Sponsors Link

Letak Tanaman Bambu Air Menurut Feng Shui dan Cara Merawatnya

Sponsors Link

Tanaman bambu air atau horse’s tail merupakan salah satu tanaman yang bisa hidup di media yang tergenang oleh air. Jenis media tanam untuk bambu air memang bisa menggunakan air. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang sangat populer.

ads

Bentuknya juga lebih kecil apabila dibandingkan dengan tanaman bambu lainnya. Selain diameternya yang sangat kecil, panjang tanamannya juga lebih pendek. Batangnya memiliki warna hijau segar. Daun tanaman bambu air keluar di antara sendi-sendi tanaman yang terlihat seperti cincin coklat pada rongga batang bambu air

Konon katanya, selain indah untuk dijadikan tanaman hias, tanaman yang memiliki nama ilmiah Equisetum hyemale ini juga bisa membawa keberuntungan atau hoki. Tanaman ini dipercaya bisa melindungi rumah atau bangunan dari energi yang negatif serta dapat menarik energi kebahagiaan dan memberikan kemakmuran. Selain itu, bagi orang yang memandang bambu ini bisa mengurangi rasa kesepian dan menghilangkan stres. Cara menanam bunga bambu air juga tidak sulit.

Tanaman bambu air banyak digunakan dan ditanam di kolam dalam ruangan maupun di luar ruangan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai letak tanaman bambu air menurut feng shui dan cara merawatnya.

Letak Tanaman Bambu Air Menurut Feng Shui

Menurut feng shui, berikut adalah letak tanaman bambu air yang baik dan dapat memberikan lebih banyak keberuntungan bagi pemiliknya:

  • Tanaman bambu air bisa ditanam di wadah kecil untuk menguatkan feng shui di rumah. Jumlah tanaman bambu yang ditanam dalam satu wadah sebaiknya disesuaikan dengan unsur yang ingin Anda kuatkan. Misalnya, jika Anda ingin menguatkan unsur kebahagiaan, maka jumlah batang dalam satu wadah yaitu tiga batang.
    Jika Anda ingin menguatkan unsur kesehatan atau membantu penyembuhan salah satu anggota rumah, maka jumlah batang dalam satu wadah yaitu lima batang.
    Jika Anda ingin menguatkan unsur cinta dalam pernikahan dengan pasangan maka jumlah batang dalam satu wadah yaitu dua batang. Sedangkan jika Anda ingin mendapat lebih banyak keberuntungan, maka jumlah batang dalam satu wadah yaitu sembilan batang.
  • Tanaman bambu air sebaiknya dikombinasikan dengan lima elemen dari alam agar bisa lebih menguatkan nilai feng shui. Tanaman itu sendiri sudah mewakili unsur kayu. Anda bisa tambahkan batu sebagai elemen bumi, elemen air sebagai media tanam, pita merah untuk mewakili elemen api, dan menggunakan kaca, pot metal, atau menambahkan koin untuk elemen metal.
  • Tanaman bambu air yang berukuran kecil sangat baik jika diletakkan dalam sebuah pot kecil dan diletakkan dekat dengan jendela rumah.

     

Cara Merawat Tanaman Bambu Air

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara merawat tanaman bambu air yang benar. Akan berbeda dengan cara merawat bunga janda bolong. Ikuti cara merawat tanaman bambu air:

  • Siram tanaman bambu air setiap hari dan pastikan tanaman selalu tergenang air dan tidak berada dalam keadaan kering
  • Potong batang tanaman yang tidak sehat atau berwarna kuning/kecoklatan agar tidak menghambat tunas baru yang akan tumbuh
  • Jika ada tunas baru yang tumbuh, pisahkan lalu tanam di tempat lain yang terpisah
  • Beri tanaman pupuk secara berkala. Usahakan untuk selalu menggunakan pupuk alami seperti pupuk kompos. Perhatikan cara penggunaan pupuk bambu ijo
  • Pastikan tanaman bambu air mendapat sinar matahari yang cukup untuk proses fotosintesis
  • Batasi jumlah tanaman bambu per media tanam agar semua batang tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang
  • Bersihkan area sekitar tanaman bambu air dari hama dan tanaman pengganggu yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman Hias