Sponsors Link

Jenis Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah yang Harus Kamu Pelihara

Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa Tanah, kini tengah menjadi trend di kalangan masyarakat luas. Sebagaimana kita tahu bahwa trend budidaya tanaman hias kini tidak hanya menggunakan media tanaman berupa tanah hal ini dikarenakan saat ini lahan tanaman konvensional mulai berkurang. Oleh karena itu, maka media tanam selain tanah saat ini mulai banyak digunakan.

Trend tanaman hias dalam ruangan yang selain dapat memberikan nilai estetika juga dapat menyejukkan ruangan ternyata kini sangat diminati.

Hal ini yang menyebabkan harga tanaman penyejuk ruangan relatif mahal. Inilah yang kemudian menyebabkan daya beli masyarakat menjadi turun. Nah, karena itu harus ada alternatif lain yakni mencari tanaman penyejuk ruangan yang harganya murah.

Nah, berikut telah penulis kelompok kan mengenai 7 Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa Tanah paling mudah di rawat. Selengkapnya.

Anggrek

Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa TanahBunga anggrek memiliki pesona yang tentunya tak dapat terelakkan lagi. Memiliki warna yang indah serta bentuk dan variasi bunga yang beragam menjadikan bunga anggrek yang juga disebut sebagai bunga puspa pesona bangsa ini sangat disukai dan difavoritkan oleh banyak kalangan.

Tanaman anggrek juga biasanya ditanam pada media tanam akar pakis, Cocopeat atau juga media moss spaghnum.

Meskipun demikian tanaman anggrek sendiri memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam hal pemeliharaannya. Sebab jika anda tidak dirawat dengan telaten maka tanaman ini sangat mudah mati dan juga tidak dapat menghasilkan bunga.

Karenanya dalam merawat tanaman bunga perhatikan pemberian nutrisi melalui pemupukan serta juga lakukan pergantian media setiap satu tahun sekali seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Lidah Buaya

Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa TanahTanaman yang sangat kaya manfaat ini merupakan jenis tanaman yang juga dapat berfungsi sebagai penyejuk ruangan.

Meskipun dapat ditanam di tanah secara konvensional namun tanaman ini juga dapat ditanam dalam media selain tanah yakni menggunakan media batu kerikil sebagai medianya.

Tanaman yang satu ini juga kaya manfaat dan dimanfaatkan sebagai obat di bidang farmasi, dan juga kecantikan.

Tanaman lidah buaya sangat mudah di budidayakan dan juga sangat mudah dirawat. Anda tidak perlu terlalu sering menyiramnya karena tanaman ini juga dapat hidup meskipun dalam kondisi kekurangan air.

Perhatikan juga pemberian nutrisi melalui pemupukan yang rutin dan juga pemisahan anakan agar tanaman tidak tumbuh secara tak terkendali.

Paku Gunung (Nephrolepis exaltata)

Tanaman yang termasuk kedalam jenis tanaman paku pakuan ini merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dikarenakan tanaman ini berasal dari dataran Tropis Asia.

Di habitat aslinya tanaman ini dapat ditemukan di tepi sungai, tebing dan pada pohon palem, karenanya sebagai tanaman yang juga dapat menyejukkan ruangan paku gunung tidaklah perlu ditanam di tanah.

Tanaman paku gunung sangat cocok diletakkan didalam ruangan karena dapat memberikan nuansa sejuk dan segar. Agar tetap indah dipandang mata maka tanaman ini haruslah dirawat dengan baik. Tidak perlu khawatir karena perawatannya sangat mudah, anda hanya perlu memperhatikan ketersediaan air agar tanaman tetap segar dan sehat.

Sri Rejeki

Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa TanahTanaman yang satu ini pada awalnya dianggap sebagai tanaman gulma karena memiliki pertumbuhan yang tidak terkendali.

Namun dibalik itu semua ternyata tanaman ini dapat dipakai sebagai tanaman yang dapat memberikan kesan sejuk di dalam ruangan. Meskipun dapat ditanam dengan memakai media tanah, namun jika ditanam didalam ruangan maka medianya dapat diganti, seperti menggunakan media air.

Untuk melakukan perawatan tanaman ini sangatlah mudah dilakukan yakni dengan cara memperhatikan kondisi media air yang dipakai sebagai media tanam.

Selalu ganti air media dan juga tambahkan jika air mulai berkurang, karena jika tidak maka tanaman akan dapat mengalami kematian sebab tanaman ini merupakan jenis tanaman yang memerlukan kelembaban yang tinggi sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Sirih Gading

Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa TanahTanaman sirih gading termasuk jenis tanaman hias yang merambat dan biasanya ditanam untuk menutupi kanopi serta memberikan nuansa yang menyejukkan.

Meskipun dapat ditanam di tanah maka tanaman ini sendiri akan lebih baik dan mampu bertahan lama jika ditanam menggunakan media tanam air.

Untuk merawat tanaman ini Pastikan bahwa bagian dasar atau akarnya selalu menyentuh air sehingga tanaman nantinya tidak mengalami dehidrasi atau kematian.

Kaktus

Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa TanahTanaman kaktus sudah banyak dikenal sebagai tanaman hias yang mampu menyejukkan ruangan. Meskipun tanaman ini sangat tahan terhadap kekeringan namun hal inilah yang justru menjadi keunggulan tanaman ini.

Untuk media tanaman yang digunakan juga anda hanya perlu menggunakan pasir. Perawatan dan pemeliharaannya juga sangat mudah karena tanaman ini tahan kering maka anda tak perlu sering menyiramnya.

Selasih

Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa TanahTanaman selasih lebih dikenal sebagai tanaman basil yang di dataran Eropa banyak dipakai sebagai bahan rempah rempah.

Memiliki aroma yang khas dan kuat menjadikan tanaman ini sangat cocok dipilih sebagai tanaman yang dapat menyejukkan ruangan.

Dengan menggunakan media tanam rockwool atau cocochoir selasih sangat mudah dirawat dan dipelihara sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Nah, itulah tadi 7 Tanaman Penyejuk Ruangan Yang Murah Dan Tanpa Tanah paling mudah di rawat. Semoga dapat bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman Hias