Sponsors Link

Cara Memupuk Rumput Odot dan Hasil yang Subur (Pakan Ternak)

Ketika kita mengetahui bagaimana cara memupuk rumput odot ini, maka kita akan mendapatkan rumput menghijau terbaik. Karena rumput odot adalah jenis pakan yang digunakan dan sering menjadi makanan utama para ternak.

Seperti halnya Cara Menanam Rumput untuk Pakan Kambing, anda akan memerlukan cara memupuk rumpuk odot ini agar menhasilkan panen melimpah. Untuk itu, berikut pembahasan lebih lengkap mengenai tata cara yang harus dilakukan selama pemupukan berlangsung.

1. Menyiapkan Lahan

Sebelum melakukan pemupukan, tentunya kita harus menyiapkan lahan yang akan digunakan sebagai tempat penanaman rumput odot ini terlebih dahulu. Seperti yang dijelaskan pada Cara Menanam Rumput di Dak Beton, kita memerlukan lahan terbaik agar pertumbuhannya lebih maksimal.

Walaupun rumput odot ini adalah jenis tanman yang tidak terlalu rumit dalam urusan pemilihan jenis lahan, rumput ini bisa tumbuh di wilayah dengan ketinggian apapun. Hanya saja, pastikan lahan yang akan digunakan sebelumnya telah dibersihkan dan tidak memiliki banyak kotoran, gulma dan bekas akar-akar tanaman lainnya.

Penggunaan alat berupa traktor akan lebih disarankan agar lahan dalam jumlah besar yang akan dikelola terolah dengan baik. Ini akan membuat tanman tersebut bisa ditanam dengan lahan yang sudah tersedia dan bisa digunakan dengan maksimal.

2. Pemupukan Dasar

Setelah berhasil melakukan pengolahan lahan, maka hal selanjutny dilakukan adalah pemupukan dasar. Seperti halnya tata Cara Menanam Rumput Cuba, kita memerlukan lahan yang subur agar bisa memberikan unsur hara yang cukup.

Setelah melakukan pemupukan dasar yang akan diserap dengan baik oleh lahan tersebut maka lakukan juga pembuatan glundukan. Ini adalah istilah untuk gundukan tanah yang biasanya mencapai tinggi 20 cm, dan luas 80 cm.

3. Penanaman Rumput Odot

Untuk masalah penanaman, maka sebaiknya hanya dilakukan dengan sistem monokultur, dimana hanya ada rumput odot saja dalam lahan tersebut. Namun, ada banyak juga petani yang menanam rumput odot ini sebagai tanman sela yang biasa ditanam dipinggiran sawah maupun ladang.

Seperti halnya Cara Menanam Rumput Air di Aquarium, syarat utama dalam penanaman rumput obot ini adalah ketersediaan dari sinar matahari yang cukup. Biasanya penanaman dilakukan dengan cara stek dari tanaman yang sudah dinyatakan sebagai indukan unggulan dari rumput obot tersebut.

4. Pemupukan

Seperti halnya Cara Menanam Rumput untuk Pakan Domba, pemupukan yang dilakukan setelah penanaman rumput odot ini adalah untuk menambahkan unsur hara tanah. Sehingga cara pemupukan rumput odot bisa diketahui dengan baik dan menghasilkan pertumbuhan yang optimal.

Untuk jenis pupuk yang direkomendasikan dalam budidaya rumput odot ini, adalah :

  • Pupuk dasar yang terdiri dari pupuk kompos dengan pencampuran sebanyak 3 ton per satu hektar lahan tanam.
  • Kemudian dilanjutkan dengan pumupukan menggunakan pupuk NPK yang bisa diberikan sebanyak 60 kg per hektar lahan tanam.
  • Pupuk lanjutan yang digunakan adalah pupuk organik cait yang diolah dari urin hewan ternak yang sebelumnya telah dilakukan sistem fermentasi dan gunakan sebanyak 500 ml dengan campuran 14 liter air bersih untuk satu hektar lahan tanam.

Pemupukan lanjutan ini biasanya akan dilakukan setelah 7 hari satau 21 hari setelah dik=lakukan pemotongan atau panen rumput.

5. Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman rumput yang satu ini adalah aktivitas berupa pembersihan dari gulma, pengendalian hama dan penyakit serta pemupukan ulang. Untuk measalah pengendalian baik dari penyakit atau hama, sebaiknya tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

Penggunaan bahan-bahan kimia ini nantinya akan ber[engaruh pada kesehatan ehwanb ternak yang memakan rumput tersebut. Demikianlah informasi tentang cara memupuk rumput odot yang bisa kami jelaskan, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman