Sponsors Link

Mengenal Media Tanam dan Tips Merawat Anggrek Ekor Tupai

Sponsors Link

Kalau selama ini anda mengenal berbagai jenis tanaman anggrek yang besar dengan satu atau dua bunga setiap tangkainya, sekarang anda akan diperkenalkan dengan bunga anggrek ekor tupai.  Namanya memang lucu ya.

ads

 Tapi sebetulnya nama ini diberikan karena bentuknya memiliki kesamaan dengan ekor tupai.  Di setiap batangnya tumbuh bunga-bunga anggrek kecil yang menjuntai.  Indah sekali kelihatannya. Warnanya bermacam-macam.  Ada pink, ungu dengan nuansa putih, dan masih banyak warna lainnya.  Tidak heran memang bila banyak pecinta anggrek yang ingin membudidayakan tanaman ini.

Tanaman yang habitat aslinya berasal dari Asia Tenggara ini memang akan jadi dekorasi yang bagus di rumah atau teras anda.  Walaupun begitu, masih banyak yang bingung media  tanam anggrek ekor tupai itu sebaiknya apa.   Media tanam anggrek ini berbeda dengan media tanam bibit durian. Nah, agar proses menanam dan merawat anggrek tupai berjalan dengan lancar, maka kami akan memberikan beberapa tips bagi anda.

Sifat Anggrek Ekor Tupai

Berikut ini, beberapa sifat tanaman anggrek tupai yang harus anda ketahui:

  • Bunga yang cantik ini bisa mengeluarkan aroma yang kuat di malam hari.  
  • Bunga anggrek ekor tupai sangat menyukai tempat yang terang.  Tetapi, hindari untuk menaruhnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung terlalu kuat ya.
  • Bunga ini juga sangat menyukai kelembaban. Karena itu, sangat penting untuk mengatur kelembaban agar sesuai dengan yang dibutuhkan anggrek ekor tupai.

Media Tanam Anggrek Ekor Tupai

  • Cara terbaik untuk menanam anggrek tupai adalah dengan cara ditaruh ke dalam pot tanah liat gantung, tidak seperti cara menanam tanaman gelombang cinta.
  • Bisa juga menanam anggrek ini dengan menempelkannya di batang pohon atau arang. Selain itu, anda juga dapat mengisi pot dengan kulit-kulit kayu atau sabut kelapa.
  • Batu-batu yang jadi media tanam berfungsi sebagai tempat akar untuk berkembang.  Nantinya, akar-akar tersebut akan mencengkeram dan melilit arang sebagai media tanam tadi.
  • Penting sekali untuk memilih pot yang memiliki lubang-lubang di samping pot.

Tips merawat Anggrek Ekor Tupai

Ada beberapa tips yang dapat membantu anda untuk dapat merawat anggrek tupai agar tumbuh dengan baik, yaitu:

  • Tanaman anggrek ekor tupai ini adalah jenis tanaman yang membutuhkan lingkungan yang stabil untuk bisa tumbuh dengan baik.  Oleh karena itu, usahakanlah anda sudah merasa mantap untuk menempatkannya di suatu pot atau tempat lainnya, agar anda tidak terlalu sering memindah-mindahkan. Cara ini berbeda dengan cara merawat bunga mawar.  Anda boleh memindahkan anggrek, jika pot yang sekarang digunakan sudah tidak cukup menampung pertumbuhan anggrek, terutama bila akar-akarnya menjulur ke mana-mana.
  • Tupai anggrek aslinya adalah tanaman tropis.  Oleh karena itu, mereka sangat menyukai udara yang hangat.
  • Anda dapat memberikan pupuk N-P-K secara teratur.  Bagi anda yang belum familiar, pupuk NPK adalah jenis pupuk yang sudah memiliki kandungan lengkap yang dibutuhkan tanaman, yaitu:  N = Nitrogen, P = Fosfor, dan K = Kalium.  Manfaat utama dari pupuk ini adalah untuk membantu tanaman tumbuh subur dan sehat, serta mencegah serangan hama-hama yang mengganggu.
  • Cara pemberian pupuknya berbeda dengan Cara pemakaian pupuk farmpion pada lengkeng. Hanya berikan pupuk SETELAH dilakukan penyiraman tanaman, karena memberikan pupuk saat tanaman anggrek dalam keadaan kering akan berakibat buruk pada tanaman ini.
  • Selalu berikan air setiap hari.  Tapi usahakan untuk memberikan air  dengan cara disemprot.   Jangan terlalu banyak, karena dapat mengakibatkan pembusukan akar.

Itulah beberapa informasi mengenai media tanam yang tepat bagi anggrek ekor tupai, dan juga tips cara merawat tanaman yang indah ini, yang berbeda dengan cara menanam jahe merah.  Semoga bermanfaat ya!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga