Sponsors Link

Tanaman yang Cocok Ditanam di Ketinggian 1000 MDPL dan Perawatannya

Sponsors Link

Tanaman Yang Cocok Di Ketinggian 1000 Mdpl, yuk mari mengenal jenis tumbuhan yang ternyata cocok di tanam hanya di daerah dataran tinggi.

ads

Tahukah anda bahwa memang ketinggian tempat sangat berpengaruh kepada jenis tanaman apa saja yang dapat dibudidayakan. Sebab jika ditanam pada ketinggian yang tidak sesuai maka tentu tidak akan menghasilkan produktivitas yang tinggi.

 Ketinggian tempat 1000 Mdpl termasuk kategori wilyah yang berada di daerah dataran tinggi, dimana selain memiliki curah hujan yang tinggi juga memiliki suhu yang rendah dan relatif berhawa dingin. Untuk jenis tanaman seperti kelapa sawit dan karet tentu tidaklah cocok jika ditanam pada wilayah tersebut.

Nah, agar anda dapat mendapatkan penjelasan yang jelas dan ringkas, maka berikut penulis telah merangkum setidaknya 5 jenis Tanaman Yang Cocok Di Ketinggian 1000 Mdpl, selengkapnya.

Tanaman Teh

Tanaman yang Cocok di Ketinggian 1000 MDPLTanaman teh menjadi jenis tanaman pertama yang sangat cocok di tanam pada ketinggian 1000 mdpl.

Anda dapat menyaksikannya dengan mudah di sekitar daerah puncak yang memang termasuk kedalam daerah wilayah dataran tinggi.

Memiliki nama latin Camelia sinesis merupakan tanaman yang diambil bagian pucuknya dan dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat minuman the sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Tanaman teh memiliki nilai ekonomi dan komersil yang tinggi seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan konsumsi teh, serta selai itu juga teh sangat bermanfaat dalam bidang kecantikan dan diklaim dapat mengahambat penuaan. Tanaman ini dapat di budidayakan hingga ketinggian 1500 mdpl dan bahkan kualitasnya dianggap merupakan kualitas terbaik.

Ketinggian tempat yang cocok akan membuat tanaman teh menjadi tumbuh lebih lambat sehingga rasnya akan menjadi semakin baik.

Tanaman teh yang di budidayakan dipelihara secara intensif dengan cara dilakukan pemangkasan setiap waktu untuk kemudian bagian pucuk atau daun mudanya yang nantinya akan dipanen dan dipetik serta diolah menjadi bahan utama pembuatan minuman teh.

Tanaman Kina

Tanaman Yang Cocok Di Ketinggian 1000 MdplTanaman kina merupakan jenis tanaman yang sangat bermanfaat karena dapat menghasilkan zat alkaloid sebagai senyawa antipiretik yang berguna dalam pengobatan penyakit malaria.

Kina merupakan jenis tanaman pohon dalam genus Chinchona sp. Dimana tanaman ini berasal dari daerah pegunungan Andes. Secara umum tanaman ini dapat tumbuh pada wilayah dengan ketinggian 1050 sampai dengan 1500 mdpl.

Di Indonesia sendiri tanaman kina sudah banyak dikenal dan telah di budidayakan oleh banyak petani kita, dimana persebaran dan lokasi budidayanya berada pada rentang wilayah dengan ketinggian 800 sampai dengan 2000 mdpl. Ketinggian optimum untuk lokasi budidaya tanaman kina adalah 1400 sampai 1700 mdpl.

Meskipun Indonesia menjadi daerah potensial untuk budidaya kina, namun faktanya produksi dan jumlah luas perkebunan kina menurun secara signifikan sejak tahun 2009. Sebagai wilayah dataran tinggi Kabupaten Bandung Barat merupakan daerah potensial dalam upaya perluasan dan pengembangan sentra produksi kina.

Tanaman Kopi

Tanaman yang Cocok di Ketinggian 1000 MDPLKopi menjadi salah satu komoditas unggulan yang menjadi kebanggaan bagi Negara kita. Hampir 30% kebutuhan kopi dunia berasal dari kopi Indonesia.

Salah satu daerah penghasil kopi terbaik adalah wilayah Lampung Barat yang merupakan daerah dengan ketinggian tempat bervariatif antara 800-1500 mdpl. Dimana wilayah ini merupakan lokasi yang ideal untuk budidaya tanaman kopi.

Biji kopi merupakan bahan dasar dan bahan utama dalam pembuatan minuman kopi yang merupakan minuman yang digemari oleh hampir seluruh kalangan masyarakat dunia.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kefein pada kopi yang bersifat menenangkan serta juga akan dapat membantu anda lebih tahan melek dan mampu begadang sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Tanaman Cokelat atau Kakao

Tanaman yang Cocok di Ketinggian 1000 MDPLTanaman cokelat atau kakao menjadi jenis tanaman perkebunan yang merupakan komoditas unggulan.

Tanaman ini berasal dari Amerika selatan, namun saat ini hampir disemua wilayah terutama dataran tinggi yang memang merupakan habitat alami untuk membudidayakan tanaman kakao agar dapat tumbuh baik dan menghasilkan produktivitas tinggi.

Indonesia menjadi salah satu Negara yang mampu menghasilkan buah kakao dan bahkan termasuk kedalam 3 negara penghasil kakao terbesar di dunia. Hal inilah yang menjadikan keberadaan kakao memiliki nilai ekonomi bagi Indonesia.

Kakao merupakan bahan utama penghasil cokelat yang menjadi makanan favorit banyak orang saat ini seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Tanaman Sayuran

Tanaman yang Cocok di Ketinggian 1000 MDPLSatu lagi jenis tanaman yang cocok di tanam di dataran tinggi yakni jenis tanaman sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang dapat dan cocok di budidayakan di dataran tinggi seperti wortel, tomat, cabe, kubis dan berbagai jenis sayuran hijau dan juga kacang kacangan.

Meskipun kini beberapa jenis tanaman dapat ditanam di dataran rendah namun kualitasnya tidaklah sebaik jika di tanam di dataran tinggi.

Hal inilah yang menyebabkan sentra penghasil sayuran rata rata merupakan daerah dataran tinggi seperti wilayah Lembang dan Pengalengan bandung menjadi sentra penghasil sayuran berkualitas terbaik.

Dengan ketinggian tempat antara 800-1500 mdpl menjadi wilayah yang cocok di tanami dan di budidayakan tanaman sayuran.

Itulah tadi, 5 jenis Tanaman Yang Cocok Di Ketinggian 1000 Mdpl, semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman