Sponsors Link

Inilah Cara Merawat Bunga Impatiens agar Terus Merekah dan Subur

Bunga impatiens merupakan bunga yang sangat indah dan mudah sekali ditanam, demikian pula cara merawat bunga impatiens ini pun tidak kalah mudahnya.

Bunga impatiens sebenarnya terdiri dari beberapa jenis, yang umum dikenal adalah jenis Impatiens balsamina, atau yang biasa disebut dengan bunga pacar air. Sedangkan jenis lainnya adalah Impatiens wallerina atau yang dikenal dengan nama impatiens saja.

Selain kedua jenis bunga impatiens tersebut, kini muncul lagi jenis baru yang tidak kalah cantik, yaitu Impatiens hibrida.Bunga Impatiens hibrida ini merupakan hasil persilangan, maka untuk mendapatkan anakan yang sifatnya menurun dari sang induk,

Teknik menanam yang digunakan adalah dengan stek batang atau secara vegetatif yang prosesnya sama dengan cara stek daun mint .Bunga impatiens adalah bunga asli kawasan Asia Selatan dan juga Asia Tenggara, kemudian baru dikenalkan di Amerika Sserikat sekitar abad ke 19.Sepintas bunga-bunga impatiens memang mirip dengan bunga anggrek dalam ukuran mini.

Berbeda dengan cara menanam anggrek bulan dalam pot yang beragam mulai dengan memakai sabut kelapa hingga arang, bunga impatiens biasa ditanam di dalam tanah. Asalkan kondisi tanah tersebut lembab, karena bunga ini tidak bisa hidup di tanah yang kering. Sangat berbeda dengan cara merawat tanaman kaktus.

Teknik menanam bunga impatients sangatlah mudah, cukup menebarkan biji bunganya ke permukaan tanah, maka bunga impatiens akan segera tumbuh. Atau silahkan pula pelajari pada cara menanam bunga pacar air. Tanaman ini bisa pula tumbuh dengan subur di dekat selokan-selokan, makhlum, bunga impatiens sangat menyukai air.

Kendati bisa tumbuh dengan liar, dan mudah ditanam, para pengusaha bunga masih kerap mengeksport biji bunganya dari luar negeri. Alasan para pengusaha bunga lebih suka mengambil bibit dari luar negeri adalah karena impatiens lokal bunganya kecil-kecil, batangnya tinggi, dan pilihan warnanya sedikit. Sementara bibit dari luar negeri menghasilkan bunga dengan pilihan warna yang beraneka ragam.

  • Cara Perawatan

Cara merawat bunga impatiens sangatlah mudah, karena bunga ini bukan termasuk yang rewel dalam segi perawatannya. Namun berikut ini adalah syarat-syarat hidup yang harus Anda penuhi agar bunga impatiens Anda selalu bersemi.

1. Sediakan media tanam yang baik

Media tanam yang paling cocok untuk bunga impatiens ini adalah campuran tanah, sekam, cocopeat, dan juga kompos atau pupuk kandang yang bisa Anda buat sendiri. Proses pembuatan pupuk kompos juga cukup mudah, bahan-bahannya pun dapat dijumpai di kehidupan sehari-hari, semisal pada cara membuat kompos dari sampah organik.

Campuran media tanam tersebut baiknya yang sudah terbebas dari beragam benda-benda asing semisal kerikil, sisa plastik, atau gumpalan-gumpalan tanah yang belum terurai. Pastikan pula media tanamnya bebas dari hama, agar tidak merusak bunga nantinya.  

2. Berikan penyiraman yang teratur

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, bunga impatiens sangat menyukai air. Maka jangan sampai terlambat menyiraminya, terlebih apabila Anda menanam bunga tersebut di dalam pot. Begitu pula saat musim kemarau tiba dan suhu udara meningkat drastis, baiknya Anda melakukan penyiraman lebih instens untuk menjaga kelembapan bunga.

3. Jaga dari serangan hama

Musuh terbesar dari bunga impatiens adalah hama dan penyakit. Oleh seba itu, Anda harus mewaspadai kehadiran hama. Sekali terinfeksi, maka akan sulit untul memulihkan keadaan bunga, tidak jarang ditemui pula bunga impatiens yang mati oleh serangan hama ini. Sebagai antisipasinya, pelajarilah beberapa cara alami membasmi hama pada cara mengatasi hama dan penyakit pada tumbuhan secara alami.

4. Letakkan di area yang teduh

Bunga impatiens memerlukan suhu berkisar 26 – 30 derajat celsius pada pagi hingga siang hari dan 18 – 20 derajat celsius pada malam hari untuk dapat tumbuh optimal. Oleh sebab itu, bunga impatiens ini baiknya diletakkan di tempat yang teduh, semisal di bawah pohon, di teras rumah, atau di bawah atap.

Alternatif lain dalam meletakkan bunga impatiens adalah dengan memberi paranet tipe 50 – 60 sebagai pelindung bunga dari terpaan panas matahari. Untuk menambah kesan yang berbeda, cobalah menggantung pot bunga impaties di bawah atap teras. Pasti semua akan terkesan dengan keindahannya. 

5. Beri pupuk

Pemupukan sangat dibutuhkan oleh bunga dan tanaman lainnya demi menunjang ketersediaan nutrisi dalam tanah. Belakangan harga pupuk memang sedang melambung tinggi, ini pula yang membuat sebagian petani bunga menjadi resah.

Namun apabila mau mempelajari berbagai teknik pengolahan pupuk, niscaya kenaikan harga pupuk kimia tersebut tidak akan menjadi permasalahan yang berarti.

Pada situs ini Anda dapat membaca aneka cara membuat pupuk sederhana namun tetap berkasiat mulai dari cara membuat pupuk cair dari kotoran walet hingga cara membuat pupuk organi dari blotong (limbah pabrik gula).

Dengan demikian, tanaman Anda bisa mendapatkan nutrisi terbaik untuk pertumbuhannya, Anda pun bisa menghemat pengeluaran secara seksama. Menggunakan pupuk organik juga menguntungkan bagi lingkungan, sebab pupuk kimia sangat beresiko merusak struktur tanah dan juga membawa residu yang berbahaya.

Bunga impatiens ini memiliki julukan lain yaitu Busy lizzie, karena sekali berbunga, impatiens akan terus berbunga tanpa berhenti. Belum juga bunga yang lama menjadi layu, kuncup yang lain sudah siap untuk merekah, maka taman bunga Anda tidak akan pernah sepi.

Begitu pula dengan kehadiran serangga seperti lebah, karena warnanya yang indah akan memancing para serangga itu untuk mampir. Namun sebenarnya kehadiran para serangga dapat membantu terjadinya proses penyerbukan.

Jika kehadiran serangga tersebut cukup mengganggu, maka usir dengan cara mengatasi hama tanpa pestisida.

Beberapa bagian dari tanaman ini juga baik untuk dijadikan obat herbal, misalnya:

  • Bagian bunganya: untuk mengobati sakit bisul, rematik, serta radang pada kulit.
  • Bagian daun: dapat digunakan sebagai anti-inflamasi atau untuk mencuci luka.

Sangat bermanfaat sekali, bukan? Tidak hanya memiliki keindahan, namun bunga ini juga baik untuk mengatasi berbagai penyakit. Oleh sebab itu silahkan dipraktekkan dengan benar cara merawat bunga impatiens yang telah kami sampaikan di atas. Dengan demikian, bunga impatiens Anda akan tumbuh subur dan selalu mekar mempesona.

, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga