Sponsors Link

Cara Memupuk Anggrek dengan Air Kelapa Agar Semakin Subur

Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar bisa menghasilkan tanaman anggrek yang indah dan subur. Salah satu hal yang biasa dipelajari adalah cara memupuk anggrek dengan air kelapa ini.

Untuk mengerti dan memahami lebih lanjut, maka kali ini kita akan membahas tentang cara memupuk anggrek dengan air kelapa tersebut. Berikut beberapa hal penting yang harus diketahui seperti Media Tanam dan Tips Merawat Anggrek Ekor Tupai.

1. Jenis Anggrek

Tentunya kita tahu, bahwasanya ada banyak sekali jenis anggrek yang beredar sekarang ini. Setiap jenisnya, memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Tergantung jenis yang akan atau yang sedang dipelihara, anggrek-anggrek ini akan membutuhkan perawatannya masing-masing.

Untuk itu, sebelum mengenali bagaimana cara memupuk anggrek dengan air kelapa ini, lebih baik mengenali dulu apa jenis anggrek yang akan dipupuk tersebut.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan Manfaat Air Cucian Beras untuk Bunga Anggrek. Dimana kita akan lebih mudah melakukan takaran dan mengkalkulasikan jenis dan penggunaan pupuk mana yang lebih tepat.

2. Penuhi Kebutuhan Zat Tumbuh

Sejatinya, mengenali cara memupuk anggrek dengan air kelapa ini adalah untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan selama masa pertumbuhan. Jadi, hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu adalah apa saja zat tumbuh yang dibutuhkan untuk perkembangannya.

Seperti Jenis Pupuk yang Mengandung Kalium Tinggi, air kelapa juga memiliki komponen penting bagi pertumbuhan anggrek tersebut. Air kelapa ini kaya akan kandungan mineral, yang mana sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anggrek tersebut.

Dimana kandungan mineral ini nantinya akan berfungsi sebagai hormon-hormon pertumbuhan yang baik bagi tanaman anggrek. Bahkan menggunakan jenis pupuk yang satu ini tergolong mudah dan sederhana. Tak jauh berbeda dengan Cara Merawat Tanaman Anggrek.

3. Cara Membuat Pupuk Air Kelapa

Nah, untuk lebih mendalam, kita akan membahas mengenai cara memupuk anggrek dengan air kelapa berikut ini:

  • Siapkan terlebih dahulu 1 liter air kelapa murni yang diambil dari buah kelapa asli.
  • Anda juga memerlukan campuran pupuk cair ini nantinya dengan 1 liter air cucian beras yang pertama kali dicucikan.
  • Persiapkan juga EM4 setidaknya sebanyak 2 sendok makan dan tetes tebu atau molase sebanyak 5-6 tutup botol.
  • Siapkan jerigen besar yang berukuran 5 liter dan juga aiur bersih secukupnya.

4. Proses Pembuatan

Setelah semua bahan-bahan di atas sudah disiapkan, maka kali ini kita akan membehas bagaimana cara atau proses pembuatan pupuk cair air kelapa ini:

  • Pertama, bersihkan terlebih dahulu tempat atau jerigen yang akan digunakan. Setekah tempat tersebut bersih, maka masukkan semua bahan-bahan di atas kedalam jerigen tersebut.
  • Pastikan tidak terlalu penuh dan masih menyisakan sedikit ruang untuk menampung udara dan gas selama menunggu pupuk cair ini bisa digunakan.
  • Gunakan selang kecil untuk melubangi tutup jeringen. Tutuplah selama 7 hari kedepan.
  • Nantinya, gas yang tidak digunakan yang terjadi di dalam jerigen bisa dikeluarkan melalui selang kecil pada bagian tutup tersebut. Tunggu selama seminggu dan pupuk ini sudah bisa digunakan.

5. Cara Menggunakan

Setelah pupuk cair dari air kelapa ini jadi, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Sebenarnya tidaklah sulit, hanya perlu menyemprotkan pupuk cair ini 2 kali dalam seminggu. Gunakan tempat semprotan atau tempat parfum agar lebih mudah.

Tanaman anggrek akan tumbuh lebih subur dan berbunga lebih banyak jika diberikan pupuk cair ini secara teratur. Selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Bunga