Sponsors Link

Jenis Tanaman yang Bisa Dibuat Herbarium – Berasal Dari Tanaman Herbal

Jenis tanaman yang bisa dibuat herbarium, jangan terkecoh dengan diksi jkata herbarium yang biasa anda samakan dengan tanaman herbal. Bisa jadi keduanya saling berkaitan, namun pada kenyataanya keduanya berbeda secara defininisi.

Dimana tanaman herbal merupakan tanaman obat, sedangkan herbarium adalah tanaman yang diawetken atau spesimen tanaman yang dikeringkan yang fungsinya adalah salah satunya dipakai sebagai bahan penelitian sebagaimana  cara mengatasi penyakit pada tanaman tomat..

Pada dasarnya semua jenis tanaman dapat dibuat menjadi herbarium terlepas dari organ apa sajakan dari bagian tanaman yang akan di awetkan seperti juga Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Namun dalam pembahasan ini kita akan mencoba mengulas mengenai 10 Jenis tanaman yang bisa dibuat herbarium – bersaal dari tumbuhan herbal, berikut daftarnya.

  1. Temu Lawak

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman obat yang mudah ditemukan disekitar pekarangan. Secara tradisional tanaman ini emmiliki manfaat dalam meningkatkan nafsu makan bagi anak yang tidak memiliki nafsu makan yang baik.

Temulawak merupakan jenis tanaman umbi yang kerap diambil dabian umbinya sebagai herbarium untuk diawetkan bersamaan dengan tanaman family umbi umbian herbal lainnya sebagai bukti keanekaragamn. .

  1. Lidah Buaya

Tanaman dengan sejuta manfat ini dijadikan herbarium dalam rangka digubakan untuk penelitian.

Sebab ternyata tanaman lidah buaya yang selama ini kita kenal sebagai tanaman yang bermanfaat bagi rambut ternyata juga memiliki manfaat lain yang sangat beragam diantaranya mampu menghilangkan jerawat dan bermanfaat bedsar di bidang kecantikan. Oleh sebab itu, specimen lidah buaya kerap dipakai dalam penelitian penelitian .

  1. Kumis Kucing

Salah satu jenis tanaman obat yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Memiliki banyak manfaat dan berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit seperti obat untuk kencing batu, rematik, asama urat, masuk angin, diabetes hingga hipertensi. Karena manfaatnya inilah tanaman kumis kucing dibuat sebagai herbatrium dalam rangka untuk diteliti dan dikaji manfaat lainnya.

  1. Jahe

Jahe yang termasuk kedalam jenis tanamanobat umbi ini menambah keragaman dalam jenis tanaan obat yang dapat dibuat herbarium sebagaimana i Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Meskipun demikian jahe sendiri merupakan jenis tanaman obat yang memiliki manfaat yang banyak dan juga sudah sngat lekat dalam kehidupan masyarakat kita. Jahe memiliki aroma yang menenangkan dan juga merupakan obat ampuh mengatasi masuk angin.

  1. Kunyit

Satu lagi jenis tanaman obat yang akan melengkapi koleksi herbarium tanaman obat anda, yaps kunyit yang memiliki warna umbi kuning ini sudah akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

Kandungan curcuma nya menjadi salah satu obat ampuh buntuk meningkatkan nafsu makan anak anda, dan juga merupakan jenis tanaman obat yang paling menarik.

  1. Daun Jarak

Daun jarak sudah dikenal sejak zaman penjajahan be;anda sebagai salah satu jenis tanaman obat tradisional yang paling berkasiat seperti juga  Cara Menanam Ciplukan.

Karena itulah maka pada masa penjajahan banyak ditemui lading pohon jarak yang ditanam oleh Belanda. Bagian daun tanaman ini dapat dibuat sebagai herbarium, selain diguakan sebagai specimen penelitian, herbarium tanaman jarak juga dapat digunakan sebagai baham pelengkap keanekaragaman hayati kelompok tanaman herbal.

  1. Keji Beling

Daun keji beling yang dibuat herbarium merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat. Semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatnkan dan memiliki khasiat masing masing.

Kandunganutama yang berhasil ditemukan dari tanaman ini adalah fosfor, natrium, kalsium, kalium, serta bagian akarnya sendiri banyak mengandung polifenol, plavonoid sedangkan bagian batang memiliki kandungan saponin dan tanin.

Keji beling merupakan obat ampuh bagi penderita batu ginjal, diare, kolesterol, liver, maag, dan dapat juga dipakai sebagai obat kencing manis.

  1. Daun Dewa

Daun dewa atau yang lebih dikenal dengan sebutan sabung nyowo mwnjadi jenis tanaman herbal selanjutnya yang dapat dibuat herbarium. Khususnya bagian daun yang memiliki banyak manfaat sekaligus digunakna sebagai obat.

Nama sabung nyawa disebabkan karena tanaman ini memiliki manfaat yang besar terutama untuk mengobati berbagai jenis penyakit kronis, diantaranya seperti kanker, tekanan darah tinggi, wasir, diabetes mellitus, dan pendarahan, selain itu juga dapat dipakai sebagai obat memar, dan pembersih racun.

  1. Akar Alang Alang

Alang alang selain dikenal sebagai salah satu jenis gulma yang paling bandel dan sulit sekali dimatikan, ternyata tidak disangka sangka bahwa bagian akar tanaman ini juga termasuk kedalam jenis tanaman obat yang dapat dijadikan sebagai herbarium.

Adapun manfaat alang alang kering bagi kesehatan tubuh adalah dapat digunakan sebagai obat pans dalam, mengatasi sakit ginjal, mimisan, keputihan dan juga penyakit kencing manis.

  1. Daun Pegagan

Satu lagi jenis tanaman obat yang juga dianggap sebagai gulma, sebelum masyarakat luas mengetahui manfaat dari daun pegagan daun ini hanya dianggap sebagai penganggu tanaman utama dan banyak di musnahkan.

Namun ternyata dan tidak diduga bahwa daun pegagan yang bisa dibuat herbarium ini ternyata memiliki kandunhan anti oksidan yang tinggi yang dipercaya dapat menjadi obat anti kanker.

Itulah tadi, 10 10 Jenis tanaman yang bisa dibuat herbarium – bersaal dari tumbuhan herbal. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman