Sponsors Link

Semua Manfaat Pupuk Urea untuk Pohon Karet yang Produktif dan Unggul

Pupuk adalah salah satu aspek yang wajib diperhatikan dalam melakukan budi daya tanaman. Terutama pada budi daya pohon karet yang produk utamanya adalah getah. Karet adalah salah satu tanaman yang cocok untuk usaha perkebunan di dataran rendah.

Untuk itu diperlukan pemupukan agar batang karet bisa tumbuh dengan optimal. Salah satu pupuk yang cocok untuk budi daya pohon karet adalah pupuk urea. Mengapa pupuk urea sangat penting untuk pertumbuhan tanaman? Hal ini karena pupuk urea memiliki banyak manfaat penting.

Bagi para pelaku budi daya tentu tidak asing dengan pupuk urea. Pupuk urea adalah jenis pupuk mengandung nitrogen tinggi di dalamnya. Kandungan nitrogen ini yang nantinya membantu memenuhi kebutuhan zat hara pohon karet. Lalu, apa saja manfaat pupuk urea untuk pohon karet?

Ragam Manfaat Pupuk Urea untuk Pohon Karet

1. Meningkatkan Produktivitas Karet

Karet adalah produk utama yang dihasilkan dari budi daya pohon karet. Manfaat pupuk urea untuk pohon karet adalah meningkatkan produktivitas karet, karena kandungan nitrogen dalam pupuk mampu mencukupi kebutuhan pohon akan zat hara. Jumlah hasil sadap karet pun menjadi meningkat secara kualitas dan kuantitas.

2. Mengoptimalkan Pertumbuhan Batang dan Cabang

Batang dan cabang sangat berpengaruh dengan produksi karet yang dihasilkan oleh pohon karet. Dengan menggunakan pupuk urea, batang dan cabang pohon karet akan tumbuh secara optimal, sehingga menghasilkan karet yang berkualitas pula.

3. Membuat Daun Hijau Mengkilat

Manfaat pupuk urea untuk pohon karet berikutnya adalah membuat daun menjadi hijau mengkilat. Unsur hara yang cukup, akan membuat pembentukan klorofil berjalan maksimal. Sehingga, daun berwarna hijau mengkilat. Hal ini juga menguntungkan pada proses fotosintesis.

4. Kuat terhadap Serangan Hama

Melakukan pemupukan pada pohon karet menggunakan pupuk urea dapat menguatkan pohon terhadap serangan hama. Hal ini karena nutrisi yang cukup membuat pohon tumbuh dengan kuat, seingga mampu mengatasi serangan hama secara optimal.

Dosis dan Cara Aplikasi Pupuk Urea pada Pohon Karet

Manfaat pupuk urea untuk pohon karet akan maksimal apabila dosis da cara aplikasi pupuk dilakukan secara tepat. Untuk dosis, sebaiknya dilakukan sesuai dengan umur tanaman. Berikut adalah dosis pemupukan pohon karet menggunakan pupuk urea.

  • Umur 6-15 tahun, pupuk 350 gram/pohon/tahun
  • Umur 16-25 tahun, pupuk 300 gram/pohon/tahun
  • Umur >25 tahun, pupuk 200 gram/pohon/ tahun

Untuk melakukan pemupukan pada pohon karet, dapat dilakukan 1-2 kali per tahun untuk hasil yang optimal.

Cara mengaplikasikan pupuk pada pohon karet pun beragam. Salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan membuat parit di sekeliling pohon. Parit yang dibuat berjarak 100-125 cm dari pusat pohon. Pupuk urea dapat diaplikasikan pada parit, kemudian parit ditutup kembali menggunakan tanah.

Cara Merawat Pohon Karet agar Produktif

Untuk menghasilkan produktifitas yang tinggi, maka perlu dilakukan perawatan yang tepat pada budi daya pohon karet. Beberapa cara merawat pohon karet agar dapat menghasilkan getah karet dengan kualitas dan kuantitas tinggi, antara lain:

Demikianlah ulasan mengenai manfaat pupuk urea untuk pohon karet sekaligus beberapa informasi mengenai budi daya pohon karet. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk budi daya pohon karet yang lebih produktif.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik