Sponsors Link

Cara Merawat Rumput Gajah Mini yang Kering Agar Hijau Lagi

Memiliki hlaman yang menghijau dan indah layaknya sebuah karper permadani akan sangat disukai banyak orang. Untuk itu, tidak sedikit yang mencoba menanam rumput gajah mini di pekarangan mereka. Rumput ini akan menutupi permukaan lahan dan terlihat hijau yang indah.

Namun, ada beberapa faktor yang kadang kita lupakan, sehingga tumbuhan rumput gajah mini ini menjadi mengering. Ini akan membuat penampilannya menjadi tidak baik, tidak indah dan menguning. Untuk itu, berikut akan kita bahas cara merawat rumput gajah mini yang kering.

1. Pemupukan

Hal pertama yang bisa kita lakukan di dalam cara merawat rumput gajah mini yang kering adalah melakukan pemupukan. Seperti tips menanam dan Cara Memupuk Cabe Rawit dengan Ajinomoto pemberian pupuk dasar ketika rumput ini berusia 20 hari penanam adalah hal yang dianjurkan. Jenis pupuk yang biasa digunakan sebagai pupuk dasar berupa pupuk NPK maupun pupuk urea.

Pertumbuhan dari rumput gajah mini akan kembali terpacu dan berjalan dengan baik ketika diberi pemupukan tersebut. Ini juga akan menambahkan unsur hara tanah yang diperlukan agar tidak kembali layu.

Bahkan, melakukan pemupukan tunggal yang hanya mengandung beberapa bagian atau hanya satu bagian dari unsur hara tanah juga bisa dilakukan. Misalnya saja pemupukan menggunakan KCL, NPK dan TSP.

2. Penyiraman

Seperti halnya Cara Memupuk Sawit di Lahan Gambut , gunakan sistem penytiraman dengan alat gembor. Ini adalah sistem penyiraman yang baik untuk pertumbuhan rumput gajah mini agar tidak menghasilkan genangan air yang akan merusak akar tanaman tersebut.

Tidak hanya menggunakan gembor, kamu bisa melakukan penyiraman ketika menggunakan selang yang memiliki lubang-lubang kecil dengan intensitas air sedang. Penyiraman biasanya dilakukan 2 kali sehari selama musim kemarau.

3. Pengasingan gulma

Gulma dan rumput-rumput liar akan membuat tanaman rumput gajah mini ini tidak subur bahkan cenderung layu. Ini adalah masalah yang juga ada di dalam pembahasan Cara Memupuk Rumput Odot , dimana untuk penyuburannya harus dibersihkan atau disiangi.

4. Pemangkasan

Pemangkasan juga dilakukan agar tumbuhan rumput indah ini terbebas dari masalah kering dan layu. Untuk tata cara pemangkasannya sendiri, akan dianjurkan untuk dilakukan minimal sekali dalam sebulan.

5. Penggemburan tanah

Proses selanjutnya adalah menggemburkan tanah, seperti ayng diketahui pada Cara Memupuk Durian dengan Pupuk Nasa. Penggemburan tanah ini juga akan dilakukan ketika tanaman ini terlihat lebih subur untuk lebih menyuburkannya.

Gunakan alat seperti garpu tanah yang akan membantu dengan baik proses penggemburan tanah tersebut. Pada saat kemarau, biasanya tanah akan menjadi lebih kering, keras dan ini akan menyebabkan tumbuhan menjadi lebih layu dan terlihat tidak baik.

6. Pengendalian hama dan penyakit

Hal berikutnya yang harus dilakukan dalam cara merawat rumput gajah mini yang kering adalah untuk mengendalikan, mengatasi masalah hama maupun penyakit. Penyemprotan fungisida maupun pestisida bisa dilakukan untuk permasalahan ini.

7. Peremajaan

Seperti tips menanam dan Cara Memupuk Kelengkeng dengan Garam , kiat merlukan proses peremajaan tanaman ini agar tumbuhan rumput gajah mini tetap subur dan tidak kering.

Caranya tidaklah sulit, anda hanya perlu memotong keseluruhan batang hingga menyisakan sedikit dan membiatkannya tumbuh kembali. Demikianlah pembahasan cara merawat rumput gajah mini yang kering, semoga informasi ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman Hias