Sponsors Link

Pupuk Borax? Ketahui Cara Aplikasi Pupuk Borax Pada Sawit

Sponsors Link

Borax adalah istilah yang banyak didengar di TV, namun kebanyakan pemanfaattan borax disalahgunakan oleh beberapa oknum dan salah satu pemanfaattan borax yang dapat berakibat buruk adalah untuk campuran makanan agar bisa tahan lama atau bahan pengawet makanan. Tentu penggunaan borax untuk makanan sangatlah merugikan bagi konsumen, karena bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh.

ads

Borax juga dapat bermanfaat bagus bagi tanaman, karena borax bisa digunakan sebagai pupuk untuk lahan pertanian sawit. Pupuk Borax adalah pupuk yang berguna untuk memberantas berbagai jenis gulma yang menyerang sawit.

Minyak sawit adalah salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar minyak dan ada beberapa jenis minyak yang dihasilkan seperti minyak untuk memasak, minyak untuk bahan industri dan bisa menghasilkan bahan bakar biodiesel. Pentingnya tanaman sawit membuat pihak pemerintah melakukan berbagai langkah untuk memperluas area tanam tanaman ini dan banyak hutan yang dialihfungsikan menjadi lahan tanam minyak sawit.

Berdasarkan hasil penelitian di bidang pertanian, ternyata borax memiliki banyak sekali kegunaan dan adanya boron atau kandungan hara yang sangat dibutuhkan tumbuhan menjadikan borax sangat berguna bagi pertumbuhan kelapa sawit.

Pohon kelapa sawit sangat membutuhkan boron dalam jumlah yang banyak dan pertumbuhan kelapa sawit akan cepat membesar dengan bantuan pupuk borax. Borax juga dapat digunakan untuk menjauhkan tanaman kelapa sawit dari serangan berbagai macam gulma, karena disekitar tanaman gulma selalu banyak sekali tumbuh tanaman liar yang bisa mengancam tanaman sawit.

Cara Aplikasi Pupuk Borax Pada Sawit

cara aplikasi pupuk borax pada sawit sangatlah mudah, karena cukup dengan mencampurkan 1/4 gelas boraks dengan 1 galon air bersih dan aduk secara merata. Setelah selesai diaduk gunakanlah pupuk ini pada tanaman gulma bisa dengan cara disebarkan dengan gayung atau menggunakan semprotan, tapi sebaiknya gunakanlah semprotan supaya penyebarannya lebih merata.

Gunakanlah pupuk ini dengan porsi yang tidak terlalu banyak, karena sesuatu yang berlebihan akan sangat membahayakan bagi tanaman.

Cara menggunakan pupuk borax pada sawit memang banyak caranya dan banyak tekniknya, namun teknik mencampurkan dengan air menjadi teknik yang paling mudah dilakukan.

Banyak petani kelapa sawit yang menggunakan cara ini, karena dinilai sangat simpel dan sangat mudah untuk dipahami. Ada banyak petani yang belum paham mengenai manfaat borax secara keseluruhan bagi tanaman sawit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat borax bagi tanaman sawit:

1. Meningkatkan pertumbuhan

Penggunaan pupuk kimia dapat merusak ekosistem yang ada di sekitar tanaman sawit dan salah satu ekosistem yang akan mati dengan penggunaan borax adalah gulma, karena gulma harus diberantas untuk tidak menghambat pertumbuhan tanaman sawit.

Borax memang dapat membantu pertumbuhan tanaman sawit dan dapat mempercepat tanaman sawit agar cepat panen. Semakin cepat panen tentu semakin menguntungkan bagi para petani sawit.

2. Maksimalkan mikroorganisme

Dengan menggunakan pupuk kimia bermanfaat tapi membahayakan tanah, hal ini seringkali diperdebatkan oleh para petani di daerah dan borax memang memiliki manfaat untuk memaksimalkan organisme yang ada, namun penggunaan borax juga memiliki efek samping yang negatif tanah. Solusi terbaik adalah dengan gunakan saja borax pada tanaman sawit, karena lebih banyak manfaatnya dari pada efek negatifnya.


3. Jaga kondisi tanah

Ada banyak sekali bahan atau media yang bisa digunakan oleh para petani untuk membantu pertumbuhan tanaman seperti mengunakan cara membuat pupuk abu janjang yang banyak digunakan di daerah-daerah.

Dengan borax juga kondisi tanah bisa terjaga dan borax juga dapat menghindarkan sawit dari berbagai jenis kontaminasi yang bisa saja terjadi. Sejak dulu kontaminasi terhadap tanah memang seringkali terjadi dan sangat sulit untuk mencari solusinya. Dengan adanya borax kontaminasi terhadap tanah bisa sedikit dihindari dan dijauhkan.

Kini banyak sekali tutorial cara membuat pupuk npk sendiri dan berbagai pupuk lainnya di youtube, hal ini sangat memudahkan para petani untuk memperoleh berbagai informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan dunia pertanian. Namun belum semua petani melek akan teknologi, karena kebanyakan petani adalah orang yang sudah berusia tua. Kini jarang sekali para petani yang berasal dari kaum muda, karena banyak anak yang merasa gengsi untuk jadi petani.

Pemerintah melalui para penyuluh terus melakukan hubungan dengan para petani dengan terus memperkenalkan para petani dengan berbagai teknologi yang berkaitan dengan pertanian. Kini banyak juga peralatan pertanian yang menggunakan aspek teknologi didalamnya seperti traktor, mesin potong padi, mesin panen padi dan berbagai peralatan lainnya yang sangat berhubungan dengan teknologi.

Berdasarkan berbagai penelitian oleh badan pertanian resmi ternyata borax tak hanya berguna bagi pertanian, tapi dapat juga berguna untuk berbagai industri lainnya. Borax banyak diaplikasikan sebagai produk pembersih lantai, pembuatan kertas, pembuatan cat, pembuatan baja, pembuatan kaca dan pembuatan keramik.

Sekian informasi mengenai Cara Aplikasi Pupuk Borax Pada Sawit dan semoga artikelnya dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik, Tumbuhan