Sponsors Link

Media Tanam dan Tips Merawat Rumput Gajah Mini

Sponsors Link

Sebuah rumah rasanya tak lengkap tanpa halaman yang di depan atau belakang.  Hamparan rumput yang hijau biasanya menjadi pilihan, karena halaman rumput memberikan kesan adem dan menyejukkan.  

ads

Dari sekian banyaknya jenis rumput yang ada di luaran sana, seperti rumput misalnya rumput benggala, mungkin anda pernah mendengar rumput gajah mini.  Ya, namanya yang unik ini memang membuat orang tidak mudah lupa.  

Nah, sekarang kita akan membahas segala sesuatu tentang rumput ini, termasuk media tanam yang tepat dan tips merawat rumput gajah mini, yang sedikit berbeda dengan cara menanam bibit durian.

Mengenal Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini adalah rumput berukuran pendek, yang merupakan jenis lain dari Rumput gajah.  Rumput ini sangat disukai oleh banyak orang, karena tampilannya yang hijau dan menarik.  Tanaman yang mempunyai nama asli Pennisetum Purpureum cv.Mott ini aslinya berasal dari Afrika, dan seperti juga rumput cow grass, rumput ini banyak digunakan di Indonesia untuk menutupi pekarangan rumah.

Sifat Rumput Gajah Mini

Ada beberapa sifat rumput gajah mini yang harus kita ketahui:

  • Rumput ini dikenal kuat segala cuaca dan tidak repot merawatnya, terutama tahan pada cuaca panas.  Itu sebabnya cocok digunakan di Indonesia yang merupakan negara tropis.
  • Tanaman ini mempuyai kandungan gizi yang cukup tinggi, oleh karenanya juga sering digunakan untuk memberi makan ternak

Media Tanam Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini sangat menyukai tanah yang subur dan gembur, serta mengandung unsur hara yang tinggi. Meskipun begitu, pada dasarnya rumput ini bisa ditanam di berbagai jenis tanah, termasuk tanah berpasir dan tanah merah.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

  • Siapkan area yang akan dijadikan tempat menanam rumput gajah mini.  Gemburkan tanah, agar penanaman bisa berlangsung maksimal.
  • Sebarkan pupuk ke tanah sebelum memulai penanaman
  • Biasanya saat membeli, rumput gajah mini berupa lempengan-lempengan rumput.  Anda bisa membaginya menjadi beberapa atau menanam sesuai dengan ukuran aslinya.
  • Beri jarak antar rumput beberapa cm, agar ada ruang untuk rumput berkembang.
  • Tekan-tekan rumput yang sudah ditanam agar lebih rata dengan tanah

Tips Merawat Rumput Gajah Mini

  • Rumput gajah mini sebenarnya bisa ditanam kapanpun, tapi ada baiknya bisa dilakukan saat musim hujan.  Hal ini dikarenakan saat hujan, tanah mempunyai persediaan air yang cukup banyak untuk rumput, sehingga rumput bisa tumbuh dengan subur.
  • Usahakan selama beberapa hari, jangan biarkan rumput terinjak-injak.  Sebab dibutuhkan waktu untuk memperkuat akar rumput
  • Tambahkan pupuk NPK pada rumput, terutama sejak awal masa tanam
  • Jangan lupa juga untuk rajin menyirami rumput, terutama saat musim kemarau.  Walaupun rumput gajah mini ini tahan segala cuaca, tapi tetap saja membutuhkan air untuk dapat tumbuh subur dengan baik. Berbeda dengan tanaman kaktus yang tahan hidup dengan air yang sedikit.
  • Bila anda menggunakan rumput ini untuk menutupi halaman rumah, agar tak terlalu sering terinjak-injak, berikanah batu setapak atau paving block agar orang dapat berjalan di atasnya.
  • Rumput gajah mini termasuk rumput yang tak terlalu butuh perawatan berlebih.  Biasanya tumbuhnya sedikit menyamping, sehingga tak perlu dilakukan pemangkasan sering-sering.  Tetapi, apabila anda menyukai ramput yang sangat rapi, boleh sesekali merapikannya.
  • Usahakan rumput mendapat sinar pencahayaan yang cukup agar dapat berfotosintesis dengan baik.
  • Bila terdapat alang-alang di sekitar rumput, segera cabut alang-alang tersebut agar tak mengganggu rumput.

Nah, begitulah informasi seputar media tanam rumput gajah mini, berikut cara menanam dan tips perawatannya yang.

Anda juga bisa melihat informasi tentang rumput lainnya, seperti cara menanam rumput jepang.  Semoga berguna bagi anda yang sudah tidak sabar ingin menghiasi pekaragan anda dengan jenis rumput gajah mini ini.  

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan