Sponsors Link

7 Tips Agar Bunga Sedap Malam Subur dan Tetap Segar

Sponsors Link

Bunga sedap malam banyak diminati sebagai bunga potong. Bunga ini tidak hanya memiliki bentuk yang indah, tetapi harum bunganya sangat khas. Harum bunga sedap malam digambarkan sebagai sesuatu yang kompleks, eksotis, manis, dank has bunga. Anda mungkin penasaran bagaimana tips agar bunga sedap malam awet, sehingga Anda dapat menikmati keindahan bunga ini lebih lama.

ads

Asal usul bunga sedap malam

Sedap malam merupakan tumbuhan hijau abadi dari suku Asmat. Minyak dari bunga ini sering digunakan untuk pembuatan parfum. Bunga ini akan mekar pada malam hari. Tanaman sedap malam diperkirakan berasal dari Meksiko. Bangsa Astek menyebutnya dengan nama omixochitl atau bunga tulang.

Bunga ini memiliki nama-nama yang berbeda di setiap negara. India bagian timur menyebut bunga ini sebagai ratu malam atau ratkirani. Negara Singapura menamakan bunga ini xinxiao atau tempat ngengat hidup. Sedangka di Persia, bunga sedap malam disebut Maryam, yang merupakan nama umum bagi anak perempuan.

Morfologi Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam tumbuh merumpun dan memiliki tinggi 0,5 – 1,5 meter. Umbi bunga sedap malam digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif. Daun bunga ini berbentuk panjang pipih. pada permukaan bagian atas berwarna hijau mengkilat, sedagkan bagian permukaan bawah daun berwarna hijau muda. Daunnya dapat berukuran sepanjang 60 cm.

Tangkai bunganya muncul di ujung tanaman dan berbentuk memanjang dan beruas-ruas. Pada setiap ruas muncul daun bunga yang bentuknya pipih memanjang. Ukuran daunnya lebih kecil dari daun biasa. Mahkota bunganya berwarna putih dan sedikit kemerahan di bagian ujungnya. Sebanyak 5 – 12 kuntum bunga melekat pada tangkai bunga (atau lebih terkadang).

Bunga sedap malam tidak mekar secara serempak melainkan berurutan. Kuntum bunga sedap malam bagian bawah mekar terlebih dahulu yang kemudian diikuti oleh kuntum – kuntum diatasnya secara berurutan.

Tips agar bunga sedap malam awet

Harum bunga sedap malam dapat bertahan selama 5 – 10 hari setelah dipotong. Namun, Anda perlu mengetahui tips agar bunga sedap malam awet. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya adalah:

  1. Mengganti air secara teratur setiap hari

Air yang bersih membuat bunga sedap malam awet wanginya. Anda perlu memotong tangkai bunga sedap malam agar air mudah diserap. Jika tangkai membusuk, maka air tidak akan naik sampai ke atas. Hal tersebut menyebabkan bunga layu dan tidak wangi lagi. Anda perlu mengecek bagian bawah batang, jika terlihat tanda pembusukan maka potong bagian yang busuk tersebut sekitar 1 cm.

  1. Memilih bunga yang masih kuncup

Anda lebih baik memilih bunga sedap malam yang masih kuncup jika ingin bunga sedap malam awet. Selain itu, bunga yang baik memiliki batang bersih dan berdiri tegak, daun yang sehat, serta bebas dari serangga dan penyakit.

  1. Membersihkan bunga sebelum diletakkan dalam vas

Bersihkan bagian bunga, batang, dan daun yang layu sebelum diletakkan dalam vas. Selain itu, bersihkan lendir yang menempel pada daun bunga. 


  1. Potong batang bunga secara diagonal

Potong batang bunga sedap malam secara diagonal. Potong batang tersebut menggunakan gunting tanaman atau pisau tajam. Hal ini bertujuan untuk menghindari rusaknya jaringan batang bunga. Apabila batang rusak, air tidak dapat menyerap dengan baik dan bunga cepat busuk.

  1. Perhatikan wadah dan media yang digunakan

Tempatkan bunga dalam wadah yang bersih dan bebas bakteri. Wadah yang tidak bersih dapat menyumbat sirkulasi nutrisi dan air. Jambangan perlu dibersihkan secara rutin dengan larutan ringan Clorox sebelum atau setelah digunakan. Anda dapat memasukkan dua tetes pemutih untuk satu liter air untuk mengurang pertumbuhan bakteri. Selain itu, arang dapat digunakan untuk membantu memurnikan air.

  1. Perhatikan suhu air yang digunakan

Air hangat membantu kuntum bunga agar cepat mekar. Sedangkan air bersuhu dingin memperlambat perkembangan sehingga membuat rangkaian bunga sedap malam bertahan lebih lama. Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa air yang terlalu panas ataupun yang terlalu dingin dapat menyebabkan kerusakan bunga sedap malam. 


  1. Penempatan bunga

Hindari meletakkan bunga sedap malam pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Apabila Anda meletakkan rangkaian bunga sedap malam di ruang yang berpendingin udara, maka Anda perlu meletakkan bunga tersebut di tempat terbuka untuk beberapa saat secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesegaran bunga.

Pendingin udara atau air conditioner dapat membuat bunga lebih cepat kering. Letakkan bunga di tempat yang berentilasi baik serta jauhkan dari asap rokok atau polusi, karena dapat menjadikan bunga sedap malam tidak awet.

Inilah tips agar bunga sedap malam awet. Anda dapat menerapkan cara merawat bunga yang sudah dipotong agar tetap awet pada rangkaian bunga sedap malam yang Anda miliki.

Selain, bunga sedap malam Anda dapat menggunakan bunga mawar untuk hiasan di ruangan Anda. Namun, jika Anda ingin mengetahui cara merawat bunga mawar yang sudah dirangkai, cara merawat bunga mawar potong yang sudah layu,cara merawat bunga mawar 1 tangkai, dan cara merawat bunga mawar pemberian pacar.  Anda dapat membaca informasinya di website ini.

Sponsors Link
, , ,