Sponsors Link

Jenis Hama Utama Tanaman Lada dan Cara Membasminya

Seringkali, petani lada mengeluhkan kegagalan panen akibat serangan hama pada tanaman mereka. Jadi, agar anda lebih faham, berikut kami jabarkan jenis hama utama tanaman lada agar tidak menganggu budidaya tanaman tersebut.

1. Lophobaris piperis

Nama latin dari hama penggerek batang yang sering kali merusak pertumbuhan tanaman lada ini sangat merugikan bagi para petani lada. Ini termasuk kedalam jenis hama utama tanaman lada yang harus segera dibasmi dan ditangani dengan baik.

Tidak jauh berbeda dengan Cara Membasmi Hama Ulat Pada Tanaman Jeruk, kita perlu menyingkirkan dan memotong bagian tanaman lada yang sudah diserang oleh hama tersebut. larva dari hama ini akan menyebabkan kematian tanaman lada jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Tidak hanya larvanya yang merusak tanaman lada, serangga dewasanya juga akan merusak pucuk tanaman dan membuat tanaman berkurang produktifitasnya. menggunakan jamur beuveria bassiana juga bisa dijadikan salah satu alternatif pembasmian hama penggerek batang lada ini.

Caranya mudah, tinggal menyemprotkan jamur ini di daerah kanopi tanaman lada tersebut atau bisa juga dicampur dengan kompos maupun tanah humus. Kemudian, anda juga bisa menggunakan peptisida yang memiliki kandungan bahan-bahan kimia untuk mengusir serangan hama yang satu ini.

2. Diconocoris hewetti

Hama berikutnya yang termasuk di dalam ketegori jenis hama utanama tanaman lada adalah hama penghisap bunga ini. Seperti halnya Cara Membasmi Hama Ulat Bulu Pada Tanaman, anda harus menanggulangi penyebaran hama ini agar tanaman lada tumbuh dengan baik.

Hama ini bisa merusak tanaman lada baik dari fase dewasa dan fase nimfanya. hama ini akan menyerang bagian tandan dan juga bagian bunga lada sehingga tidak bisa menghaslkan putik buah yang sempurna dan berujung pada kegagalan panen.

Jika terserang hama yang stu ini, maka akan menyebabkan kerusakan di semua bagian bunga lada. Bunga yang diserang akan mengalami keguguran sebelum terbentuk putik buah. lakukan pembasmian dengan pemotongan bagian tandan bunga yang terinfeksi.

3. Dasynus piperis

Nah, jenis hama utama tanaman lada yang terakhir adalah hama penghisap buah. Ini juga tergolong hama yang snagat merugikan para petani lada. Seperti yang dijelaskan pada Cara Membasmi Hama Ucrit, kita harus mengetahui ciri-ciri dan cara mengendalikan hama ini.

Biasanya, serangan hama yang satu ini akan dilakukan pada sore maupun pagi hari dan di siang hari hama tersebut akan melakukan persembunyian di tanaman lada tersebut. Serangan hama ini akan menyebabkan isi buah yang kosong atau hampa pada bagian buah muda.

Sedangkan akan menyebabkan buah menjadi gugur dan kering jika menyerang buah yang sudah tua. Sangat penting untuk melakukan pemusnahan telur hama ini yang biasnaya ditemukan di bagian tandan buah, cabang maupun ranting tanaman lada.

Demikianlah keseluruhan informasi mengenai jenis hama utama tanaman lada yang penting untuk diketahui terutama bagi petani lada. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan