Sponsors Link

Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus

Meskipun harganya mahal, namun pepaya california atau pepaya calina masih banyak digemari oleh masyarakat, tidak kalah dengan budidaya pepaya jingga .

Bentuknya lonjong dengan berat rata-rata 1,5 – 2,5 kg. Dengan ukuran yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan pepaya lainnya, harga per kg dari pepaya california ini dapat mencapai Rp. 8.000,-.

Namun tampaknya harga tersebut tidak dianggap sebagai penurun daya tarik dari pepaya ini. Budidayanya kian meluas dan tak tanggung-tanggung produksinya meningkat setiap tahunnya.

Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, para pembudidaya sudah pasti telah memahami bahwa pemilihan bibit pepaya california merupakan salah satu kunci penting. Nah, bagi Anda yang berminat untuk terjun dalam bisnis budidaya ini, pastikanlah Anda juga mengetahui rahasia tersebut.

Untuk itulah pada halaman ini kita akan bersama-sama belajar tentang cara memilih bibit pepaya california yang bagus. Selamat menyimak.

Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus

Anda bisa mendapatkan bibit pepaya california melalui tiga cara, yaitu dari pokok buahnya, membeli secara langsung di toko pertanian, serta membeli via toko online. Kami akan memberikan tips jitu untuk ketiga cara tersebut.

  • Mendapatkan bibit dari buahnya

Jika Anda bermaksud untuk mendapatkan bibit pepaya california secara langsung dari buahnya, maka pilihlah benih atau bibit dari buah yang telah matang sempurna di pohonnya.

Pilih biji pada bagian tengah buah, atau 1/3 bagian pepayanya saja. Untuk memastikannya, Anda dapat mengiris pepaya california menjadi 3 bagian. Nah, bagian tengah itulah yang bisa Anda ambil bijinya untuk pembibitan. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai budidaya pepya california melalui biji, silahkan dibaca pada cara menanam pepaya.

  • Membeli bibit di toko pertanian

Jika Anda tidak memiliki pohon pepaya indukan berkualitas yang biji buahnya bisa dijadikan bibit, maka pergi saja ke toko-toko pertanian untuk mendapatkan bibit pepaya california yang dijual dalam kemasan. Ssama dengan saat Anda akan memulai budidaya tanaman hias.

Yang perlu diperhatikan saat akan membeli bibit dari toko pertanian adalah, pastikan bahwa bibit tersebut tidak kadarluarsa dan merupakan bibit pepaya unggulan. Disamping itu, cari bibit pepaya california yang telah memiliki sertifikat sehingga terjamin kualitasnya.

  • Membeli bibit di toko online

Sama halnya dengan membeli bibit di toko pertanian secara langsung, saat akan melakukan transaksi pembelian, pastikan bahwa bibit tersebut tidak kadarluarsa serta bersertifikat.

Belilah bibit pepaya california di toko online yang sudah Anda percaya sehingga dapat terhindar dari penipuan dan apa yang Anda dapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Itulah sekilas tentang cara memilih bibit pepaya california yang bagus, semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan bibit dengan kualitas terbaik. Pelajari pula cara membuat bibit bawang merah.

Sebenarnya pepaya california bukanlah pepaya import atau yang berasal dari luar negeri seperti namanya. Pepaya ini merupakan pepaya lokal yang diberi nama dengan embel-embel kota di luar negeri agar menarik minat masyarakat.

Dalam hal rasa, pepaya california juga memiliki rasa yang sama seperti pepaya jenis lainnya. Namun memang pemberian nama atau brand merupakan sebuah teknik marketing yang penting untuk dipertimbangkan.

Hal serupa akan kita temukan pada mencangkok apel india.

Apa saja fakta menarik tentang pepaya california ini? Mari disimak pada keterangan di bawah ini.

Fakta Menarik Tentang Pepaya California

  1. Pepaya california ini merupakan hasil temuan dari Ilmuwan Insdonesia, yaitu Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS dari Institut Pertanian Bogor.
  2. Nama awal yang diberikan untuk jenis pepaya unggulan ini adalah pepaya IPB9 atau calina yang kemudian diberi nama lain pepaya california untuk tujuan komersil belaka.
  3. Metode tersebut berhasil, dan kian mengangkat nama pepaya california sebagai buah faforit masyarakat Indonesia. Meskipun harga belinya relatif mahal, namun tidak menurunkan minat para pembeli.
  4. Keunggulan dari pepaya california ini adalah dagingnya yang lebih renyah dibanding dengan pepaya jenis lainnya. Buahnya tidak lembek meskipun telah matang sempurna.

Dalam budidaya berskala besar layaknya cara membesarkan buah semangka ukuran raksasa, pepaya california dibagi menjadi dua yaitu pepaya california betina dan pepaya california sempurna. Bagi kita orang awam, mungkin tidak mengetahui perbedaaanya, karena dari segi rasa dan tekstur sama saja.

Yang membedakan hanyalah bentuk buahnya. Jika pepaya california betina memiliki tampilan yang sedikit membulat, pepaya california sempurna bentuknya lebih memanjang

Namun perbedaan ini tentu penting untuk para pembudidaya pepaya california. Sebab harga jual dipasar antara keduanya jelas berbeda. Pepaya california sempurna dilabeli dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan pepaya california betina.

Bahkan dapat dikatakan bahwa selisih harga antara keduanya bisa mencapai dua kali lipat. Maka para pembudidaya pun pasti akan mengusahakan untuk mendapatkan hasil panen berupa pepaya california sempurna.

Untuk itulah sangat dibutuhkan kejelian dalam cara memilih bibit pepaya california yang bagus. Kami menyarankan pada Anda untuk mendapatkan benih pepaya california tersebut secara langsung dari para pembudidaya yang sudah sukses.

Kualitas benihnya sudah terjamin, Anda pun bisa melihat secara langsung indukannya sehingga tidak perlu khawatir akan jenis pepaya yang hendak ditanam. Namun jika terpaksa membeli bibit di toko pertanian maupun online, maka pastikan bahwa masa produksinya tidak lebih dari 5 bulan.

Bibit yang sudah kadarluarsa akan menghambat pertumbuhan benih nantinya, disamping itu, buah yang dihasilkan belum tentu baik kualitasnya. Hal yang sama berlaku pula pada cara menanam jambu biji.

Jika memang Anda memutuskan untuk membeli bibit dari toko pertanian atau online, maka berikut ini adalah ciri dari bibit pepaya california yang baik dan berkualitas tinggi:

  • Dibungkus dengan plastik alumunium foil, sehingga bibit lebih tahan akan jamur.
  • Daya tumbuhnya tinggi
  • Presentasi buah sempurna mencapai 70% lebih
  • Masa berlaku bibit dibatasi hanya sampai 5 bulan

Semoga cara memilih bibit pepaya california yang kami bagikan ini memberi manfaat dan dapat Anda jadikan sebagai rujukan untuk budidaya pepaya california milik Anda. Selamat bertanam…

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan