Sponsors Link

Ragam Manfaat Pupuk NPK untuk Pohon Mangga Berkualitas

Sponsors Link

Pada kegiatan budi daya, pemupukan adalah aspek penting untuk menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan yang optimal. Tak hanya sekadar melakukan pemupukan, pemilihan jenis pupuk harus diperhatikan berdasarkan kebutuhan tanaman. Salah satu pupuk yang kerap menjadi pilihan adalah pupuk NPK. Mengapa demikian?

ads

Pupuk NPK adalah pupuk majemuk yang sering digunakan, karena ia mengandung 3 unsur hara yang dibutuhkan tanaman, yaitu nitrogen, fosfor, dan kalium. Kandungan ini memperkaya ragam manfaat pupuk npk untuk tanaman bunga maupun buah.  Pada budi daya pohon mangga, pupuk NPK sering digunakan karena memiliki banyak manfaat. Penasaran apa saja manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Ragam Manfaat Pupuk NPK untuk Pohon Mangga

1. Membantu Pertumbuhan Akar dan Daun

Akar pohon mangga haruslah kuat untuk menyokong pertumbuhan pohon agar tidak mudah ambruk. Salah satu manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga adalah membunuh gangguan gulma di sekitar tanaman dengan bantuan hidrasi kalsium menjadi CaO, sehingga serapan zat hara optimal mampu menguatkan akar.

2. Mendukung Fotosintesis Tanaman

Dengan pupuk NPK, proses fotosintesis pada tanaman akan sangat terbantu. Hal ini karena pupuk NPK mengandung unsur hara yang diperlukan untuk proses fotosintesis, terutama nitrogen yang berpengaruh pada pembentukan zat hijau daun.

3. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Buah Mangga

Dalam budi daya buah, selain kuantitas, kualitas juga menjadi faktor utama yang diharapkan. Manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga adalah meningkatkan kualitas buah mangga.

Kandungan kalium mampu merangsang pembentukan enzim dan modulasi pembentukan klorofil, sehingga mempengaruhi jumlah buah dan juga kandungan nutrisi pada buah mangga.

4. Tahan terhadap Hama Tanaman

Manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga selanjutnya adalah menjadi salah satu cara membasmi hama pada pohon mangga paling efektif. Pupuk NPK merangsang pembentukan dinding sel yang mencegah serangan jamur pada tanaman.

Fosfor dalam pupuk mampu meningkatkan imunitas tanaman dan memenuhi nutrisi yang membuat pohon mangga lebih kuat terhadap serangan hama.

Cara Aplikasi Pupuk NPK pada Budi Daya Mangga

Untuk mengaplikasikan pupuk NPK pada tanaman mangga, ada beberapa cara yang biasa dilakukan. Namun ada satu cara efektif yang paling sering digunakan. Bagaimanakah caranya?

  • Bersihkan sekeliling pohon mangga dari rumput atau gulma, agar tidak mengganggu penyerapan pupuk, lalu buat bedengan di sekeliling pohon.
  • Tentukan dosis
  • Taburkan pupuk NPK secara melingkar di sekeliling bedengan.
  • Anda bisa memilih untuk menimbun pupuk di sekeliling bedengan atau tidak.
  • Siram tanah dan lokasi pemupukan agar pupuk menyerap sempurna.

Tips Merawat Pohon Mangga

Ingin pohon mangga Anda cepat tumbuh dan berbuah? Ada beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan.

  1. Siram tanaman secara rutin, saat pagi atau sore hari.
  2. Pilih jenis pupuk perangsang buah mangga yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.
  3. Tentukan dosis pupuk yang tepat. Untuk pemberian pupuk NPK pada pohon mangga, berikan 0,5 kg pupuk pada setiap pemupukan.
  4. Rutin melakukan pemupukan, minimal sekali dalam setahun.

Memiliki kandungan yang kompleks, manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga juga beragam. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan aspek-aspek penting dalam pemupukan, seperti umur tanaman, jenis, cara aplikasi, dan dosis.

Tak melulu beli, ada beberapa cara membuat pupuk npk sendiri yang bisa Anda ikuti untuk memastikan kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium dalam pupuk.

Tak hanya pemupukan, pastikan pula untuk selalu mengontrol kondisi pohon mangga untuk menentukan kebutuhan nutrisinya. Ketahui bahwa cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga dengan yang belum berbunga pun berbeda, sehingga Anda perlu untuk menyesuaikan perawatannya. Penyiraman secara rutin juga perlu diperhatikan, karena air menjadi faktor penting dalam budi daya tanaman.

Nah, sekian ulasan mengenai manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga dan beberapa informasi lainnya. Semoga bermanfaat dan mampu Anda jadikan referensi untuk budi daya pohon mangga.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan