Sponsors Link

Cara Menanam Bibit Palem Ekor Tupai dalam Pot dan Perawatannya

Sponsors Link

Palem ekor tupai memiliki nama Latin, yakni Wodyetia bifurcate. Jenis pale mini merupakan jenis palem langka asala Semenanjung York, Queensland. Tanaman ini saat ini populer sebagai tanaman hias taman di Indonesia. Oleh karena itu, pada pembahasan ini akan dibahas mengenai cara menanam bibit palem ekor tupai dalam pot dan lahan terbuka.

ads

Pahami juga  pengertian dan fungsi budidaya tanaman hias dan jenis tanaman hias yang bisa ditanam di air.

Palem ini memiliki penampilan fisik mirip ekor tupai, sehingga dinamakan palem ekor tupai. Daunnya beranak yang terusun sempit dan mengelilingi ibu tangkai daun. Panjangnya dapat mencapi 3 meter beserta pelepahnya.

Palem ekor tupai dapat tumbuh hingga ketinggian 10 meter. Batangnya berwarna kelabu dan mempunyai ruas-ruas. Palem ini memiliki 4 buah dengan diameter berukuran 4 cm. Buahnya berwarna hijau saat masih muda dan saat ranum menjadi jingga kemerahan.

Cara menanam bibit palem ekor tupai dalam pot yakni sebagai berikut:

  1. Gunakan bibit palem yang diperoleh dari buah palem yang sudah tua dan jemur hingga kering
  2. Rendam biji palem selama 24 jam dan tiriskan lalu bungkus dengan kain kira-kira 2 – 3 hari supaya tunas cepat tumbuh.
  3. Masukkan bokashi ke dalam polibay sampai penuh dan sisakan sedikit plastik untuk menahan air bila dilakukan penyiraman.
  4. Siram bokashi hingga sampai basah merata dan benamkan biji palem ke dalam bokashi sedalam kurang lebih 3 lalu tutup dengan tanah.
  5. Siram benih palem ekor tupai dengan rutin tiap 2 hari sekali atau bila tanah di polybag terlihat mongering.
  6. Lakukan pembersihan rumput pengganggu yang tumbuh di dalam polybag, supaya pertumbuhan bibit tidak terganggu.
  7. Anda dapat menggunakan pupuk NPK sebagai starter supaya pertumbuhan cepat dan vigor, yakni sebanyak 1 sendok makan untuk setiap polybag atau sesuai dengan besar dan tinggi tanaman,
  8. Jika terdapat hama yang menyerang daun palem, seperti ulat dan jenis serangga, maka semprot dengan insektisida agar tanaman palem sehat kembali.
  9. Namun, jika terdapat penyakit dan bakteri maka gunakan fungisida yang memiliki kandungan bakterisida.
  10. Pindah tanaman palem dari persemaian saat akar dan tunas palem mulai bermunculan dari biji.
  11. Media tanam yang digunakan dalam pot besar berupa pasir, tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:1. Baca juga media tanam yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman hias agar subur dan jenis penyakit pada tanaman hias dan cara mengatasinya.

  12. Lakukan penyiraman dengan frekuensi seminggu dua kali.

Anda juga dapat menanam bibit palem ekor tupai di lahan terbuka, yakni apabila tinggi batang pohon sudah mencapai 30 cm. Cara menanam bibit palem ekor tupai adalah:

  1. Siapkan lubang tanaman terlebih dahulu dengan ukuran 30x30x30 cm. Biarkan lubang tersebut selama seminggu.
  2. Benamkan bagian pangkal batang pohon palem pada lubang tanam.
  3. Tips menanam agar pohon tumbuh baik ialah jika media tanam sudah dicampur pasir, sehingga air tidak mudah mengenang di dalam pori-pori tanah.
  4. Tanah di sekitar media tanam dipadatkan agar bibit mampu berdiri tegak.

Inilah cara menanam bibit palem ekor tupai dalam pot dan lahan terbuka yang mudah karena  caranya yang praktis. Ketahui pula cara budidaya tanaman hias pakis haji dan perawatannya, cara budidaya tanaman hias philodendron dan perawatannya, dan cara stek pucuk tanaman hias. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,