Sponsors Link

Mengapa Tanaman Cabe Banyak Semutnya? Ini Cara Mengatasinya!

Sponsors Link

Mengapa tanaman cabe banyak semutnya? tentu pertanyaan ini pernah terpikirkan oleh kita sebagai para pembudidaya tanaman cabe ini. Namun semut itu tidak mengangu tumbuhan cabe.

ads

Akan tetapi hal ini hanya mengangu pandangan kita saja. Nah lalu mengapa tanaman cabe banyak semutnya tentu ada penyebabnya seperti cara membasmi hama semut pada pohon mangga. Ini lah beberapa penyebab mengapa tanaman cabe banyak semutnya:

  1. Karena populasi

Jika populasi semut meningkat maka akan banyak pula semut yang ada di tumbuhan cabe. Jika populasi meurun maka semut juga akan berkurang. Namun anda dapat menyemprotkan obat anti semut disekitar batang cabe ataupun tempat yang sering dilalui oleh semut. Maka semut akan menghilang.

  1. Sisa kotoran hama lain

Hama pengangu lainnya biasanya akan meningalkan kotoran aau sisa makanannya maka semut tertarik kepada sisa serta kotoran manis yang ditingalkan oleh hama lain itu seperti kenapa bunga belimbing rontok.

Jadi jika semut mengerumuni pohon cabe maka itu tandanya sebelum semut ada hama lain yang pernah menyerang tumbuhan cabe ini. Namun anda dapat membilas daun tanaman dengan cairan insektisida. Dan juga bisa menganti pot tumbuhan cabe ini.

  1. Kondisi cuaca

Jika kondisi cuaca yang sedang dilalui pada saat itu mendukung proses perkembang biakan semut maka tentu saja semut akn semakin bayak dan mengerumuni tumbuhan cabe ini seperti cara merawat pohon sengon.

  1. Rumah

Semut akan mencari tempat untuk berkembang biak serta mengolah makanannya. Nah salah satu tempat tinggal favkrit semut ialah di tumbuhan cabe maka tidak heran jika tumbuhan cabe dikerumuni oleg segerombolan semut seperti cara membasmi hama semut pada pohon mangga.

Cara Mengatasi

Namun setelah mengetahui peyebabnya tentu kita gelisah dan ingin menyingkirkan semut dari tumbuhan kita nah untuk hal ini anda dapat melakukan beberapa metode seperti berikut: 

Sponsors Link

  • Memakai insektisida serta umpan

Gunakan jenis insektisida yang memiliki kandungan permethrin dan juga tanah didalamnya.  Guna permethrin ialah mematikan ataupun melumpuhkan sistem syaraf otak semut sehingga semut akan mati. Permethrin ini biasanya dijual ditoko tumbuhan dalam bentuk cairan pekat, debu, bubuk, bahkan berbentuk aerosol.

Dan jika anda ingin mengunakannya maka gunakan lah sesuai prosedur hal ini dikarenakan permethrin ini tidak hanya membahayakan semut akan tetapi hal ini juga membahayakan manusia. Dan jika anda menggunakan permethrin secara salah maka akan menimbulkan resiko yang besar. Namun jika anda terlanjur salah memakai permathrin silahkan konfirmasi kepada dokter yang terpercaya.

Atau anda juga bisa memberi semut umpan gula, minyak, serta protein karena semut menyukai hal-hal ini namun jangan sampai lupa untuk memberi insektisida aksi-lambat kedalam umpat tersebut guna memusnahkan semut secara masal atau berkoloni seperti cara membasmi hama semut pada pohon cabe.

Karena sifat kerjasama semut yang akan membawa makakanan ke tempat koloni mereka sehingga racun akan tersebar kedalam koloni semut dan mengakibatkan berkurangnya jumlah semut secara perlahan. Anda dapat meletakan umpan disekitar batang, dan dun tanaman cabe anda bahkan anda dapat meletakkanya kedalam pot tanaman cabe anda yang diserang oleh semut.

Namun sebelum melakukan hal-hal ini anda perlu tahu jika anda memiliki hewan peliharaan ataupun anak maka anda harus membeli umpan yang aman untuk mereka walaupun membasmi semut dengan umpan ini merupakan Metode paling aman. Akan tetapi anda juga musti berhati-hati setidaknya anda membeli umpan yang mengandung bahan aktif seperti: hydramethylnon, asam borat, fipronil, ataupun avermectin hal ini dapat anda lihat dikemasannya.  

Sponsors Link

Lalu jangan mengunaan umpan yang mengandung cyfluthrin, ataupun permethrin. karena insektisida aksi-ceat ini akan membunuh semut sebelum sampai kekoloninya. Untuk lebih lengkapnya tutupi tanah dengan lapisan diatom. Diatom adalah insektisida yang berbahan mineral organik.

Lalu taburi  zat ini disekitar pangkal dan juga sekeliling pot dan tanaman maka semut akan mati kira-kira sekitar 30 menit kemudian. Terakhir campurkan 2 cangkir air dengan 1 sendok makan sabun pepermin. lalu semprotkan cairan ini ke daun tanaman. Usahakan menyemprotkannya memakai spray.

  • Air

Anda juga dapat mencelupkan pot anda kedalam air dengan cara: Biarkan tanah serta pot tanaman cabe yang penuh dengan semut ini kedalam larutan yang akan memusnahkan semut jika semut melakukan kontak langsung dengan air yang sudah diberi insektisida. Cara membuat larutan:

  • Siapkan ember yang bersih
  • Masukkan 4 liter air ke dalam emberTambahkan dua atau tiga kali lipat jumlah airnya jika pot Anda besar
  • Tambahkan 1 cangkir sabun insektisida atau detergen/sabun cuci piring ke dalam 4 liter air dan lalu aduk hingga merata. Detergen dan sabun cuci piring merupakan alternatif yang lebih ringan dan lebih murah, namun kurang efektif jika dibandingkan dengan sabun insektisida. Beberapa merek sabun cuci piring dan detergen di antaranya: Sunlight, Mama Lemon, Rinso, So Klin, dan Surf

Rendamlah pot kedalam larutan yang sudah dibuat sehingga tanah serta pot tumbuhan cabe yag dikerumuni semut terenam maka semut aka dengan mudahnya musnah. Setelah seut musnah bilas kembali pot rendaman tadi agar menghilangkan insektisida lalu biarkan potnya mengering dan letakan ditempat yang cerah kembali.

Nah itu lah beberapa penyebab kenapa tanaman cabe banyak semutnya yang dapat saya ulas kali ini beserta cara-cara mecegah dan juga memusnahkan semut di tanaman cabe yang dapat anda terapkan dirumah. Lalu jika anda memilih memakai insektisida maka pakailah insektisida yang tidak berbahaya bagi manusia serta gunakan sesuai yang tertulis diprosedur pemakaian yang biasanya telah disediakan dikemasan.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trik