Sponsors Link

Cara Membuat Tanaman Layu Menjadi Segar Kembali

Sponsors Link

cara membuat tanaman layu menjadi segar kembaliSalah satu masalah utama ketika menanam tanaman adalah layu dan bahkan tanaman yang ditanam langsung mati.

ads

Hal tersebut tentulah masalah utama yang selalu dihadapi ketika kita berencana membudidayakan jenis tanaman tertentu.

Akan hal tersebut, ada baiknya bila anda melakukan sebuah proses perawatan secara konsisten karena ada beberapa faktor yang bisa membuat tanaman layu, bisa jadi kekurangan air, nutrisi , intensitas cahaya ataupun faktor lainnya Agar Bunga Durian Tidak Rontok.

Cara Membuat Tanaman Layu Menjadi Segar Kembali

Untuk menangani masalah tersebut, ada beberapa cara efektif yang bisa anda lakukan untuk membuat tanaman layu supaya menjadi segar kembali diantaranya adalah sebagai berikut :

Memberikan Pengairan Yang Cukup

Salah satu faktor utama yang sangat umum terjadi ketika tanaman layu adalah kurangnya kadar air yang ada dalam tanah. Tentu saja kadar air yang dibutuhkan oleh setiap tanaman berbeda diantara satu jenis tanaman dengan yang lainnya, akan tetapi bila sampai kadar air sangat kurang tentu saja bisa membuat tanaman kekeringan dan bisa mati.

Akan tetapi anda juga harus memperhatikan kadar air tidak terlalu berlebihan karena bisa membuat tanaman membusuk. Untuk mengatasi hal tersebut maka salah satu cara yang efektif adalah memperhatikan pengairan yang pas dengan menyiram tanaman secara konsisten, ketahui juga Tips Agar Bunga Hortensia Cepat Berbunga.

Adapun beberapa langkah penyiraman yang tepat pada tanaman secara umum adalah sebagai berikut:

  • Pastikan untuk menyiram tanaman pada sore hari dan juga pagi hari
  • Saat menyiram jangan sampai mengenai daun tanaman, hal ini bisa membuat daun rontok saat terkena sinar matahari.
  • Saat menyiram perhatikan media tanam nya supaya tampak basah, namun anda jangan sampai membuat tanaman digenangi air. Hal ini dikarenakan bila tanaman terlalu digenangi air maka tanaman tersebut akan cepat rusak.

Memberikan Intensitas Cahaya yang Tepat

Cahaya matahari tentu sangat berguna untuk tanaman dalam melakukan proses fotosintesis, maka dari itu memperhatikan intensitas cahaya ada tanaman perlu diperhatikan.

Bukan hanya itu saja, tanaman yang berada di dalam ruangan pun harus mendapatkan sinar sesekali supaya bisa tumbuh dengan baik seperti halnya Cara Merawat Bunga Jambu Kristal.

Meskipun demikian, bila tanaman mendapatkan cahaya matahari berlebih bisa membuat tanaman kering dan bahkan bisa membuat tanaman mati dan ketahui juga oleh anda Agar Bunga Petai Tidak Rontok.

Adapun beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memberikan intensitas cahaya yang sesuai pada jenis tanaman tertentu, adalah sebagai berikut:

  • Intensitas cahaya yang ideal pada tanaman sayuran dan juga buah-buahan sekitar 6 jam sinar matahari secara langsung
  • Untuk tanaman biasa anda bisa atur intensitas cahaya sekitar 3 sampai 4 jam untuk setiap hari.
  • Adapun untuk tanaman lain seperti kaktus, sukulen, pakis dan tanaman sejenisnya hanya perlu penyinaran sekitar 2 jam saja untuk setiap harinya

Menyesuaikan Dengan Suhu Sekitar

Setiap tanaman tertentu tentulah memiliki karakteristik yang berbeda maka dari itu anda harus juga memperhatikan cuaca dan juga lokasi tempat anda menanam tenaman.

Hal tersebut tentu saja bisa menyebabkan tanaman bisa layu jika anda tidak menempatkan tanaman pada suhu yang sesuai seperti membuat Bunga Belimbing jadi Buah dan Subur.

Pemilihan lokasi yang salah bahkan tidak cocok pada jenis tanaman tertentu, seperti halnya bila anda menanam sayuran di tempat yang panas. Hal tersebut tentu saja membuat sayuran tidak akan bisa tumbuh sempurna bahkan bisa mati dengan cepat.

Maka dari itu, bila anda mendapati tanaman anda layu setelah mencoba menanamnya berkali-kali, tentu saja mengindikasikan bahwa tempat yang anda tinggal tidak cocok ditanami oleh tanaman tertentu. 


Rajin Melakukan Perawatan Pada Tanaman

Salah satu cara yang bisa sangat membantu anda menghindari tanaman layu adalah dengan merawat area sekitar tanaman supaya tetap terjaga. Hal ini dilakukan karena bisa jadi nutrisi pada tanaman, terserap oleh ilalang sehingga menyebabkan tanaman layu.

Oleh karena itu ada baiknya anda memperhatikan perawatan pada tanaman secara konsisten seperti dengan Cara Agar Bunga Seruni Cepat Berbunga. Adapun beberapa langkah perawatan yang bisa anda terpakai pada berbagai jenis tanaman adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan kualitas tanah dari tanaman dengan memberikan berbagai jenis nutrisi organik untuk tanaman seperti dengan pemberian pupuk dari kotoran hewan dan juga kompos dari tanaman lain.
  • Melakukan pergantian tanaman setiap satu musim panen sekali, hal tersebut untuk menghindari adanya sarang hama yang tertinggal pada jenis tanaman.
  • Pastikan anda memerhatikan hal penting seperti dengan pemberian pupuk, memperhatikan intensitas cahaya matahari, dan juga melakukan penyiraman yang tepat
  • Pastikan juga anda selalu rajin dalam atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman.

Memperhatikan Proses Pemupukan

Adapun hal lain yang bisa membuat tanaman anda layu adalah pemberian pupuk yang tidak sesuai. Kejadian ini bisa terjadi bila suatu tanaman diberikan sebuah pupuk kimia dengan dosis yang terlampau tinggi.

Ada banyak pupuk yang baik bagi tanaman baik dengan menggunakan sisa kotoran hewan, bahan campuran dari nutrisi makro, pupuk hasil kompos dan pupuk alami lain bahkan bisa membuat Bunga Buah Naga Berbuah.

Pemberian pupuk tersebut bisa menanggulangi tanaman yang layu untuk kembali segar, karena semakin murni kandungan pupuk yang dugunakan maka bisa berdampak sangat baik bagi tanaman anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman