Home » Tanaman » Bunga » Cara Memupuk Anggrek dengan Ajinomoto Agar Bunga Merekah Terus

Cara Memupuk Anggrek dengan Ajinomoto Agar Bunga Merekah Terus

by Echa Tika

Cara memupuk anggrek dengan ajinomoto adalah salah satu cara pemupukan yang kerap digunakan pembudidaya anggrek. pasalnya menggunakan ajinomoto atau Cara Memupuk Anggrek dengan Air Kelapa  adalah pilihan mudah dan bermanfaat. Ajinomoto mengandung banyak senyawa yang dibutuhkan oleh pohon bunga anggrek untuk tetap subur.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang kegunaan dan bagaimana cara memupuk anggrek dengan ajinomoto tresebut.

Penjelasan di bawah ini akan dilengkapi dengan tata cara pembuatan dan hal-hal penting lainnya untuk pemupukan dan kesubutan tanaman anggrek.

1. Pemilihan Wadah Yang Benar

Hal penting utama yang akan kita bahas sebelum masuk kedalam cara memupuk anggrek dengan ajinomoto adalah tentang pemilihan wadah.

Tahukah anda? pemilihan wadah sekaligus media tanam yang benar akan membuat tanaman anggrek menjadi lebih subur? Jadi, jika ingin membuat tanaman subur dan memaksimalkan pemupukan, pastikan mengentahui hal ini.

tanaman anggrek adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. jadi, usahakan menggunakan wadah yang memiliki saluran drainase yang baik. Jangan biarkan wadah tanaman ini menyimpan terlalu banyak air atau menggunakan media tanam yang tidak baik.

Untuk media tanam sendiri, sebaiknnya menggunakan media yang tidak terlalu banyak menyimpan air. Seperti halnya campuran pasir, arang sekam maupun pakis dan serabut kelapa. Jadi, akar tanaman anggrek bisa tumbuh lebih kuat.

2. Perhatikan Musim

Saat melakukan pemupukan, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah masalah musim. Seperti halnya Ragam Manfaat Pupuk NPK untuk Pohon Mangga, dimana nantinya kita ingin memaksimalkan pemupukan menggunakan ajinomoto ini. Maka usahakan ketika melakukan pemupukan di musim yang tepat.

Di Indonesia sendiri, kita hanya memiliki 2 musim yang akan datang silih berganti.

Musim hujan beserta musim kemarau. Jadi, karena tanaman ini tidak terlalu membutuhkan air yang banyak, maka usahan saja untuk emmupuknya ketika musim kemarau datang. Sebaiknya hindari pemupukan diwaktu musim penghujan.

3. Kenali Dosis Pemupukan

Nah, ini juga menjadi hal utama dalam cara memupuk anggrek dengan ajinomoto tersebut. Tak jauh berbeda dengan Cara Memupuk Padi dengan Pupuk Kandang, dengan memupuk sesuai dosis yang ebnar akan menghasilkan kesuburan yang optimal.

Pada umumnya, ajinomoto ini bisa digunakan untuk semua pupuk tanaman bunga dan buah. Dan takaran atau dosis yang diperlukan tidak jauh berbeda.

Namun, untuk tanaman anggrek sendiri kita sebaiknya menggunakan dosis sebanyak 200 ml untuk setiap tanaman anggrek.

4. Pemupukan Secara Langsung

Untuk melakukan pemupukan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni melakukan dengan cara langsung:

  • Seperti namanya, ini merupakan pemupukan menggunakan ajinomoto langsung untuk memupuk tanaman.
  • Anda hanya perlu membersihkan gulma atau rumput liar yang mungkin tumbuh di sekitar tanaman anggrek.
  • Setelah bersih, maka lakukan penaburan ajinomoto sebanyak satu sendok makan dan kemudian biarkan larut kedalam lapisan media tanam.

5. Pupuk Cair

Tidak hanya cara langsung cara memupuk anggrek dengan ajinomoto ini juga bisa dilakukan dengan pembuatan pupuk cair, berikut langkahnya:

  • Siapkan wadah bersih, air bersih dan ajinomoto bungkus.
  • Larutkan 1 liter air dengan campuran 3 – 4 bungkus ajinomoto.
  • Aduk hingga rata dan masukkan kedalam wadah semprotan atau spray agar bisa menyemprotkan langsung kebagian batang bawah tanaman anggrek.

6. Waktu pemupukan

Untuk hasil yang lebih maksimal, setidaknya lakukan pemupukan dengan ajinomoto ini setial sekali dalam dua bulan.

Setelah pemupukan maka lakukan pemeliharaan dengan mengatasi hama atau penyakit.

Demikian lah penjelasan cara pemupukan anggrek menggunakan ajinomoto ini. Semoga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat.

You may also like