Sponsors Link

5 Jenis Benih Melon Terbaik dan Tahan Penyakit

Sponsors Link

benih melon terbaik tahan penyakitBuah melon merupakan salah satu buah yang banyak peminatnya di masyarakat. Pasalnya rasanya yang manis serta dingin di tenggorokan membuat siapapun menginginkannya terutama ketika disaat terik siang. Hasil olahan buah melon juga bermacam-macam sehingga senantiasa dibutuhkan pasar. Kebutuhan pasar akan melon ini sudah selayaknya direspon petani dengan membudidayakan melon.

ads

Sayangnya budidaya melon sendiri tergolong rumit dan banyak menguras tenaga. Pasalnya tanaman ini sendiri sangat rentan terhadap serangan jamur maupun virus. Tak jarang banyak petani melon yang bangkrut akibat tanamannya rusak oleh hama dan penyakit sehingga gagal panen padahal petani sudah senantiasa merawatnya dengan optimal.

Untuk membantu para petani melon, kini produsen benih telah berlomba-lomba melakukan penelitian guna menghasilkan benih melon tahan penyakit seperti virus CMV, Gemini ataupun Embun Bulu. Dengan sifat alamiah yang tahan penyakit ini diharapkan perawatan tanaman melon akan menjadi lebih mudah dan hemat. Baca juga Cara Menanam Melon Sistem Lesehan

Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa daftar benih melon tahan penyakit yang kami rekomendasikan untuk anda tanam jika anda menghendaki tanaman yang lebih tahan terhadap berbagai serangan penyakit. Inilah Jenis Benih Melon Terbaik dan Tahan Penyakit:

1. Benih Melon STR

Yang pertama kami rekomendasikan adalah benih melon STR. Melon STR ini memiliki ukuran maksimal yang cukup besar (hingga diatas 3kg) dan mampu untuk dibuahkan 2 sekaligus. STR cocok ditanam dengan sistem telasar maupu dengan ajir. Keunggulan benih STR adalah ketahanannya terhadap penyakit embun bulu dan virus bulai (CMV). Sehingga STR sangat cocok ditanam disegla musim baik penghujan maupun kemarau.

Meski demikian kami hanya menyarankan untuk menanam melon dipuncak penghujan hingga akhir penghujan (November-Maret). Pasalnya melon juga memiliki respon jelek terhadap suhu tinggi dan kelembaban rendah. Jadi sistem imun akan melemah dan sifat tahan penyakitnya akan berkurang. Yang perlu kami sampaikan adalah seringnya terjadi kendala net buah melon STR yang kurang berkualitas. Sebenarnya ini adalah akibat petani yang kurang memberikan kalsium dan kalium di fase pengisian buah. Baca juga Cara Menanam Waluh

2. Benih Melon Action88

Yang selanjutnya adalah melon tahan virus Action88. Produsen benih Cap Kapal Terbang meluncurkan produk yang benoh melon terbaik tahan penyakitdigadang-gadang sebagai benih melon terhebatnya yaitu benih melon tahan virus dan jamur Action88. Melanjutkan dari generasi pertamanya yaitu Action 434 yang terkenal gampang nge-net serta bentuk buah bulat sempurna sekalipun ditanam lesehan.

Action88 menambahkan kemampuan tahan virus gemini dan CMV sekaligus tahan jamur serta cacar buah (bacterial fruit blotch). Karena ketangguhannya itu benih melon ini sangat mahal di pasaran. Harganya bisa sekitar 2 kali lipat harga melon Action biasa. Melon Action memang mudah dijual karena rasanya yang manis serta tampilan jaring (net) yang merata membuatnya disukai banyak pedagang. Baca juga Cara Menanam Asparagus

Sponsors Link

3. Benih Melon Pertiwi Anvi

Melon pertiwi Anvi merupakan benih baru dari Produsen benih Pertiwi. Jenis melon ini merupakan generasi lanjutan dari benih melon Ivory. Ya, benih Ivory sudah sangat populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta karena gampang nge-net dan ukuran buahnya sangat besar. Hanya saja Ivory tidak tahan virus, tidak tahan jamur serta kekeringan. Belum lagi buahnya sangat mudah terkena cacar bah di musim hujan.

Kebanyakan petani menanam melon Ivory di musim hujan dan memilih berjuang dengan fungisida habis-habisan. Menyadari ini, perusahaan Pertiwi menciptakan benih pertiwi Anvi. Benih melon yang tahan virus dan jamur. Dengan karakter buah seperti waluh (bulat gepeng) pertiwi Anvi juga memiliki bulu halus di kulit buahnya sehingga tahan terhadap lalt buah yang berusaha hinggap.

Ukuran buah melon Pertiwi Anvi juga cukup besar yaitu 3,5kg. Jadi bagi anda yang pecinta benih melon Ivory, sudah saatnya anda mencoba pertiwi Anvi.

4. Benih Melon Leoni

Pada budidaya melon umumnya buah yang disisakan untuk dibesaran hanya satu buah tiap tanaman. Mentok-mento adalah membesarkan 2 buah melon demi mencegah busuk oleh lalat buah.

Namun kini sudah hadir benih melon yang mampu membesarkan lebih dari dua buah yaitu melon Leoni.

Melon Leoni sanggup membesarkan 3 buah sekaligus dengan ukuran minimal 1,5kg. Sifat melon Leoni adalah memiliki net yang bagus serta tahan virus dengan kecenderungan buah berbentuk bulat bola (bulat sempurna).

Melon ini lebih cocok ditanam dengan sistem ajir meski tak menutup kemungkinan bisa ditanam dengan sistem lesehan. Baca juga Cara Menanam Tomat Hidroponik

Sponsors Link

5. Benih Melon Gracia

Gracia adalah benih melon tahan virus yang juga sudah cukup populer di masyarakat. Kami sangat merekomendasikan melon ini untuk ditanam dimusim penghujan.

Keunggulan melon Gracia selain tahan virus dan jamur, ia juga memiliki ukuran buah yang cukup besar. Keunggulannya ini membuatnya mampu membesarkan hingga 2 buah dalam satu pohon.

Meski demikian melon Gracia juga memiliki kelemahan yaitu jika kurang tepat dalam pemberian pupuk terutama KCL dan kalcium maka net buah melon Gracia terlihat sangat tipis.

Demikianlah bebrapa benih melon terbaik tahan penyakit yang kami rekomendasikan untuk anda. Kami berharap agar tingkat keberhasilan budidaya melon menjadi lebih besar setelah menggunakan bibit melon tahan penyakit tersebut. Salam budidaya. Baca juga artikel kami yang lain seperti Cara Menanam Semangka Inul dan Cara Menanam Durian

Jadi, itulah jenis benih melon terbaik dan tahan penyakit yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan