Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Penyakit pada Tanaman Tomat yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

cara mengatasi busuk buah tomatBudidaya tanaman merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Terbukti, selain memperoleh keuntungan ekonomis dengan menanam tanaman kita juga bisa memperoleh manfaat kesehatan serta mampu melatih keseimbangan emosional kita.

ads

Tidak hanya sampai disitu, membudidayakan tanaman juga mampu meningkatkan kecerdasan otak dan menambah kreatifitas. Hal ini terjadi karena banyak hal yang harus dilakukan dan dihadapi ketika anda menanam suatu tanaman.

Diantara sekian banyak jenis tanaman anda pasti mengenal tanaman tomat. Buah tomat seringkali kita jumpai pada masakan karena ia memang bisa dipakai untuk berbagai keperluan memasak. Cara Mengatasi Korisa pada Unggas

Bukan hal yang baru jika tanaman tomat dibudidayakan. Tidak hanya diladang atau pedesaan, kini bahan kita bisa menjumpai masyarakat kota yang menanam tomt di pekarangan rumahnya. Kali ini kami bukan hendak mengajarkan cara menanam tomat karena anda bisa membacanya di artikel kami sebelumnya seperti Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag. Anda tentu tahu bahwa salah satu kendala dalam budidaya tanaman tomat adalah serangan hama dan penyakit tanaman tomat. Sekarang kami akan mengulas cara mengatasi penyakit pada tanaman tomat.

Beberapa penyakit tanaman tomat yang paling sering adalah busuk daun, busuk buah, bulai dan layu fusarium. Meski demikian sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang lain hanya saja kasusnya tidak begitu hebat. Mari kita kenali dan kita bahas satu per satu penyakit tanaman tomat dan bagaimana cara mengatasi penyakit tanaman tomat tersebut. Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

1. Cara Mengatasi Penyakit Busuk Daun pada Tanaman Tomat

Pada budidaya tanaman  tomat, busuk daun merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kalangan petani karena mampu menurunkan produksi tanaman tomat secara drastis. Penyakit busuk daun pada tanaman tomat biasanya disebabkan oleh cendawan pathogen. Namun ternyata ada juga busuk daun tanaman tomat yang disebabkan oleh infeksi bakteri Xanthomonas vesicatoria hanya saja kasus ini lebih jarang terjadi.

Penyebab utama busuk daun tanaman tomat dan yang paling sering adalah karena infeksi cendawan Phytopthora Infestans. Cendawan ini akan menimbulkan bercak kecoklatan pada area daun lalu sekitarnya menjadi kuning dan akhirnya sebagian beasar atau bahkan seluruh daun menjadi busuk. Jika tak segera ditangani penyakit busuk daun dapat mematikan tanaman tomat.

Cara mengatasi busuk daun pada tanaman tomat ialah dengan menggunakan fungisida kontak berbahan aktif mancozeb yang disemprotkan 2-4 hari berturut-turut lalu disambung fungisida sistemik berbahan aktif metalaksil untuk pengobatan dari dalam. Agar tidak terjadi serangan terlalu parah maka sebelum terjadi serangan sebaiknya anda melakukan langkah pencegahan. Cara Menanam Ciplukan

Langkah pencegahan terbaik untuk busuk daun pada tanaman tomat adalah dengan menggunakan fungisida sistemik berbahan aktif metalaksil setiap 10 hari sekali dan menggunakan fungisida kontak mancozeb setiap 5 hari sekali.

2. Cara Mengatasi Penyakit Busuk Buah pada Tanaman Tomat

Penyakit busuk buah pada tanaman bisa disebabkan oleh 3 hama yakni serangga, jamur dan bakteri patogen. Mari kita ulas lebih lanjut satu per satu.

  • Serangga Patogen

Hama serangga penyebab busuk buah tomat yang paling utama adalah lalat buah. Sedang yang secara tak langsung ialah ulat yang memakan sebagian kulit dan daging buah. Lalat buah akan menyengat buah dan meninggalkan telurnya yang kemudian akan menetas menjadi larva dan memakan daging buah dari dalam.

Sponsors Link

Untuk mengatasi penyakit tanaman tomat karena serangga ini  tentu kita harus menggunakan insektisida sistemik maupun kontak. Jika anda sudah menemukan gejala serangan, anda harus segera melakukan penyemprotan insektisida kontak dan sistemik. Untuk kontak sebaiknya gunakan bahan aktif sipermetrin dan sistemiknya gunakan bahan aktif metomil.

  • Jamur Patogen

Hama jamur patogen penyebab busuk buah pada tomat adalah antraknosa. Cendawan ini memang menyerang banyak jenis tanaman buah. Gejalanya ialah terjadinya bercak (lesi) busuk berwarna coklat atau kehitaman dengan pola melingkar dan memiliki mata di tengahnya. Cara mengatasi serangan antraknosa pada tanaman  tomat ialah dengan menanam benih unggul yang toleran antraknosa serta menentukan tanggal tanam tomat agar panen buah tidak jatuh di musim penghujan.

Cara mengatasi penyakit tanaman tomat ini adalah jika anda menemui gejala serangan antraknosa pada tanaman tomat anda maka sebaiknya anda segera menyemprotkan fungisida berbahan aktif propineb selama 3 hari berturut-turut. Setelah itu semprotkan fungisida berbahan aktif azol.

  • Bakteri Patogen

Banyak sekali jenis bakteri yang menyebabkan busuk buah, namun pada buah tomat karena posisi buah menggantung maka serangan bakteri tidak akan begitu hebat. Hanya saja bakteri seperti Xanthomonas vesicatoria yang tadinya hanya menginfeksi daun dan batang, apabila ada bagian kulit buah yang terluka maka ini bisa menjadi jalan masuk utama bagi bakteri untuk menginfeksi buah tersebut dan membusukkannya. Hal ini biasanya merupakan tindak lanjut dari serangan ulat. Untuk mengatasi penyakit tanaman tomat ini anda bisa menggunakan bakterisida berbahan aktif streptomicin atau tembaga hidroksida.

Sponsors Link

3. Layu Fusarium

Untuk penyakit layu fusarium merupakan penyakit yang paling susah diatasi jika sudah terjadi serangan karena hingga saat ini belum ditemukan cara mengatasi penyakit tanaman tomat yang satu ini. Belum ada Fungisida kontak maupun sistemik yang efektif untuk mengatasi serangan layu fusarium yang sudah terjadi pada tanaman. Tanaman yang semula sehat akan nampak layu disiang hari dan sekitar 7 – 10 hari maka tanaman akan mati.

Pencegahan merupakan langkah paling efektif hingga saat ini yakni dengan menerapkan aplikasi trichoderma pada pupuk dasar bedengan serta melakukan pengkocoran trichoderma dengan rutin. Untuk lebih lengkapnya bisa anda baca pada artikel kami Cara Mengatasi Layu Fusarium pada Tanaman Cabe.

4. Bulai Daun (Gemini)

Bukan hanya tanaman cabe dan jagung saja yang mudah terserang bulai daun, namun tanaman tomat juga berpotensi terserang bulai daun. Gejalanya mirip sekali dengan bulai daun pada cabe. untuk mencegahnya sebaiknya anda menanam varietas tomat yang tahan virus gemini. Dan untuk mengobati tanaman yang sudah bulai maka gunakan bahan aktif hidroksibenzoat. Untuk lebih lengkapnya bisa anda baca pada artikel Cara Mengatasi Penyakit Bulai (Gemini) pada Cabe.

Demikianlah beberapa cara mengatasi penyakit pada tanaman tomat. Daftar diatas hanyalah tentang penyakit utama tanaman tomat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk mencegah kerugian akibat serangan penyakit pada tanaman tomat anda. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain seperti Cara Menanam Semangka Inul dan Cara Menanam Melon sistem Lesehan.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tanaman