Sponsors Link

Cara Merawat Rumput lapangan Sepakbola

Ada banyak sekali lapangan bola yang dihiasi dengan rumput indah dan terawat. Tapi, tahukah anda bagaimana cara merawat rumput lapangan sepakbola ini?

Karena, jika tidak dirawat dengan baik maka tidak akan menghasilkan pemandangan yang baik. Oleh karena itu, seperti pembahasan Cara Memupuk Rumput Odot, berikut tata cara merawat rumput lapangan sepakbola yang baik dan beanr.

1. Pemilihan Jenis Rumput

Untuk lapangan sepakbola, ada beberapa jenis rumput yang bisa digunakan dan sering ditanam. Pemilihan jenis ini nantinya akan menentukan kualitas dan bagaimana tingkat kesulitan dalam perwatannya.

Seperti halnya Cara Memupuk Cabe Rawit dengan Ajinomoto, ada jenis rumput jepang maupun rumput gajah mini yang sering digunakan. Anda bisa memilih jenis rumput mana yang akan digunakan nantinya.

2. Persiapan Lahan

Tentunya, anda memerlukan sebuah lahan yang luasnya memenuhi syarat untuk digunakan sebagai fasilitas bermain bola, seperti lahan yang ada di dalam Cara Memupuk Sawit di Lahan Gambut. Lahan ini nantinya tidak hanya disiapkan namun juga akan ditanami rumput agar bisa digunakan sebagai lapangan sepakbola.

Pembersihan lahan adalah langkah yang harus dilakukan ketika sudah menentukan lahan mana yang akan digunakan tersebut. lakukan pengolahan lahan yang benar agar bisa menghasilkan tanaman rumput yang tumbuh subur nantinya.

3. Penanaman

Langkah selanjutnya yang dilakukan setelah pengolahan lahan adalah penanam dari bit rumput yang akan digunakan. Untuk pengolahan lahan yang maksimal, tidak ada salahnya menggunakan alat pengolah seperti traktor agar lahan bisa ditanam dengan bibit rumput yang telah disediakan.

Hal penting dalam proses penanaman ini adalah memastikan unsur hara yang ada di dalam tanah tersebut cukup dan bisa digunakan sebagai bahan baku perkembangan rumput. Ingat juga untuk tidak merusak bagian akar rumput saat melakukan penanamannya.

4. Penyiraman dan Pemupukan

Tidak jauh berbeda dengan Cara Memupuk Rumput Odot, kita harus memberikan asupan air bersih yang cukup. Jika tidak maka rumput tersebut tidak akan tumbuh dengan baik. Ingat saja untuk tidak terlalu berlebihan dalam penyiram maupun terlalu sedikit.

Intensitas penyiraman akan mengikuti musim yang sedang berlangsung. Akan lebih sering jika terjadi musim kemarau yantg menyebabkan tanah atau lahan tempat penanam menjadi kering dan tidak gembur sama sekali.

Sedangkan untuk pemupukan sendiri, biasanya dilakukan pemupukan dsar setelah bibit rumput ini ditanam untuk menutrisi pertumbuhannya. Kemudian, lakukan pemupukan ulang setiap 3-4 bulan setlahnya agar bisa memaksimalkan kembali petumbuhannya.

5. Pemangkasan dan Perawatan

Seperti tips menanam di dalam Cara Memupuk Kelengkeng dengan Garam, kita membutuhkan bagaimana cara perawatan yang tepat agar rumput tersebut bisa tumbuh dengan baik. Perawatn utama yang diperlukan adalah masalah pemangkasan.

Pemangkasan ini sebaiknya dilakukan sesuai dengan pola pertumbuhan rumput dilapangan bola tersebut nantinya. hanya perlu memotong 3-4 cm maksimal. Lakukan pemotongan ini jika panjang rumput tidak lagi sama dan sudah meninggi.

Penggunaan petisida maupun fungisida juga sering digunakan agar bisa mentasi masalah hama dan penyakit yang biasanya menyerang. Nah, mudah bukan? dengan cara merawat rumput lapangan sepakbola yang baik dan benar ini maka anda bisa mengolah sendiri lapangan tersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman Hias