Sponsors Link

Kenapa Daun Mint Layu? Inilah Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Tanaman mint merupakan tanaman yang yang termasuk ke dalam keluarga Lamiaceae. Tanaman ini bisa tumbuh di berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Amerika Utara.

ads

Daun mint merupakan daun herbal yang memiliki aroma sangat khas. Daun mint banyak digunakan untuk campuran bahan makanan dan minuman, teh, obat dan kosmetik, pasta gigi, dan lain sebagainya.

Aroma tanaman mint yang khas akan membuat aroma makanan lebih khas dan menyegarkan. Rasanya yang menyegarkan juga bisa digunakan sebagai campuran makanan penutup.

Anda tentu bisa mencoba untuk menanam tanaman mint sendiri. Cara menanam daun mint juga tidak sulit. Anda bisa menerapkan cara stek daun mint. Namun, sayangnya, meskipun Anda telah merasa bisa merawat tanaman mint dengan benar, daun mint yang Anda rawat menjadi layu. Untuk bisa mengetahui penyebab daun mint layu dan cara merawat dan mengatasinya, simak uraian berikut ini:

Penyebab Daun Mint Layu

Jika tanaman mint daunnya bisa layu, maka bisa jadi ada kesalahan perawatan yang Anda lakukan. Hal ini bisa jadi tidak terlalu berbeda dengan kenapa bunga matahari layu. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi saat daun mint Anda layu:

  • Tanaman menerima air yang terlalu banyak atau dibiarkan berada di tanah yang menggenang. Tanaman mint memang tidak cocok untuk mendapatkan terlalu banyak air, sehingga daunnya malah menjadi layu
  • Tanaman mint mendapatkan terlalu banyak sinar matahari. Sinar matahari memang penting bagi pertumbuhan tanaman, namun terlalu banyak sinar matahari bisa merusak tanaman. Taruh tanaman mint di tempat yang cukup teduh agar daunnya tidak layu
  • Tanaman tidak mendapatkan cukup nutrisi. Untuk bisa tumbuh dengan baik, tanaman mint perlu mendapatkan nutrisi yang diperlukan secukupnya.
    Pastikan tanaman menerima sinar matahari, air, dan pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Kenapa tanaman layu bila kekurangan air? Hal ini karena air mengandung berbagai zat yang diperlukan tanaman.

Cara Mengatasi Daun Mint yang Layu

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi daun mint yang layu:

  • Memindahkan tanaman mint ke pot yang baru. Hal ini dilakukan agar tanaman mint Anda bisa mendapatkan tanah yang baru. Dengan tanah yang baru, diharapkan tanaman bisa mendapatkan napas yang baru
  • Hindari memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari langsung. Taruh tanaman mint yang layu di tempat yang teduh sampai tanaman kembali tumbuh dengan segar
  • Tanaman mint memang membutuhkan pengairan yang baik, namun tanaman ini tidak cocok hidup di tanah dengan air yang tergenang. Hindari penyiraman yang berlebihan agar tanaman bisa kembali segar
  • Bersihkan semua hama yang ada. Gunakan bahan pestisida yang cocok atau Anda juga bisa menggunakan pestisida alami

     

Tips Merawat Daun Mint yang Layu

Jika daun mint Anda layu, maka Anda harus segera merawat tanaman tersebut dengan baik agar bisa tumbuh segar lagi dan menghasilkan daun mint yang segar.

Cara membuat tanaman layu menjadi segar kembali bisa Anda terapkan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat daun mint yang layu:

  • Tanaman mint memang secara umum lebih cocok tumbuh di daerah yang lembab. Taruh tanaman mint Anda di tempat yang cukup lembap dan teduh.
  • Tanaman mint juga memerlukan tanah yang subur dan gembur. Namun, sebaiknya jaga agar tanaman ini tidak mendapatkan terlalu banyak air. Tanaman mint tidak cocok untuk tumbuh di tempat dengan air yang tergenang.
  • Sebaiknya tanaman dengan daun mint yang layu dirawat di pot yang baru agar tanaman mendapatkan tanah yang baru. Jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman.

Demikian uraian mengenai kenapa daun mint layu. Semoga penjelasan tersebut bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah pada tanaman mint Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Daun