Sponsors Link

9 Cara Menanam Stek Ubi Kayu Agar Panen Melimpah

Sponsors Link

Ubi kayu atau yang lebih dikenal sebagai singkong atau ketela pohon merupakan salah satu sumber pangan bagi masyarakat Indonesia. Sebagai tanaman perdu tahunan umbi tanaman ini dikenal sebagai sumber karbohidrat dan daunnya di pakai sebagai sayuran simak juga cara menanam bunga jam sembilan . Hal inilah yang menyebabkan masyarakat kita menggunakan ubi kayu sebagai makanan pokok pengganti nasi. Ubi kayu dapat di tanam di semua wilayah Indonesia, baik dataran tinggi ataupun dataran rendah.

ads

Indonesia menjadi negara ketiga penghasil ubi kayu seteleh Nigeria dan Brazil. Tentu saja hal itu menunjukkan bahwa ubi kayu telah dikenal dan di budidayakan luas di hampir seluruh wilayah negeri ini seperti juga cara menanam bunga casablanca. Budidaya ubi kayu biasanya dilakukan pada lahan tanam yang luas. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil panen yang berlimpah. Dalam sekali budidaya potensi hasil panen perhektarenya dapat mencapai puluhan ton.

Selain diolah menjadi makanan pokok penganti nasi, ubi kayu juga diolah menjadi camilan kripik yang di sukai oleh berbagai kalangan. Baik kripik singkong rasa original atau di padukan dengan bumbu rasa lain selalu laris manis dinpasaran. Itulah mengapa industri pengolahan keripik singkong menjadi salah satu tujuan pasar dari budidaya singkong yang di lakukan simak juga cara menanam bunga chrysanthemum . Menaman ubi kayu juga tidak membutuhkan teknik khusus, jika anda memiliki lahan luas yang tidak terpakai, atau lahan sisa pekarangan rumah maka tidak ada salahnya mencoba 9 cara menanam stek ubi kayu agar panen melimpah Simak selengkapnya.

1. Memilih Bibit Stek Ubi Kayu Berkualitas

Tanaman singkong atau ubi kayu di perbanyak melalui stek batang berbeda dengan cara menanam bunga dianthus . Setiap batang dapat menghasilkan mata tunas yang kemudian akan tumbuh menjadi daun tanaman. Dalam hal ini memilih bibit yang berkualitas akan berpengaruh pada hasil panen yang diberikan. Berikut cara memilih bibit stek ubi kayu yang berkualitas :

  • Bibit stek harus berasal dari tanaman yang cukup tua dengan usia 10-12 bulan.
  • Pilih batang pohon yang berukuran besar, sehat, tidak terserang hama dan penyakit serta memiliki mata tunas yang rapat.
  • Gunakan batang bagian tengah, potong 30 cm dari pangkal batang dan 30 cm dari daun terbawah.
  • Potong potong setiap batang binit dengan panjang 20 cm dalam posisi potongan yang sedikit miring .
  • Sebelum di tanam sebaiknya bibit stek di tata serapi mungkin dalam satu ikatan, kemudian di letakkan di tempat terbuka hingga muncul mata tunas yang tumbuh.

2. Persiapan Lahan Tanam

Tanaman ubi kayu dapat tumbuh di lahan terbuka dengan kondisi tanah yang gembur dan kaya akan bahan organik seperti juga cara menanam bunga carnation dari biji . Untuk itu, sebelum di tanam maka lahan harus diolah terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut :

  • Cangkul lahan yang akan dipakai sebagai lahan tanam.
  • Kemudian buat bedengan dengan ukuran sesuai dengan luas lahan yang dimiliki.
  • Taburkan pupuk kandang 4-5 kg pada setiap bedengan.
  • Kemudian taburkan juga kapur dolomit untuk menentralkan pH tanah.
  • Kemudian diamkan selama 10 hari, baru setelahnya dapat di lakukan penanaman.
    Sponsors Link

3. Menanam Stek Ubi Kayu

Setelah bibit dan lahan tanam siap, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan penanaman stek ubi kayu pada lahan simak juga cara menanam hydrangea. Itulah cara menanam stek ubi kayu:

  • Buat lubang tanam pada bedengan dengan jarak 50×50 cm.
  • Kemudian tanamkan stek pada lubang tanam dengan 1/3 bagian stek berada di bawah permukaan tanah.
  • Perhatikan jangan sampai mata tunas terbalik.
  • Posisikan tanaman tegak lurus jika di potong secara mendatar, sebaliknya posisikan tanaman miring jika di potong secara miring.
  • Timbun kembali lubang tanam hingga merata, dan padatkan daerah sekitar lubang tanam. 
    ads

4. Penyiraman

Penyiraman dilakukan dengan intensitas dua kali dalam sehari seperti juga pada cara menanam bunga seruni . Penyiraman ini di lakukan sejak bibit tanaman di tanam hingga umur 5 bulan. Penyiraman ini dilakukan untuk memberikan suplai air pada akar tanaman agar dapat tumbuh dengan optimal.

5. Penyulaman 

Penyulaman dilakukan  pada bibit tanaman yang tidak tumbuh dan mengalami kematian seperti pada cara menanam bunga pucuk merah . Untuk itu anda harus memperhatikan  pertumbuhan tanaman mulai dari 0-7 hari setelah tanam. Penyulaman ini dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan seragam sehingga panen akan bisa di lakukam dengan serentak.

6. Penyiangan

Penyiangan dilakukan untuk menyingkirkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman seperti juga pada cara budidaya bunga anyelir . Penyiangan ini juga bermaksud agar kompetisi antara gulma dan tanaman dapat di hindari. Sehingga bahan organik yang di berikan melalui pupuk dapat diserap langsung oleh tanaman. Tentunya tanaman akan dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas baik.

7. Pemupukan

 

Pemupukan dilakukan saat tanaman mencapai umur 2-3 bulan dengan menaburkan pupuk di sekitar tanaman pada jarak 2-3 cm dari perakaran sama seperti cara menanam bunga jengger ayam . Pupuk yang diberikan berupa pupuk anorganik Urea, TSP dan KCL dengan dosis 5 g/tanaman. Selain itu berikam pupuk kandang secara berkala pada tanaman. Anda bisa menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi atau kambing.

8. Pembumbunan

Ubi kayu merupakan tanaman yang menghasilkan umbi. Untuk dapat menghasilkan ubi yang berukuran besar maka tanah di sekitar perakaran harus di buat segembur mungkin simak juga cara menanam bunga forget me not . Karena itulah, pembumbunan dilakukan untuk membantu perakaran dapat menghasilkan umbi yang berukuran besar dan jumlah umbi yang banyak. 

Sponsors Link

9. Ubi Kayu Siap Di Panen

Ubi kayu atau singkong dapat dipanen pada saat tanaman berumur 6-12 bulan simak juga cara menanam bunga cornflower . Namun ada juga  yang menggunakan patokan dehgan melihat jumlah daun yang mulai berkurang serta warna daun tanaman yang mulai menunjukkan warna kuning dan mulai rontok. Panen dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini :

  • Gali sekitar daerah perakaran tanaman untuk mengemburkan tanahnya.
  • Kemudian cabut tanaman beserta umbinya.
  • Jika ada umbi yang tertinggal di bawah tanah, anda bisa menggalinya menggunakan cangkul atau garpu.
  • Letakkan hasil panen pada lokasi yang strategis.
  • Kemudian lakukan penyortiran dengan memisahkan umbi yang busuk dan yang bagus.
  • Masukkan kedalam wadah karung, lalu kemudian umbi dapat di jual.
  • Pilih juga batang tanaman yang berkualitas baik unruk di gunakan sebagai bibit.
  • Dengan demikian maka and tidak perlu lagi membeli bibit pada masa tanam selanjutnya.

Untuk lebih memudahkan dan memperoleh tanaman yang tumbuh seragam serta berkualitas, anda dapat menyemai bibit singkong terlebih dahulu dalam polibag. Anda hanya harus menanamnya dalam media polinag menggunakan tanah yang gembur dan subur. Kemudian pindahkan tanaman ke lahan tanam saat tanaman berusia 1 bulan setelah tanam. Dengan begitu maka peluang tanaman untuk tumbuh agar lahan lebih besar dibandingkan jika di tanam langsung di lahan.

9 cara menanam stek ubi kayu agar panen melimpah , merupakan cara yang paling mudah dalam membudidayakan tanaman pangan yang satu ini. Memiliki harga jual yang relatif stabil tentu dapat menjadikan  peluang usaha yang menjanjikan. Selain bisa di konsumsi sendiri, hasil panen yang berlimpah juga bisa di jual sehingga menambah pemasukan bagi kantong anda. Bagaimana, menarik bukan? Anda bisa mulai mencobanya. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Stek