Sponsors Link

Cara Memilih Bibit Bunga Mawar yang Paling Bagus

Sponsors Link

Bunga mawar memang menjadi pujaan banyak orang. Bentuknya yang indah, semerbak harum baunya, serta cara menanam bunga mawar secara hidroponik yang mudah dilakukan membuat tanaman ini cocok bagi pembudidaya pemula.

ads

Kendati demikian, tidak semua paham mengenai cara memilih bibit bunga mawar yang bagus dan menghasilkan pohon mawar yang indah. Kendalanya adalah minimnya pengetahuan, serta anggapan bahwa bunga mawar bisa ditanam begitu saja tanpa teknik tertentu.

Padahal, untuk menghasilkan mawar yang rajin berbunga dan bunganya pun lebat, diperlukan sedikit teknik dan juga penguasaan tentang beberapa faktor pendukung, seperti halnya cara menanam bunga dahlia.

Salah satunya, tentu saja pemilihan bibit bunga mawar yang berkualitas. Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi, inilah cara memilih bibit bunga mawar yang baik dan berkualitas.

Cara Memilih Bibit Bunga Mawar

Sebelum masuk lebih dalam ke pembahasan tentang cara memilih bibit bunga mawar, perlu Anda ketahui, bahwa bunga mawar dapat dikembangbiakkan melalui dua cara. Yang pertama yaitu lewat bijinya, atau perkembangbiakan generatif.

Sedangkan yang kedua adalah dengan cara vegetatif, melalui cangkok dan juga stek batang. Metode yang kerap dilakukan oleh para pembudiya bunga mawar adalah teknik stek.

Selain mudah, teknik stek juga memungkinkan tanaman baru mewarisi sifat dari indukannya. Lalu bagaimana dengan teknik gemeratif atau lewar bijinya seperti cara menanam mawar hitam dari biji?

Kami akan membahas satu persatu agar Anda bisa membandingkan sendiri, dan mengerti mana teknik yang paling cocok untuk Anda.

  • Memilih bibit bunga mawar dari bijinya

Bibit bunga mawar yang berasal dari biji lebih sulit ditemukan dari pada yang berasal dari stek atau cangkok. Pasalnya, selain tingkat keberhasilan pertumbuhannya yang sulit, biji pun rentan mati sebelum dapat ditumbuhkan.

Sebagai tambahan informasi, inilah cara mendapatkan biji bunga mawar:

  1. Biji bunga mawar berasal dari buah mawar. Maka untuk mendapatkannya, kita hars terlebih dahulu membuka buah mawarnya.
  2. Buah mawar ini didapatkan dari bunga mawar yang telah dewasa, dan melewati masa penyerbukannya. Pada awalnya, warna dari buah ini adaah hijau, lau akan berubah menjadi merah, jingga, atau ungu.
  3. Keluarkan biji bunga mawar dari buahnya. Bersihkan terlebih dahulu agar nantinya tidak menghindari proses perkecambahan akibat kotor.
  4. Rendam biji-biji tersebut di dalam air selama 24 jam untuk mengetahui kualitas bijinya. Jika bibi-biji tersebut tenggelam, maka ambillah untuk disemaikan.
  5. Semaikan biji bunga mawar tersebut untuk mendapatkan bibit bunga mawar yang berkualitas. Cara menyemai biji bunga mawr adalah dengan meletakkannya pada media lembab seperti tisu yang sudah dibasahi.
  6. Tunggu hingga biji berkecambah, dan bibit siap ditanam.

  • Memilih bibit bunga mawar dari stek atau cangkok

Bibit bunga mawar yang baik dan berkualitas lebih mudah didapatkan dari teknik stek dan juga cangkok. Cara mendapatkan bibit bunga mawar berkualitas melalui teknik stek adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah bunga mawar yang akan dijadikan sebagai indukan. Pilih bunga mawar yang sudah berbunga, sehat, dan ternebas dari serangan hama serta penyakit.
  2. Tentukan batang yang akan di stek. Pilih batang tua yang besar, kuat, dan memiliki mata tunas.
  3. Potong batang bunga mawar tersebut dengan ukuran kurang lebih 5 -10 cm. Posisikan mata tunas di tengah-tengah batang, lalu potonglah secara menyerong agar bunga mawar lebih mudah dalam menyerap unsur hara.
  4. Rendam stek tersebt ke dalam cairan hormon untuk mempercepat pertumbuhan akar. Waktu perendaman yang ideal adalah 2 – 3 jam.
  5. Tanam stek tersebut pada media yang suah Anda sediakan.

Persiapan Menanam Bibit Bunga Mawar

Bibit bunga mawar telah didapatkan, baik itu melalui teknik semai biji, maupun teknik stek. Kini saatnya kita menanam bibit tersebut agar bertumbuh menjadi bunga mawar yang indah.

Langkah-langkah untuk menanam bibit bunga mawar adalah sebagai berikut:

  1. Siapkanlah terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam tersebut bisa berasal dari campuran kompos, sekam, dan juga tanah. Pastikan tanah yang akan Anda pergunakan bebas dari polusi dan juga bekas hama atau penyakit.
  2. Komposisi media tanam yang ideal adalah 1 : 1 : 1 untuk tanah : sekam : kompos. Untuk membuat pupuk kompos sendiri, Anda bisa melihat cara membuat pupuk kompos dari jerami padi.
  3. Tanaman baru siap dipindahkan bila sudah terlihat akar dan daun yang keluar baik itu dari bijinya maupun dari batang stek. Atau setidaknya membutuhkan waktu selama 1 – 2 bulan.
  4. Beri penyiraman secara teratur minimal 2 kali dalam sehari dengan cara menyemprot bibit bunga mawar tersebut. Namun tetap jagalah media tanam tidak tergenang, agar akarnya tidak mudah busuk.

Proses Penanaman Bunga Mawar

Bunga mawar yang ditanam langsung di dalam tanah akan menghasilkan tanaman yang tumbuh besar, subur, dan bunganya lebat. Namun tidak menutup kemungkin Anda untuk mendapatkan hasil serupa dengan menanam di dalam pot.

Syaratnya tertu saja dengan menyediakan unsir hara tambahan berupa pupuk kimia atau pupuk organik sebagai tambahan nutrisi pada media tanamnya. Jangan lupa pula memberikan penyiraman secara teratur agar bunga mawar tidak mengalami kekeringan.

Pot yang digunakan pun baiknya yang berasal dari tanah liat. Buat lubang tanam sedalam 10 – 15 cm, pindahkan bibit bunga mawar tersebut ke dalam media tanamnya. Padatkan, dan siram dengan sedikit air.

Saat memindahkan bibit ke dalam media tanam, lakukanlah dengan hati-hati agar tidak merusak akarnya. Pemindahan tersebut baiknya dilakukan pada saat sore hari agar tanaman tidak shok saat menerima sengatan sinar matahari.

Merawat Bunga Mawar

Bunga mawar yang sudah bertumbuh di medianya memerlukan perawatan khusus agar dapat menghasilkan pohon berbunga lebat dan sehat. Berikan penyiraman secara teratur, setidaknya dua haris sekali, dan berikan pupuk penunjang pertumbuhannya.

Selain itu, sangat penting untuk menjauhkan tanaman mawar kita dari serangan hama dan juga penyakit. Salah satu penanggulangannya adalah dengan melakukan penyiangan atau penyemprotan pestisida.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan pestisida, maka cobalah cara mengatasi hama dan penyakit pada tumbuhan. Pohon mawar yang sudah berbunga sangat bagus untuk dijadikan dekorasi di dalam ruagan. Silahkan baca cara merawat bunga yang sudah dipotong agar tetap segar untuk mengetahui cara perawatannya.

Itulah cara memilih bibit bunga mawar yang bagus dan berkulitas, selamat betanam bunga mawar..

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Bunga