Sponsors Link

Cara Merawat Bunga Celosia atau Bunga Jengger Ayam Agar Tumbuh Subur

Tanaman memiliki banyak manfaat terutama untuk kelangsungan hidup manusia, tidak hanya dimanfaatkan bagian-bagian dari tanaman itu sendiri tanaman juga menyediakan banyak oksigen dan udara bersih sehingga manusia dan hewan dapat bernafas dengan lega.

Sehingga kenapa banyak sekali tanaman dan pohon-pohon ditanam dibeberapa pinggiran kota khususnya jalan besar adalah untuk mengurangi polusi akibat kendaraan bermotor agar udara disekitar jaan raya tetap sejuk dan segar.

Tanaman juga perlu ditanam di rumah agar udara di sekitar tetap sejuk dan bersih Jenis Bunga yang Cocok untuk Halaman Rumah. Namun, akan menjadi tantangan tersendir untuk menanam tumbuhani bagi kita yang memiliki rumah dengan kapasitas halaman yang tidak luas.

Salah satu alternative untuk membuat rumah tetap segar dengan tetap memiliki tanaman adalah dengan menanam tanaman hias. Selain tidak memakan tempat, tanaman hias juga memiliki corak, warna, dan bentuk yang bermacam-macam sehingga dapat menyegarkan mata.

Banyak sekali macam dari bunga hias, mulai dari hanya terdiri atas daun saja seperti tanaman Gelombang Cinta, Beras Kutah, Lidah Mertua, dan masih banyak lagi Cara Menanam Bunga Hias Hidroponik serta Tips Perawatannya. Tanaman tersebut dipilih karena memiliki bentuk dan corak daun yang berbeda dari tanaman yang lain.

Ada pula tanaman hias yang lebih menonjolkan bunga seperti Bunga Mawar, Bunga Melati, Bunga Anggrek, dan lain sebagainya. Beberapa tanaman hias yang memiliki bunga berwarna-warni cocok dipilih untuk daerah yang memiliki tipe cuaca yang tidak terlalu panas maupun dingin agar tanaman hias memiliki usia yang panjang. Salah satu tanaman hias yang dipilih karena bunganya yang warna-warni adalah Bunga Celosia dengan nama ilmiah Celosia argentae L. var plumose Cara Menanam Bunga Jengger Ayam di Pekarangan Rumah.

Bunga ini memiliki banyak warna mulai dari merah, kuning, oranye, hingga ungu. Bahkan di Yogyakarta terdapat kebun yang sepanjang mata memandang dipenuhi oleh Bunga Celosia dengan berbagai macam warna.

Cara Merawat Bunga Celosia atau Jengger Ayam

  1. Bunga Celosia sangat senang dengan lingkungan tanah yang memiliki drainase yang baik serta mendapat sinar matahari secara cukup. Untuk itu pastikan tanah selalu mendapat pasokan air yang mencukupi dan Bunga Celosia mendapatkan sinar matahari secara cukup
  2. Rutin menyirami Bunga Celosia minimal 1 hari sekali. Penyiraman dapat dilakukan di pagi hari atau di sore hari. Menyiram Bunga Celosia tidak perlu hingga air menggenang dipermukaan tanah, cukup hanya sampai air dapat meresap kebagian dasar tanah. Hal tersebut dihindari untuk mencegah akar tanaman mudah mengalami proses pembusukan jika diberikan air terlalu banyak
  3. Untuk menunjang pertumbuhan tanaman hias, pemberian pupuk baik organik maupun kimia dapat dilakukan dengan memperhatikan jumlah pupuk yang baik untuk diberikan (sesuai dosis). Untuk penggunaan pupuk kimia, hendaknya tidak terlalu sering dan banyak karena dapat menimbulkan dampak negative baik bagi tanaman maupun bagi tanah
  4. Selalu rutin untuk memotong bunga dan daun yang layu agar tidak mengganggu bagian tumbuhan yang lain
  5. Jika diperlukan, berikan pupuk perangsang untuk pertumbuhan kelopak bunga pada Bunga Celosia agar dapat mekar secara maksimal Cara Membuat Pupuk Perangsang Bunga dan Buah dengan Mudah
  6. Rutin mengganti media tanah tanaman Bunga Celosia untuk mencegah perubahan pH tanah yang terlalu ekstrim yang dapat menyebabkan tanaman ‘keracunan’ dalam kurun waktu tertentu
  7. Penggunaan insektisida juga tidak dianjurkan dalam jumlah banyak karena dapat menimbulkan efek negative terhadap tanaman
  8. Bagi yang tidak memiliki halaman yang terlalu luas, Bunga Celosia dapat diletakkan di polybag atau pot berukuran kecil hingga sedang dan diletakkan di teras rumah yang cukup tersinari matahari

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk merawat Bunga Celosia dan mempertahankan kembangnya bermekar indah Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Cantik.  

Cara Merawat Bunga Celosia

Penggunaan pupuk organik sangat dianjurkan karena selain kandungan nutrisi yang berlimpah juga pupuk organik ini mudah untuk diserap oleh tanaman. Kalaupun pemberian pupuk organik berlebihan tidak terlalu berdampak buruk pada tanaman maupun lingkungan.

Cara merawat Bunga Celosia terbilang mudah karena tidak memerlukan alat atau bahan yang rumit, hanya kegiatan sederhana yang dapat dilakukan secara rutin setiap hari untuk menjaga kesuburan Bunga Celosia.

Banyak orang yang masih salah anggap bahwa cara menyiram tanaman hias yang baik adalah dengan memberikan banyak air, hingga permukaan tanah tanaman menggenang banyak air Cara Merawat Bunga Hidup Agar Tidak Layu dan Tetap Tumbuh Segar.

Padahal banyak tanaman yang tidak bisa diberikan banyak air karena akan beresiko membuat akar tanaman untuk cepat busuk. Jika akar tanaman busuk akan menyebabkan tanaman tidak dapat mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu penggunaan pupuk kimia yang berlebih juga tidak dianjurkan.

Banyak sekali pecinta tanaman yang lebih memilih untuk menggunakan pupuk kimia karena lebih mudah digunakan dan praktis sehingga banyak yang beralih ke pupuk kimia.untuk itu cara merawat Bunga Celosia haruslah dilakukan dengan tekun dengan pemilihan pupuk yang baik maka Bunga Celosia dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman hias yang memiliki bentuk bunga yang memanjang ini dengan daun berwarna hijau. Untuk merawat bunga ini terbilang mudah dan hampir sama dengan merawat bunga hias yang lainnya.

Dengan warna bunga yang cantik, banyak orang yang senang menanam bunga ini sebagai tanaman hias di halaman rumah. Untuk itu perlu dilakukan perawatan yang benar agar Bunga Celosia dapat tumbuh dan mekar dengan indah.

, ,