Sponsors Link

Mengapa Daun Bunga Mawar Menguning? Ini Cara Mengatasinya!

Sponsors Link

Berbagai penyakit yang dimiliki oleh bunga mawar terutama daunnya yang menguning. Tentu terlintas didalam fikiran anda mengapa daun bunga mawar menguning?

ads

Hal ini tentung membuat para penanam mawar risih gelisah dan juga jegkel karena mereka sudah susah payah menanam mawar tersebut namun masih saja mengahasilkan hasil yang kurang maksimal karena menguningnya daun seperti kenapa bunga belimbing rontok.

Hal ini juga dapat merusak keindahan dari tanaman ini. Lalu mengapa daun bunga mawar ini menguning? padahal anda merasa bahwa anda telah melakukan perwatan bunga mawar secara optimal. Nah berikut jawaban dari pertanyaan kalian mengapa daun bunga mawar menguning?  Berikut penyebab menguningnya daun pada bunga mawar.

  1. Hama

Adanya hama dapat membuat daun menjadi kuning bukan hanya kepada daun mawar akan tetapi pada daundaun yang dimiliki tumbuhan lain juga dapat menguning karena adanya hama yang biasanya perada dipangkal tanahnnya hama ink biasanya berupa kutu tumbuhan ketika tumbuhan terserang hama ini akan menguning serta mengering.

  1. Pemupukan

Jika anda salah dalam memilih pupuk maka aun bunga mawar juga dapat menguning karena bunga mawar membutuhkan zatzat secara lengkap. lalu karena kekurangan unsur apa sajakah tanaman bunga mawar menjadi kuning? yaitu jika mawar kekurangan Fe dan Mn.

Biasanya daun yang kekurangan kombinasj dari kedua unsur diatas akan mengalami hal-hal berikut: daun aka menguning secara keseluruhan kecuali di urat daun, bahkan ada yang mengalami resiko yang kompleks. Namun anda masih dapat mencegahnya dengan memberinya pupuk secara rutin dan tepat karena memberi tanaman bunga mawar ini pupuk secara rutin serta tepat.

Hal ini akan  membuahkan hasil yang maksimal serta kunci dari penanaman bunga mawar. Lalu jika daun hanya luning dibagian tengah maka tumbuhan bunga mawar hanya kekurangan Mg (Magnesium) saja karena unsur ini dapat menyebabkan daun menguning dibagian ujung daun seperti cara menanam vertikultur dengan botol bekas.

  1. Terik matahari

Terik sinar cahaya matahari juga dapat mepengaruhi proses penguningan pada daun karena ada beberapa tumbuhan yang tidak bisa terkena terik sinar matahari terlalu banyak karena akan menyebabkan resiko menguningnya pada daun tanaman, tanaman akan menjadi layu dan mengering, kekurangan air serta unsur hara, dan juga tumbuhan dapat mati. Namun sebagian tanamany malah tidak bisa berada ditempat yang dingin.

  1. Penyakit

Seperti necrosis atau kematian pada sel hal ini juga dapat merubah warna daun tumbuhan bunga mawar dari awalnya hijau menjadi coklat hal ini disebabkan oleh serangga ataupun jamur. Kekurangan pupuk mikro khususnya Fe, Mn, serta Zn hal ini biasanya bisa kita lihat melalui ciri-ciri berikut: urat daun akan tampak jelas dengan warna hijau pekat, dengan warna daun belakang hijau pucat.

Cara Mengatasi Daun Bunga Mawar Menguning

Namun terkadang berwarna kuning. Dan juga kekurangan Mg atau magnesium biasanya dapat dilihat melalui ciri-ciri: daun berwarna hijau muda namun disetiap sela daun memiliki bulatan-bulatan kecil yang berwarna kuning. Karena itu anda juga harus tahu cara mencegah agar daun mawar tidak menguning. Adapun cara mencegah daun bunga mawar agar tidak menguning ialah:


  1. Membasmi hama

Anda dapat membuang daun yang terkena hama kutu agar tidak memindah kedaun lainnya. Namun anda juga dapat meberi tumbuhan peptisida organik atau alami guna menghilangkan hama dari tumbuhan bunga mawar. Sehingga tumbuhan bunga mawar tidak lagi memiliki hama ataupun kutu yang dapat memindah ke daun lainnya. Namun amda harus memberikan peptisida sesuai prosedur yang ada serta memakai alat-alat yang sudah ditentukan.

  1. Melengkapi unsur yang kurang

Jika tumbuhan bunga mawar kekurangan unsur hara maka tumbuhan bunga mawar akan mengalami penguningan pada daunnya. Lalu bagaimanacara mencegahnya yakni dengan cara melengkapi unsir-unsur yang lurang melalui media pemupukan anda hanya perlu memberi pupuk yag sesuai dengan unsur yang diperlukan oleh tumbuhan bunga mawar ini seperti cara membasmi hama semut pada pohon mangga.

  1. Membasmi penyakit

Sama halnya seperti kita jika tumbuhan terkena peyakit tentu saja juga akan menghasilkan hasil yang kurang memuaskan. Namun anda dapat menyembuhkan penyakit yang dialami oleh tumbuhan bunga mawar dengan cara memberinya penangulangan seperti memberinya vitamin atau hal lain yang dapat menangulangi penyakit dari tumbuhan bunga mawar ini. 


Manfaat Bunga Mawar 

Namun jika anda merawat tumbuhan bunga mawar ini dengan cermat maka anda dapat merasakan hasil yang memuaskan orang yang menanaminya karena tumbuhan bunga mawar ini dapat menyembuhkan penyakit seperti:

  • Meningkatkan metabolisme

Bunga mawar ini dapat meningkatkan metabolisme yang dapat membuang racun dari dalam tubuh makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, serta dari zat-zat lainnya namun hal ini tidak menjamin dapat menghilangkan racun 100% dari tubuh akan tetapi racun yang menumpuk di dalam tubuh setidaknnya dapat dihilangkan secara perlahan seperti cara membuat pupuk organik.

  • Menurunkan berat badan

Segengam kelopak mawar sudah membuat kenyang maka kita tidak akan terlalu lapar dan kelopak bunga mawari ini sangat cocok dikonsumsi saat diet. dan hal ini tentu saja dapat mengurangi berat badan.

  • Menghilangkan stress serta depresi

Wangi bunga mawar ini dapat menenangkan perasaan orang yang mencium aromannya jadi jikakalian sedang stress ataupun depresi sangat cocok sekali teh bunga mawar untuk kalian karena aromanya akan menenangkan fikiran.

  • Mencegah wasir

Karena mawar memiliki serat yang banyak sehingga mengkonsumsi kelopak mawar dapat melancarkan pecernaan serta menhindarkan kita dari racun. untuk mencegah datangnya wasir anda cukup meminum teh kelopak bunga mawar ini 3 hari berturut-turut atau juga bisa secara rutin seperti manfaat budidaya jamur.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Daun