga dari kertas lipat.
  10. Jika semua selesai, anda bisa langsung mengemasnya menggunakan kertas, plastik dan pita sebagai pemanis.

Itulah langkah- langkah dalam cara membuat bunga dari kertas untuk valentine, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dan selamat mencoba.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik