Sponsors Link

Inilah Cara Membuat Pupuk Silika dari Bungkam Padi (Mudah)

Sponsors Link

Pupuk adalah salah satu nutrisi dan hal yang paling penting dalam kebutuhan penanaman atau bercocok tanam. Tidak hanya seorang petani yang menggunakan pupuk sendiri. Bahkan setiap orang yang menyukai proses tanam menanam bisa itu di rumah juga memakai pupuk sebagai nutrisi agar lebih subur.

ads

Pupuk memang bukan segala hal yang di butuhkan oleh tanaman padi dan tanaman lainnya itu sendiri, masih ada faktor lain yang dapat menyebabkan gagal panen seperti tidak adanya sinar matahari, atau air. Banyak hal lainnya seperti adanya hama dan mikroorganisme jahat yang mengganggu jalannya setiap proses penanaman tersebut. Namun tidak di pungkiri bahwa pupuk adalah salah satu efek terbesar yang dapat mempengaruhi dan sebagai penentu keberhasilan panen tersebut.

Bahkan dalam cara menanam pisangcara menanam semangka agar menjadi besar, cara menanam pepaya california, Cara menanam benih melon, cara menanam waluh, cara menanam buah jambu kristal, dan banyak lainnya juga anda bisa melihat bahwa pupuk memiliki kesamaan yang sama yaitu dalam penggunaan pupuk.

Pupuk sendiri juga terbagi dari berbagai macam pupuk, ada pupuk organik, pupuk kimia, pupuk silika dan banyak pupuk lainnya. Kegunaannya juga berbeda – beda, anda harus memahami kondisi tanah dan tanaman anda, apakah anda membutuhkan pupuk yang mana. Karena setiap nutrisi yang ada di dalam pupuk juga berbeda. Untuk hasil yang maksimal, anda kenali dulu apa yang dibutuhkan setiap tanaman anda. Siapa tau memang berbeda dengan tanaman lainnya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas dari Cara Membuat Pupuk Silika dari Bungkam Padi pastinya dengan lebih mudah dan lebih hemat dong. Simak cara dari pembuatannya menurut penjelasan berikut ini;

Persiapkan setiap peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam Cara Membuat Pupuk Silika dari Bungkam Padi. Antara lain;

  • Mengumpulkan sekam padi sebanyak sesuai dengan kebutuhan anda dalam pembuatan ini sendiri. Jangan berlebihan dan jangan kurang.
  • Gunakan kardus atau anda juga bisa menggunakan koran bekas. Koran ini nanti digunakan untuk menjadi penutup dan alas.
  • Siapkan pipa yang anda gunakan untuk pembakaran. Pembakaran ini perlu dilakukan agar padi juga bisa menjadi lunak dan menjadi pupuk.
  • Gunakan oli dan siapkan korek api. Jika ada pipa untuk membakar, tentunya anda juga perlu menyiapkan korek api dan pelumas yang di gunakan untuk pembakaran. Kali ini, kita menggunakan oli sebagai alat tersebut
  • Siapkan air dan alat yang bisa digunakan untuk menyiramkan air tersebut
  • Siapkan sekop dan karung untuk menyimpan hasil dari pupuk tersebut.

Setelah setiap alat dan bahan yang digunakan sudah siap, maka anda bisa melakukan proses dalam pembuatan pupuk silika ini. Berikut tahapan dan caranya

Sponsors Link

  1. Anda harus mempersiapkan alat alat seperti plat yang memiliki ukuran kurang lebih 100 x 02 x 55 cm. Sebenarnya tidak menjadi sebuah masalah jika tingkat ketebalannya melebihi ukuran tersebut. Namun yang terpenting anda wajib memperhatikan bahwa plat tersebut bisa bertahan terhadap panasnya api. Jangan sampai plat tersebut leleh.
  2. Selanjutnya pembuatan bulatan yang memanjang silinder sepanjang 100 cm dengan diameter kurang lebih 15 – 20 cm.
  3. Setelah anda membuat lubang tersebut hingga selesai. Maka kini saatnya anda membuat ventilasi udara yang berada di pipa dengan melubangi semua sisi pipa yang digunakan. Hal ini bisa berguna untuk api dinyalakan nantinya todal pada, oleh lubang. Selain itu, lubang ventilasi juga memberikan aliran udara yang cukup membakar semua bekam yang akan diolah menjadi sebuah pupuk tersebut.
  4. Membuat lubang, setidaknya 5 mm, gunakan paku untuk melubangi. Hitung atau perkirakan jarang lubang 1 dengan lainnya 2-3 cm.
  5. Lakukan juga di dalam plat yang anda persiapkan yang telah anda bentuk silinder tadi.
  6. Lobang yang kasar dan tajam harus berada di bagian luar, maka dari itu, pelobangan harus anda lakukan dari dalam ke luar. Bukan dari luar ke dalam yah.
  7. Agar dengan mudah anda dapat membentuk silinder yang baik, anda rekatkan setiap ujung dengan menggunakan kawat lilit dan pengunci yang berbentuk mirip jepretan (Staples) sehingga anda bisa menegakan dengan sempurna.
  8. Alat pembakaran tersebut jangan anda letakan di daerah sekitar rumah, sangat disarankan anda melakukan pembakaran tersebut jauh dari rumah, sebab dalam proses pembakaran ini akan ada asap yang sangat tebal.
  9. Gunakan peralatan yang tahan panas yah. Dan pastinya keras, ini dilakukan untuk menghindari kerusakan saat proses pembakaran tersebut. 
    Sponsors Link

  10. Gunakan alas pembakaran tersebut lantai yang tahan dan keras agar tidak rusak ketika melakukan pembakaran
  11. Pipa yang tadi anda persiapkan harus di berdirikan dengan tegak dan lurus. Cara untuk menegakan dan meluruskan di tengah – tengahnya dan sekeliling pipa taburkan saja sekam tersebut.
  12. Setelah semua sudah di lakukan, kini saatnya anda memasukan kardus dan koran yang tadi sudah anda siapkan.
  13. Agar pembakaran berjalan dengan mudah dan lancar, maka coba menuangkan sedikit oli bekas yang tadi sudah di persiapkan tersebut ke dalam lubang pipa tersebut.
  14. Nyalakan api hingga 30 menit atau sampai tumpukan terlihat hitam.
  15. Jika tumpuikan masih berwarna coklat, gunakanan alat yang memungkinkan untuk melakukan pengadukan dan bolak balik bekam ini agar semua rata terbakar.
  16. Setelah semuanya menghitam, ini berarti proses sudah selesai. Jemur dan keringkan hingga kering.
  17. Jika sudah kering, maka pupuk tersebut sudah bisa di pakai untuk penanaman

Ini akan merepotkan pada awal pembuatannya. Namun ini akan menjadi sangat cepat dan mudah bukan?

Sponsors Link
,




Oleh :
Kategori : Tanaman