Sponsors Link

Manfaat Pupuk Urea Untuk Tanaman Bunga Agar Hasil Maksimal

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat rumah kita nyaman untuk ditinggali. Selain mendesign rumah sesuai keinginan, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menanam bunga.

Menanam bunga bisa Anda lakukan di pekarangan atau bisa juga di pot dan diletakan di tempat yang Anda inginkan. Rumah dengan tanaman bunga tidak hanya akan menciptakan suasana asri, namun juga menciptakan sentuhan keindahan tersendiri bagi rumah Anda.
Ini juga tentang Manfaat Pupuk Urea Untuk Kelapa Sawit Agar Subur

Agar tumbuh dan tampilan bunga maksimal, diperlukan perawatan yang maksimal. Bunga yang dirawat dengan baik dan benar, akan tumbuh dengan kecantikan terbaiknya.

Salah satu perawatan yang diperlukan adalah memberikan nutrisi tambahan kepada tanaman bunga. Nutrisi ini bisa didapatkan dari proses pemupukan. Baik menggunakan pupuk organik maupun anorganik.
Ini juga tentang Ragam Manfaat Pupuk NPK untuk Pohon Mangga Berkualitas

Manfaat Pupuk Urea Untuk Bunga

Nutrisi yang dibutuhkan tanaman berupa Nitorgen, kalium, dan phosphor. Pada tulisan kali ini kami akan membahas Nitrogen. Nitrogen dibutuhkan oleh tanaman dalam proses pertumbuhan Vegentatif, seperti daun, akar, dan batang.
Ini juga tentang Ragam Manfaat Pupuk NPK untuk Pohon Mangga Berkualitas

Pupuk yang biasa digunakan untuk menambahkan unsur Nitrogen adalah Pupuk Urea. Berikut ini manfaat unsur Nitrogen bagi tanaman bunga :

  1. Nitrogen penting tanaman karena menjadi unsur hara makro tanaman. Dimana jumlah yang dibutuhkan paling banyak untuk pertumbuhan tanaman. Paling tidak dari berat seluruh tanaman, 1-5 persenya adalah Unsur Nitrogen.
  2. Dengan unsur Nitrogen dari pupuk urea, pertumbuhan daun, akar, dan batang tanaman akan lebih maksimal. Tanaman bunga akan cepat besar, banyak cabang, dan berdaun lebat.
  3. Selain tumbuh lebih cepat, tanaman juga memiliki batang dan cabang lebih kokoh.
  4. Unsur Nitrogen juga dibutuhkan tanaman dalam proses pembentukan klorofil (zat hijau daun). Daun yang mempunyai klorofil cukup, akan terlihat lebih hijau, dan sebaliknya.
    Ini juga tentang Manfaat Pupuk Mutiara Untuk Bunga Serta Cara Perawatannya

Cara Pemupukan Tanaman Bunga

Penggunaan Pupuk Urea dapat dilakukan ketika menyiapkan tempat penanaman. Anda bisa mencampurkan tanah, pupuk kompos/kandang, dan pupuk Urea. Pupuk Urea 30 persen dari pupuk kompos.

Penambahan Pupuk Urea berikutnya bisa dilanjutkan setelah masa tanaman. Berikut takaran dan waktu pemupukan setelah masa tanam :

  • Ketika tanaman sudah memasuki usia 20 hari, takaranya mencapai 40 persen dari pupuk organik.
  • usia 30 hari tambahkan dengan unsur lain seperti kalium dan Phospore. ketiga unsur tersebut bisa didapatkan di pupuk Urea, SP-36, dan KCL. Ketiga pupuk tersebut dicampurkan dengan perbandingan 10 : 15 : 09 .

Agar tanaman bunga dapat tumbuh maksimal bisa ditambahkan dengan pupuk organik cair. Pupuk organik cair bisa Anda dapatkan dari bekas cucian beras, cucian bekas sayur, dan sebagainya.

Silahkan campurkan pupuk organik cair ini dengan air biasanya dengan berbandingan 1 untuk pupuk dan 5 untuk air.

Anda gunakan 200-300 ml setiap tanaman. Penyiraman dengan pupuk ini bisa Anda lakukan satu kali dalam 10 hari. Sedangkan untuk penyiraman air biasa, jangan sering dilakukan. karena bisa membuat akar tanaman membusuk. Idelanya penyiraman dilakukan satu kali dalam 2-3 hari.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat tanaman bunga Anda. Tanaman bunga yang dirawat dengan benar, akan menjadi sangat indah. Tidak hanya membuat Anda puas, namun juga membuat rumah Anda semakin nyaman dan indah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga