Sponsors Link

13 Cara Mengawetkan Bunga Mawar Agar Tidak Layu dan Tahan Lama

Sponsors Link

Bunga mawar sudah lazim digunakan banyak orang untuk diberikan kepada orang yang terkasih sebagai tanda rasa sayang. Selain memiliki bentuk dan warna yang indah, mawar juga merupakan salah satu bunga yang cukup mahal di pasaran sehingga menjadi salah satu primadona bunga di dunia.

ads

Namun sayangnya, bunga mawar segar biasanya lebih cepat layu dan tidak awet. Meskpiun begitu, memberikan bunga segar tidak bisa dibandingkan dengan bunga palsu yang justru lebih tahan lama. Mengapa? Karena pemberian bunga segar biasanya lebih menyenangkan dibandingkan dengan bunga palsu yang tidak terlihat hidup dan tidak berbau harum.

Selain itu, bunga mawar segar juga memiliki estetika yang indah, seperti cara merawat pot gantung dan tanaman hiasnya, dan cukup sering digunakan untuk menghiasi rumah, terutama saat bunga sedang mekar dengan indahnya. Namun bunga mawar segar yag diletakkan di vas berisi air saja akan tetap layu dalam beberapa hari kedepan.

Lalu bagaimanakah caranya supaya bunga mawar pemberian orang tercinta dan sebagai penghias rumah tidak cepat layu? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa bunga mawar di rumah anda tetap awet dan tahan lama. Maka, artikel ini akan membahas 13 cara mengawetkan bunga mawar agar tidak layu dan tahan lama dengan menggunakan 2 metode,

Metode Menggunakan Bahan Tertentu

Ada beberapa produk di pasaran yang dapat digunakan untuk mengawetkan bunga mawar agar tidak layu. Selain bermanfaat, bahan-bahan ini juga cukup mudah untuk ditemukan di toko-toko terdekat anda. Sebagai salah satu dari 3 cara mengawetkan bunga mawar agar tidak layu dan tahan lama, berikut adalah bahan-bahan yang bisa digunakan.

1. Aspirin

Selain sebagai obat, aspirin ternyata dapat mengawetkan bunga mawar agar tetap cantik dan segar. Aspirin memiliki kandungan asam salisilat yang mampu mendukung pertahanan sel-sel dari tubuhan. Selain itu, aspirin juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam saluran tumbuhan. Maka dari itu, bakteri yang menempel pada tumbuhan, termasuk bunga mawar, tidak dapat berkembang biak sehingga bunga menjadi lebih awet dan tidak mudah layu.

Cara menggunakan aspirin sebagai pengawet bunga sangat mudah. Pertama hancurkan aspirin hingga menjadi serbuk, lalu lapisi serbukan aspirin pada kelopak bunga. Jika bunga mawar diletakkan dalam vas, cukup memasukkannya langsung ke dalam air. Air yang memiliki larutan aspirin juga harus diganti secara rutin setiap hari.

2. Hairspray

Hairspray dikenal sebagai kandungan kimia yang dapat mengeraskan rambut. Ternyata, produk ini juga dapat digunakan pada bunga untuk mempertahankan kekokohan sel pada tumbuhan.

Selain itu, hairspray juga dapat digunakan untuk mengeraskan dan membuat bunga menjadi kaku supaya tidak mudah terbawa oleh hembusan angin. Bunga mawar yang disemprotkan dengan hairspray juga cenderung lebih mengkilap, maka dari itu, semprotkan hairspray pada permukaan bunga mawar sebanyak 1 hingga 2 kali. Kemudian ratakan. Tetapi pastikan jangan menggunakan terlalu banyak karena kelebihan hairspray juga akan merusak bunga.

3. Koin Logam

Koin legam dan air dikabarkan memiliki reaksi yang dapat mencegah datangnya bakteri dalam air. Cara untuk menggunakan koin logam untuk membuat bunga mawar tetap segar cukup mudah. Masukkan satu koin logam yang cerah ke dalam vas bunga mawar. Bunga mawar tersebut akan tetap segar dan bertahan cantiknya selama seminggu.

4. Gula

Menggunakan larutan air gula bisa dianggap sebagai pupuk untuk bunga mawar. Namun jika digunakan terlalu lama, larutan ini bisa mengkristal dan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Maka dari itu, pastikan air larutan gula diganti rutin setiap harinya. Cara untuk melakukannya sangat mudah.

Cukup dengan melarutkan ¼ sendok teh gula ke dalam air vas bunga dan lakukan hal yang sama di hari berikutnya dengan air baru. Yuk simak juga cara merawat bunga agar tetap subur

Sponsors Link

5. Air Bersih

Air bersih merupakan cara yang paling bahan paling sederhana yang digunakan untuk mempertahankan kesegaran bunga mawar. Para perangkai bunga juga merekomendasikan cara ini dengan rajin menggantinya setiap hari. Yuk simak juga cara menanam bunga teratai dalam pot.

6. Pupuk Bunga

Tentunya pupuk bunga merupakan produk yang digunakan sebagai makanan pelengkap nutrisi pada mawar. Bunga hias, termasuk mawar, dapat bertahan lama dengan pupuk ini. Cara yang biasa digunakan adalah dengan melarutkan pupuk dengan air hangat dan masukkan ke dalam vas bunga dan sebaiknya dilakukan setiap hari dengan mengganti air baru. Atau, ikutilah petunjuk pada kemasan pupuk yang dibeli. Yuk simak juga mengapa bunga kembang sepatu tidak berbuah.

7. Gliserin

Produk ini memiliki fungsi untuk mengawetkan bunga dengan cara mempertahankan warna, bentuk, dan tekstur bunga seperti awalnya ketika masih segar atau baru dipetik. Selain itu, bunga mawar juga mudah untuk menyerap gliserin, maka meskipun mengering, kelopak bunga mawar tidak akan berubah dan masih terlihat segar.

8. Cuka

Larutan cuka memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang sangat berbahaya bagi bunga mawar. Tapi jangan lupa juga bahwa larutan cuka yang terlalu banyak justru dapat mengontaminasi bunga mawarnya. Cara untuk menggunakan cuka ini sangat mudah. Hanya melarutkan ¼ sendok the cuka ke dalam air vas dan lakukan hal yang sama di setiap harinya dengan menggunakan air baru.

9. Pemutih

Selain untuk pakaian, pemutih juga dapat digunakan untuk mengawetkan bunga. Caranya cukup dengan memasukkan ¼ sendok the ke dalam air dalam vas bunga. Lakukan hal yang sama setiap harinya dengan diganti air baru. Pemutih juga tidak akan mengubah warna bunga dan dapat mempertahankan bunga selama 8 – 9 hari. 

Sponsors Link

Metode Mengeringkan Bunga

Cara lain mengawetkan bunga mawar selain menggunakan produk-produk yang telah disebutkan adalah dengan cara dikeringkan. Sebagai salah satu dari 13 cara mengawetkan bunga agar tidak layu dan tahan lama, pengeringan bunga ada dengan beberapa cara. Yuk, simak juga alasan bunga edelweiss dilarang dipetik.

10. Menggunakan Buku

Salah satu cara pengeringan yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mengepress bunga dengan menggunakan buku. Caranya adalah dengan meletakkan bunga di antara sebuah buku dan dialasi dengan kertas yang mudah diserap air di antar bunganya. Lalu tindih buku dengan beban berat.

11. Setrika Tanpa Air

Menyetrika bunga mawar juga dapat mengeringkan bunga dengan cepat dan efektif. Caranya juga mudah, yaitu dengan menekan setrika dengan pengaturan panas yang paling rendah. Lapisi bunga serbet kertas dan tindih setrika di atas kertas dan tunggu selama 10 – 15 detik. Lakukan proses yang sama dengan sisi sebelahnya. Pastikan kondisi bunga sudah kering ketiika kertas serbet diangkat.

12. Menggantung Bunga Terbalik

Ini adalah cara yang paling gampang selain mengepress bunga dengan buku. Caranya cukup menggantun bunga terbalik di tempat yang terkena sedikit sinar matahari. Lalu, pastikan udaranya kering dan tidak lembab sehingga tidak memicu pertumbuhan jamur. Tunggu hingga warna mahkota bunga berubah dan beberapa bagiannya sudah berjatuhan, hal ini menandakan bahwa bunga sudah kering. Yuk simak juga manfaat budidaya jamur bagi masyarakat.

13. Menggunakan Silica Gel

Dibandingkan metode yang lain, silica gel adalah cara pengeringan yang lebih menjanjikan. Metodenya tidak secepat menggunakan setrika, tetapi menggunakan silicon gel bisa mempertahankan warna bunga hingga terlihat seperti aslinya. Selain itu, silica gel juga unggul dari segi harga dan bisa dipakai berkali-kali.

Itulah 13 cara mengawetkan bunga mawar agar tidak layu dan tahan lama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menjaga supaya bunga mawar pemberian orang tercinta tetap awet menghiasi rumah anda.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Bunga