Home » Buah Buahan » Cara Memupuk Durian dengan Pupuk Nasa dan Perawatan Pohon

Cara Memupuk Durian dengan Pupuk Nasa dan Perawatan Pohon

by Echa Tika

Durian dikenal dengan rasa daging buahnya yang nikmat dan bisa diolah menjadi bahan makanan yang lezat. Untuk itu, banyak yang mencoba membudidayakan buah derduri yang satu ini.

Namun, tahukah anda ada salah satu cara baik untuk mengoptimalkan hasil dari buah durian? Salah satu cara yang bisa digunakan adalah cara memupuk durian dengan pupuk NASA yang akan kita bahas kali ini.

1. Mengetahui Cara Penanaman

Agar bisa menghasilkan buah durian yang baik dan banyak, maka sebelum pemupukan, kita harus mengetahui bagaimana cara penanaman terlebih dahulu. Seperti halnya Cara Memupuk Labu Kuning, penanaman durian yang baik akan menghasilkan tanaman unggulan.

Untuk menghasilkan tanaman yang berbuah dengan lebat, sangat disarankan melakukan penanaman pada awal musim penghujan. Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Sesuaikan ukuran campuran media tanam dengan umur serta jenis bibit durian yang akan ditanam setelah melakukan penggalian lubang tanaman.
  • Keluarkan bibit dari wadah penanaman bibit untuk dimasukan kedalam lubang penanaman dengan hati-hati. Jangan sampai melukai akar bibit ketika hendak memindahkan bibit ke dalam lubang tanam.
  • Tanamlah bibit durian tersebut pada bagian batas akar tanman saja, jangan menanam hingga membenamkan bagian batang bibit.
  • Kemudian lakukan penyiraman secara teratur untuk bisa menghasilkan bibit yang tertanam dengan baik.

2. Pemupukan Awal

Tidak jauh berbeda dengan Cara Memupuk Kelengkeng dengan Garam, kita memerlukan pupuk NASA untuk pertumbuhan bibit yang lebih baik. Berikut tata caranya:

  • Lakukan pengenceran terhadap pupuk organik supernasa yang digunakan untuk 200 tanaman dalam ukuran 1 botol.
  • Untuk campuran pengenceran pupuk, maka gunakan air sebanyak 2000 ml dan ini akan dijadikan sebagai larutan untuk pupuk induk yang akan digunakan.
  • kemudian, gunakan 10 ml larutan induk ini untuk kembali dicampurkan untuk setiap 1000 ml air.
  • kemudian, siramkan secara bertahap 10 ml campuran dari pupuk NASA ini kesetiap bibit atau calon pohon durian yang akan dipupuk tersebut.

3. Pengairan

Seperti yang dilakukan dalam Cara Memupuk Jagung dengan Pupuk Cair, kita memerlukan proses penyiraman yang teratur agar nantinya dosis dari pupuk ini memberikan hasil yang maksimal.

Penyiraman akan dilakukan selama proses produksi. Hanya saja pada saat pembentukan bunga durian, maka penyiraman akan dikurangi supaya menghasilkan putik buah yang banyak. Lakukan penyiraman ini dari pagi dan juga di sore hari.

4. Pemangkasan

Agar cara memupuk durian menggunakan pupuk NASA ini berhasil dengan baik, maka perlu dilakukan pemangkasan secara teratur. Pemangkasan dilakukan bagi cabang-cabang maupun ranting yang sudah mati atau terlalu lebat.

Pemangkasan ini juga akan dilakukan pada bagian tanman yang sudah terkena masalah seperti membusuk atau diserang hama. Dan juga lakukan pemangkasan ulang ketika ketinggian pohon sudah mencapai 5 m.

5. Pemupukan Ulang

Untuk menghasilkan kualitas buah yang baik dan banyak, maka perlu dilakukan pemupukan ulang. Hal ini juga ada di dalam Cara Stek Pohon Durian Berkaki Tiga. Dimana kesuburan tanaman ini akan menjadi lebih baik dengan adanya proses pemupukan ini.

Pemupukan ini biasanya dilakukan dari pembibitan dan mencapai umur tanaman durian yang ke 3 tahun. Pupuk NASA ini biasa dibarengi dengan menggunakan pupuk kandang agar lebih hemat dan hasil yang optimal.

Waktu pemupukan disarankan pada awal musim kemarau bukan waktu musim penghujan. Caranya cukup melakukan pemupukan disekelilih batang tanaman yang tanahnya sudah digemburkan sebelumnya. Demikianlah pembahasan mengenai cara memupuk durian dengan pupuk NASA ini, semoga bermanfaat.

You may also like