Sponsors Link

2 Alasan Kenapa Bunga Mawar Tidak Wangi – Cara Perawatan Bunga yang Benar

Sponsors Link

2 Alasan Kenapa Bunga Mawar Tidak WangiMawar menjadi bunga yang sering ada dalam momen-momen bahagia. Bunga ini memiliki warna yang beragam.

ads

Tidak seperti bunga pada umumnya, bunga mawar ada yang tidak wangi dan wangi. Lalu, apakah alasan kenapa bunga mawar tidak wangi dan wangi. Baca juga cara stek bunga mawar warna-warni, cara membuat bunga mawar untuk valentine, cara menanam bunga mawar dari biji, dan cara memilih bibit bunga mawar.

Penjelasan Umum Mengenai Bunga Mawar

Mawar termasuk jenis tanaman semak dari genus Rosa. Bunga ini terdiri dari lebih 100 spesies dan pada umumnya tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Tanaman ini umumnya merupakan tanaman semak berduri atau tanaman memanjat.

Tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter, sedangkan tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Klasifikasi ilmiah bunga mawar adalah:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Rosaceae
  • Genus : Rosa L.

Tanaman mawar dapat dikelompokkan ke dalam kelompok besar, yakni sebagai berikut:

  • Wild Roses (mawar liar)

Tanaman mawar kelompok mawar liar asalnya tumbuh liar, bunganya berbentuk sederhana, dan sudah dikenal sejak zaman dahulu.

  • Old Garden Roses

Old garden roses merupakan tanaman mawar hasil persilangan sebelum diperkenalkan Hybrid Tea pada tahun 1867. Bunganya berbentuk unik dan berbau harum.

Jenis bunga old gorden roses mulai dari urutan umur dari yang paling tua, yakni alba, gallica, damask, centifolia, moss, china, portland, bourbon, hybrid perpetual, tea, dan bermuda mysterious roses.

  • Climbing Roses

Tanaman mawar jenis ini adalah kelompok mawar yang suka merambat di pagar atau bangunan kanopi atau mawar memanjat.

Contoh dari kelompok climbing roses adalah Laevigata, Climbing Tea, dan Climbing Bourbon.

  • Shrub Roses

Tanaman mawar jenis ini merupakan keturunan dari mawar Old Garden yang bentuknya beranek ragam. Jenis mawar ini dapat digolongkan ke dalam 2 kelompok, yakni hybrid tea dan floribunda.

  • Buck Roses

Nama Buck Roses diambil dari nama Profesor Griffith Buck yang merupakan ahli hortikultura dari Iowa State University.

Sosok ini telah memuliakan lebih dari 90 varietas mawar. Tanaman mawar jeis ini tahan terhadap musim dingin dan penyakit.


  • English Roses

Kelompok ini berasal dari persilangan antara mawar modern dan mawar Old Garden. Tanaman mawar jenis ini berbau harum dan berbunga berulang kali.

  • Miniature Roses

Bunganya berukuran mini (diameter 2 -5 cm) dan berbunga berulang kali.

Baca juga manfaat air cucian beras untuk bunga mawar, mengapa daun bunga mawar menguning, cara merawat bunga mawar yang sudah dirangkai, dan cara mengawetkan bunga mawar agar tidak layu.

Asal Usul Wangi Bunga Mawar

Wangi bunga mawar didapat dari campuran zat kimia bernama oksida mawar. Wangi harum dihasilkan dari empat jenis struktur molekul, misalnya mint, fruity, dan citrus.

Namun, tidak semua jenis bunga mawar mengeluarkan wangi yang semerbak. Setiap bunga tersebut memiliki atom, tetapi di berada di tempat yang berbeda dalam kuntum dan membuat bau harum tersebut berbeda di hidung setiap orang.

Wangi bunga yang dihasilkan oleh bunga mawar ini akan digunakan untuk menarik pollinator dan atau menolak serangga berbahaya. Wangi tersebut terbentuk sebagai minyak yang dihasilkan oleh daun bunga pada umumnya.

Minyak-minyak ini mudah menguap pada suasana panas, sehingga para ilmuwan menyebutnya sebagai senyawa volatil. Aroma wangi dari bunga sendiri dapat mengandung antara tujuh sampai sepuluh minyak berbeda.

Baca juga mengapa bunga mawar banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias, cara merawat bunga mawar pemberian pacar,  dan cara merawat bunga mawar potong yang sudah layu.


Alasan Kenapa Bunga Mawar Tidak Wangi

Lalu, kenapa bunga mawar tidak wangi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Alasan mengapa bunga mawar tidak wangi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Prioritas utama saat pembiakan dilakukan

Pada saat pembiakan melalui persilangan dilakukan maka wangi kembang mungkin kurang mendapatkan perhatian.

Bunga mawar dapat disilangkan dengan mengutamakan tampilan, seperti warna, ukuran, dan umur panjang. Persilangan tersebut menyebabkan hilangnya wangi bunga mawar.

  • Lamanya perjalanan menuju ke toko bunga

Hilangnya wangi bunga mawar juga dapat disebabkan oleh lamanya perjalanan menuju ke toko bunga.

Terkadang bunga mawar harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai ke toko bunga. Hal ini menjadi penyebab bunga mawar yang lebih tahan lebih bernilai dibandingkan bunga mawar yang lebih harum.

Pada mawar yang dibudidayakan maka wangi bunga mawar tidak memiliki fungsi reproduksi, tetapi hanya sebagai kesenangan. Hal ini berbeda dengan bunga mawar liar.

Apabila bunga mawar liar kehilangan wanginya, maka bunga tersebut akan kehilangan cara untuk menarik serangga dalam rangka membantu penyerbukan.

Baca juga cara merawat bunga mawar 1 tangkai, cara kawin silang bunga mawar, dan cara menanam bunga mawar di musim hujan.

Inilah penjelasan dua alasan kenapa bunga mawar tidak wangi. Jadi, wangi atau tidaknya bunga mawar disebabkan karena pada saat persilangan maka pelaku penyilangan akan mengutamakan hal-hal yang dianggap penting seperti warna. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Sponsors Link
,