Sponsors Link

14 Cara Merawat Bunga Mawar yang Sudah Dirangkai Agar Tetap Segar

Sponsors Link

Sudah sangat umum bahwa memberikan bunga mawar kepada seseorang menandakan rasa kasih sayang yang tertuju pada orang tersebut. Tidak hanya itu, menghiasi rumah dengan rangkaian bunga mawar tentunya akan membuat tempat tinggal terasa lebih asri dan cantik. Maka tidaklah heran mengapa bunga mawar banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Rangkaian bu=nga mawar yang diberikan seseorang ataupun membeli sendiri, pastinya ingin dijaga agar tetap segar dan indah.

ads

Tapi jangan lupa, bunga mawar juga memiliki keterbatasan ketahanan setelah terlepas dari akar tanamannya, dimana bunga rangkaian mawar bisa cepat layu dan mengering. Namun dengan cara dan bahan yang tepat, rangkaian bunga mawar bisa bertahan lebih lama dan tetap segar seperti cara merawat bunga mawar pemberian pacar. Bagaimana caranya? Mari disimak informasi 14 cara merawat bunga mawar yang sudah dirangkai agar tetap segar.

1. Pilih Bunga yang Segar

Ketika ingin membeli bunga mawar di toko bunga terdekat, pilihlah bunga yang segar. Ciri-cirinya berupa bagian batang di bawah kelopa bunga masih kuat, kencang, dan basah. Remaslah secara lembut bagian batang tersebut untuk mengetahui apakah bunga tersebut masih segar atau tidak. Jika bagian batang sudah terasa longgar dan licin, maka artinya mawar tersebut sudah lama dan sebaiknya memilih mawar yang lain. Hal ini sama dengan cara merawat bunga yang sudah dipotong agar tetap segar.

Selain itu, periksa juga kelopak bunga mawar yang akan dibeli. Pastikan yang dipilih adalah bunga mawar dengan kelopak yang masih cerah dan segar. Sebaiknya tidak memilih bunga mawar dengan kelopak yang sudah berubah warna atau sedikit layu karena tidak banyak yang bisa dilakukan jika bagian dalam kelopak bunga sudah rusak.

2. Bersihkan Bunga

Sebelum disimpan dan diberikan perawatan, pastikan kotoran-kotoran yang mungkin menempel di daun ataupun kelopak bunga dibersihkan terlebih dahulu. Simak juga cara merawat bunga agar subur.

3. Gunakan Vas Bersih dan Kualitas Air yang Baik

Bunga mawar yang telah terlepas dari akarnya akan kehilangan sistem penyaringan yang berfugsi untuk menyaring kotoran dan mikro-organisme. Maka dari itu, bunga mawar menjadi rentan terhadap bakteri dan kotoran yang menyebabkan pemghambatan penyerapan air. Sebagai aksi pencegahan, gunakan vas bersih dengan kualitas air yang bersih juga.

Dan sebaiknya menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 37 – 43 derajat Celcius karena bunga mawar dapat menyerap air hangat lebih baik daripada air dingin. Vas yang digunakan pun sebaiknya juga vas bening sehingga bisa melihat kondisi air dengan lebih baik.

4. Potong Batang dan Buang Daunnya

Batang dari rangkaian bunga mawar juga perlu dipotong dengan pisau yang tajam supaya tidak merusak batang. Potong dengan kemiringan 45 derajat supaya mawar dapat menyerap air dengan lebih baik. Selain itu, bagian daun yang berada di bawah garis vas dan terendam air juga harus dibuang karena dapat membusuk dan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur dalam air.

Namun, hindarilah untuk membuang semua daun di tangkai karena bunga mawar juga membutuhkan daun untuk proses hidrasi. Ini juga salah satu dari 14 cara merawat bunga mawar yang sudah dirangkai agar tetap segar.  

Sponsors Link

5. Simpan Bunga dalam Suhu Normal dan Konstan

Ketika ingin menyimpan rangkaian bunga mawar, pastikan bunga berada pada suhu normal dan konstan. Jangan simpan di lemari es. Meskipun akan menjaga kesegaran dan tidak mudah layu, bunga mawar akan menjadi lebih mudah layu ketika dikeluarkan dari kulkas. Hal ini terjadi karena ada perubahan suhu drastis dan dapat memicu rangkaian bunga menjadi lebih mudah layu ketika dikeluarkan. Maka, simpanlah bunga mawar pada suhu yang konstan.

6. Hindari Mawar dari Sinar Matahari Langsung

Supaya rangkaian mawar tidak kering dan layu lebih cepat, jangan biarkan mawar terpapar sinar matahari secara langsung. Pastikan bunga mawar anda dijauhkan dari sinar matahari sebagai salah satu cara merawat bunga mawar yang sudah dirangkai agar tetap segar, berbeda dengan cara merawat bunga arum dalum.

7. Jauhkan dari Buah-Buahan

Menghiasi ruangan dengan perpaduan sebuah vas bunga dan semangkuk buah segar memang terlihat indah. Namun, hal ini justru bisa membuat bunga layu lebih cepat, termasuk bunga mawar. Mengapa? Karena buah-buahan memiliki gas yang bernama gas etilen yang mampu mempercepat proses pembusukan tanaman-tanaman lain yang ada di sekitarnya. Maka, jauhkan rangkaian bunga mawar anda dari buah-buahan supaya tidak cepat busuk.

8. Gunakan Larutan Cuka atau Gliserin

Larutan cuka atau vinegar bisa digunakan untuk menghambar pertumbuhan bakteri dalam air. Bakteri-bakteri ini dapat mengakibatkan pembusukan batang bunga, maka jika tidak diatasi dapat membuat bunga mawar menjadi cepat layu. Jika tidak ada cuka, bisa diganti dengan jeruk lemon dan jika tidak ada keduanya, bisa menggunakan gliserin sebagai gantinya.

9. Mengatur Takaran Air dalam Vas Bunga

Air yang berlebih untuk merendam batang rangkaian bunga mawar juga bisa menjadikan bunga cepat layu. Pengisian air yang ideal adalah setinggi sekitar 2 cm dari tangkai paling bawah dan diganti setiap 1 hingga 2 hari sekali.

Selain menghindari kebusukan, melakukan cara ini juga akan membuat rangkaian bunga mawar lebih segar dan tahan lama. Proses ini tidaklah rumit, dengan ketekunan dan kesungguhan, anda bisa merawat bunga mawar dengan baik. Selain itu, ketika air dalam vas sudah keruh, segera ganti dengan air bersih meskipun belum mencapai sehari atau dua hari. 

Sponsors Link

10. Membuang Bagian yang Kering Atau Layu

Untuk menjaga agar rangkaian bunga mawar tetap segar, hal lain yang cukup penting untuk dilakukan adalah dengan memperhatikan perubahan pada bunganya. Jika ada daun atau salah satu bunga sudah layu dan kering, sebaiknya segera dibuang. Karena tidak hanya mempengaruhi estetika rangkaian bunga, bagian bunga yang layu akan mengalami pembusukan dan bisa memengaruhi bunga lain jika tidak segera diambil.

11. Jauhkan dari AC

Tanaman bunga seperti bunga mawar lebih memilih tempat yang lembab seperti cara merawat bunga indoor. Pendingin ruangan seperti AC akan membuat udara menjadi kering dan dapat mempercepat bunga menjadi layu.

12. Hindari untuk Mengubah Bentuk Bunga

Sebaiknya jangan mengubah bentuk bunga rangkaian dengan mematahkan, membengkokan, ataupun merusak batang. Batang adalah bagian bunga yang sangat penting untuk menyalurkan nutrisi pada bunga. Maka dari itu bila batang bunga rusak, sebaiknya segera dibuang.

13. Jangan Membeli Bunga Mawar di Jalanan

Bunga mawar yang sudah terpapar di jalanan biasanya sudah terlalu lama terkena sinar matahari dan akan membuat bunga menjadi tidak segar. Maka, hindarilah untuk membeli bunga mawar di jalanan.

14. Tidak Membuang Duri

Meskipun mengganggu, duri sebenarnya juga merupakan bagian penting dari bunga mawar. Maka dari itu, sebaiknya tidak membuang duri dari tangkai mawar karena bisa menyebabkan bunga berumur pendek. Jika duri-duri tidak dibuang, maka berhati-hatilah dalam merawatnya. Sebaiknya gunakan kaus tangan berkebun untuk melindungi tangan dari duri yang tajam.

Inilah 14 cara merawat bunga mawar yang sudah dirangkai agar tetap segar dan dapat menghiasi rumah anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga