Sponsors Link

Cara Merawat Aglaonema Lipstik Agar Tumbuh Subur

Sponsors Link

Siapa yang tidak tertarik dengan tanaman Aglaonema lipstik ini? Tumbuhan hias jenis daun-daunan ini terkenal dengan tampilannya yang cantik dan memesona. Jika kita tahu cara merawat Aglaonema lipstik agar tumbuh subur, maka tanaman kita akan bertumbuh dengan baik.

ads

Ciri khas yang bisa kita lihat dari tanaman Aglaonema ini adalah daunnya yang memiliki dua warna dalam satu daun. Sedangkan untuk aglaonema lipstik, perpaduan warnanya meliputi warna hijau di bagian tengah daunnya, sedangkan bagian pinggirnya berwarna merah terang.

Itulah alasan mengapa tanaman ini dijuluki dengan nama Aglaonema lipstik. Sementara itu, masyarakat Indonesia secara umum menyebut daun-daunan ini dengan nama pohon Sri Rejeki atau Ratu tanaman karena bentuknya yang anggun.

Cara Merawat Aglaonema Lipstik Agar Tumbuh Subur

Jika dirawat dengan baik dan benar, Aglaonema lipstik tidak hanya menampilkan variasi warna daun yang cemerlang, namun juga komposisi daunnya yang tertata rapi layaknya disusun oleh manusia.

Meskipun cara perawatannya mudah seperti cara merawat bunga lidah mertua, namun beberapa trik khusus akan membuat tanaman Anda lebih berkilau. Langsung saja ketahui cara merawat Aglaonema lipstik agar tumbuh subur pada tips dan trik berikut ini

  • Sediakan media tanam yang tepat

Media tanam yang pas untuk Aglaonema lipstik adalah media tanam dengan tingkat pH netral atau berkisar antara 6 – 7. Sebagai campurannya, Anda dapat menggunakan kompos daun yang bisa dibuat sendiri dengan cara membuat pupuk kompos dari sampah organikdan juga pasir. Komposisinya adalah 3 : 1.

Karena umumnya Aglaonema lipstik ditanam di pot, maka pertama-tama susunlah batu bata atau pecahan genting di dasar pot. Kemudian isi dengan media tanam yang sudah kita persiapakan tadi.

  • Intensitas penyiraman

Aglaonema lipstik tidak menyukai media tanam yang telalu basah atau juga terlalu kering. Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan intensitas penyiramannya. Lakukan penyiraman satu kali dalam sehari, atau sesuaikan dengan tingkat kelembapan media tanam.

Usahakan air yang Anda pakai untuk menyiram Aglaonema lipstik adalah air bersih yang bebas dari kaporit.

  • Pemupukan Aglaonema

Pemupukan yang ideal bisa Anda berikan dalam kurun waktu tiga bulan sekali dengan memakai pupuk khusus tanaman hias jenis daun-daunan. Jika tidak yakin dengan pupuk pilihan Anda, maka Anda dapat bertanya pada penjual pupuk atau orang yang lebih berkompeten.

Adapun pupuk alami dapat Anda berikan dari air cucian beras. Cara pengolahannya bisa dibaca di cara membuat pupuk cair dari air cucian beras. Kocorkan pupuk tersebut pada media tanamnya dan bukan pada daun atau batang tanaman.


  • Penempatan Aglaonema

Seperti halnya cara merawat bunga jemani dan tanaman hias jenis daun-daunan lainnya, Aglaonema pun kurang menyukai pancaran sinar matahari yang teralu banyak. Letakkan pot pada tempat yang teduh atau terlindung dari pancaran sinar matahari.

Anda bisa meletakkannya di teras rumah, atau di dalam ruangan yang dekat dengan akses cahaya serta bersirkulasi udara lancar.

  • Merawat daun Aglaonema

Fokus keindahan dari tanaman ini adalah pada daunnya. Maka kita pun wajib merawat daun-daun aglaonema agar tampil mengkilat, cantik, dan sempurna. Untuk mengkilapkan daun Aglaonema kita perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Persiapan alat dan bahan:

  • Spons halus
  • Susu bubuk
  • Ampas kelapa
  • Air

2. Cara kerja:

  • Melapisi daun Aglaonema dengan air: Cukup basahi spons dengan air bersih, jika ada air sumur maka pakailah air sumu tersebut. Lap suluruh bagian daun dengan menggunkan spons basah tersebut, maka daun Aglaonema pun terlihat bersih dan mengkilat.
  • Melapisi daun Aglaonema dengan susu: Campuran air dan susu bubuk juga sangat baik untuk melapisi daun Aglaonema. Cukup celupkan spons pada larutan susu tersebut, dan Anda akan mendapati daun-daun Aglaonema tumbuh subur.
  • Namun yang perlu diperhatikan adalah, tambahkan pula fungisida pada tanama saat Anda melapisi daun Aglaonema dengan susu. Sisa-sisa susu tersebut biasanya akan mengundang bakteri.
  • Melapisi daun dengan ampas kelapa: Sama seperti kedua cara di atas, mengolesi daun Aglaonema dengan ampas kelapa juga akan membuat daun-daunnya mengkilat dan subur.

Cara Menanam Aglaonema Lipstik

Aglaonema lipstik bisa dikembangbiakkan dengan berbagai cara. Yaitu melalui bijinya atau cara generatif dan juga melalui stek, anakan, dan juga cangkokan yang kita kenal dengan istilah vegetatif. Kami akan membahasnya satu persatu untuk Anda.

  • Menanam Aglaonema lipstik dari bijinya

Untuk mendapatkan tunas baru dari bijinya, maka Anda wajib memilih biji Aglaonema lipstik yang berasal dari tanaman yang sudah cukup tua. Rendam biji tersebut sekitar 2 – 3 jam untuk mempercepat proses perkecambahannya.

  • Menanam Aglaonema dengan stek

Menanam Aglaonema dengan stek tentu memiliki teknik berbeda dengan cara menanam kenikir dengan stek. Ambillah pucuk indukan Aglaonema yang sudah cukup tua dan kokoh. Sisakan setidaknya 5 lembar daun agar sang indukan pun tetap bertahan hidup.

Tanam pucuk indukan tersebut pada media tanam yang sudah disediakan, letakkan pada tempat yang teduh. Kelemahan dari teknik ini adalah, indukan yang dipotong pucuknya akan tumbuh secara bercabang.


  • Menanam Aglaonema dengan cangkok

Sama seperti cara mencangkok pohon mangga harum manis, menanam Aglaonema lipstik dengan sistem cangkok membutuhkan kejelihan untuk mendapatkan tanman baru yang tidak kalah cantik dari indukannya. Cara mencangkok Aglaonema lipstik adalah sebagai berikut:

  1. Pilih indukan yang kokoh dan batangnya telah berwarna cokelat. Daun pada batang ini bisanya telah rontok dengan sendirinya atau rontok saat menerima sedikit sentuhan.
  2. Kupas batang pohon hingga terlihat bagian putihnya
  3. Lapisi batang yang terkelupas tadi dengan sekam, pasir malang, humus, serta pakis dengan komposisi 1 : 5 : 2 : 2.
  4. Tutup dengan plastik yang sidah diberi lubang sirkulasi udara.
  5. Semprot plastik inidua kali sehari hingga 3 – 4 minggu atau tanaman Aglaonema baru talah siap.
  • Menanam Aglaonema lipstik melalui ankannya

Anakan yang sudah dapat diambil untuk ditanam kembali adalah anakan yang sudah memiliki daun mekar atau tidak lagi tergulung. Potong pada bagian akar sambungnya dan tancapkan anakan tersebut pada media tanam yang baru.

Itulah cara merawat Aglaonema lipstik dan sedikit cara perkembangbiakannya, semoga memberi inspirasi bagi para pembaca sekalian.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman Hias