Sponsors Link

Inilah 5 Cara Merawat Bunga yang Sudah Dipetik Agar Tidak Layu

Bunga adalah salah satu jenis keindahan yang berasal dari suatu tanaman dan ada berbagai tanaman yang seringkali menghasilkan bunga. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki berbagai jenis bunga dan salah satu bunga yang populer sejak jaman dulu adalah bunga mawar. Bunga menjadi sebuah hal yang identik dengan keindahan dan bunga sangat berkaitan dengan wanita.

Biasanya wanita lebih menyukai bunga dibandingkan lelaki, karena bungan menjadi gambaran kecantikan wanita atau menjadi simbol bagi para wanita. Untuk menanam bunga tentu bukanlah hal yang mudah dan ada berbagai cara perawatan yang harus dilakukan.

Berikut ini adalah cara merawat bunga yang sudah dipetik agar tidak layu:

1. Siram bunga setiap pagi hari

Pagi hari adalah waktu yang sangat cocok untuk bunga melakukan perkembangan dan pagi hari adalah waktu cahaya matahari menyinari bumi.

Penyiraman pada saat pagi hari juga, menjadi salah satu cara menyuburkan tanah pertanian dan bisa membuat bunga yang sudah dipetik menjadi segar kembali.

Penyiraman pada saat pagi hari memang cocok dilakukan untuk berbagai jenis tanaman dan bisa membuat pertumbuhan tanaman menjadi sangat baik.

2. Bersihkan vas bunga

Bunga biasanya ditaman pada suatu pot dan hal ini seringkali dilakukan di rumah. Ada berbagai jenis bunga yang sangat cocok menghiasi rumah dan salah satunya adalah bunga mawar.

Ada berbagai jenis pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar dan penggunaan pupuk yang tepat akan membuat kondisi bunga menjadi sehat serta kuat. Membersihkan pas bunga secara rutin menjadi hal yang penting dilakukan untuk proses perawatan bunga.

Vas bunga yang selalu bersih dari berbagai hama atau tanaman pengganggu akan membuat pertumbuhan bungan lebih cepat.

3. Hindari sinar matahari secara langsung

Sinar matahari yang menyinari bunga secara langsung, akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman dan sebaiknya dihindari, agar bunga tidak akan mudah layu.

Ada pertanyaan mengenai bagaimana cara memberantas hama tanaman budidaya yang ramah lingkungan dan salah satu jawabannya adalah dengan menghindarkan tanaman dari sinar matahari secara langsung. Bunga yang dipetik seringkali layu, apabila terus menerus tersinari matahari secara langsung.

4. Buang kelopak bunga yang layu

Saat menanam bunga, pasti akan menemukan kelopak bunga yang mudah layu dan kelopak bunga layu harus segera dibersihkan, karena bisa mengganggu pertumbuhan bunga.

Ada berbagai jenis tanah yang sesuai untuk kegiatan pertanian dan setiap jenis tanah yang baik, pasti akan berpengaruh terhadap petumbuhan bunga. Ada banyak jenis bunga yang biasa ditanam di area sekitar rumah atau di vas bunga seperti bunga mawar, anggrek, ros dan berbagai jenis bunga lainnya.

5. Gunakan pupuk alami

Untuk mempercepat proses tumbuh kembang bunga, sebaiknya gunakanlah pupuk lami pada area tanam bunga dan salah satu jenis pupuk alami adalah kotoran kambing.

Penggunaan pupuk kandang menjadi salah satu jenis pupuk mengandung nitrogen dan sangat baik bagi tumbuh kembang bunga. Janganlah menggunakan pupuk secara berlebihan, karena bisa membuat pupuk menjadi mati dan hal ini sangatlah merugikan bagi para pemilik bunga. Bunga yang menggunakan pupuk alami biasanya akan berkembang dengan cepat dan proses tumbuh bunga akan efektif.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara merawat bunga yang sudah dipetik agar tidak layu dan semoga artikel ini memberikan banyak manfaat bagi para pembacanya.

, ,
Oleh :
Kategori : Bunga