Sponsors Link

Cara Budidaya Ikan Nila Monosex – Proses Pembenihan Sampai Panen

Cara Budidaya Ikan Nila Monosex kan menjadi topik dalam pembahasan kali ini. Ikan nila sudah sangat popular dan cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu jenis ikan konsumsi.

Memiliki tekstur daging yang enak dan gurih menjadi daya tarik tersendiri dari ikan ini, ikan nila masih satu family dengan ikan mujair dan dikenal sebagai ikan yang mudah berkembang biak dan juga memiliki daya adaptasi yang tinggi.

Sehingga relatif tidak sulit untuk membudidayakan ikan yang satu ini. Di habitat alaminya ikan ini sangat mudah ditemukan, mulai dari di daerah sungai, rawa hingga lokasi areal persawahan. Ikan ini khususnya yang berukuran besar juga dapat bersifat kanibal jika dicampurkan dengan ikan jenis lain bahkan juga memiliki kecenderungan untuk memakan anaknya sendiri.

Nah, nilai ekonomis dari ikan nila juga cukup tinggi dibarengi dengan permintaan pasar yang selalu stabil dan harga yang relstif sangat ekonomis terutama untuk dijangkau masyarakat kelas menengah kebawah, oleh sebab itu pilihan untuk membudidayakan ikan ini tentu kan sangat menguntungkan, yuk langsung saja disimak Cara budidaya ikan nila monosex hingga panen.

Apa itu Ikan Nila Monosex

Ikan nila monosex adalah ikan nila yang dihasilkan oleh indukan yang telah direkayasa genetiknya untuk menghasilkan hanya telur ikan jantan saja. Pada prinsipnya ikan nila jantan relatif memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan ikan nila betina. Sehingga ikan nila monosex tentunya akan lebih cepat dipanen dan dalam waktu singkat para pembudidaya akan bisa mendapatkan keuntungan

Jenis ikan nila monosex ini merupakan hasil temuan dari mahasiswa IPB yang saat itu menciptakan ikan betina yang hanya akan menelurkan ikan jantan saja atau bagi pemula bisa coba cara budidaya ikan bethok bagi pemula.

Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan produksi ikan nila yang tidak hanya diminati didalam tapi juga diluar negeri, Keunggulannya dibandingkan dengan ikan nila pada umumnya adalah bahwa tingkat pertumbuhannya relatif lebih cepat sehingga pemeliharaan dan budidaya akan berlangsung dengan cepat dan singkat.

Bagaimana Budidaya Ikan Nila Monosex

Seperti budidaya ikan nila pada umumnya untuk budidaya ikan nila monosex ini juga tidak jauh berbeda sebagaimana Cara budidaya ikan aquaponik. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan antara lain adalah :

  1. Pembuatan Kolam

Pada budidaya ikan nila kolam merupakan sarana yang sangat vital keberadaannya. Kolam dapat dibuat dengan menggunakan terpal, plastik, semen atau juga tanah.

Tergantung kepada modal yang anda miliki, jika modal besar maka sebaiknya buat kolam permanen menggunakan semen atau beton, namun jika modal terbatas maka bisa menggunakan kolam terpal atau juga kolam plastik.

Ukuran kolam bisa dibuat 5×5 dengan kedalaman 1-1,5 meter. Isikan air dengan volume hingga 80 persen dari ketinggian kolam, diamkan selama seminggu dan kemudian kuras dan isi dengan menggunakan air baru dan diamkan selama 2×24 jam dan baru setelahnya dapat dilakukan penebaran benih. Tambahkan tanaman seperti teratai atau eceng gondok agar oksigen dalam kolam tersedia dengan cukup sebagaimana yang juga dilakukan pada  cara budidaya pembesaran ikan nila.

  1. Penebaran benih

Tahapan selanjutnya adalah menebarkan benih kedalam kolam. Pilihlah benih yang benar-benar berkualitas dan sehat, memiliki gerakan yang lincah dan aktif seta berukuran seragam. Sebelum ditebar benih sebaiknya diaklimatitasi terlebih dahulu agar lebih mudah beradaptasi saat dipindahkan ke kolam yang tentu akan berbeda dengan cara budidaya ikan gurame soang,

Caranya sangat mudah anda hanya perlu memindahkan benih dari kantong plastik kedalam wadah baskom yang terlebih dahulu telah diisi dengan air dari kolam.

Diamkan selama 1-2 jam, baru selanjutnya dapat ditebarkan di kolam. Penebarannya dilakukan dengan memasukkan wadah baskom tadi perlahan lahan kedalam kolam dan biarkan ikan masuk ke kolam dengan sendirinya.

  1. Pemberian Pakan

Salah satu unsur penting dalam pemeliharaan ikan nila monosex adalah pemberian pakan. Pada dasarnya pakan ikan nila sangatlah gampang sebab anda bisa memberi mereka pakan pellet yang banyak dijual di toko makanan ikan.

Pakan ikan nila juga relatif tidak mahal dibandingkan pakan ikan mas yang harus mengandung protein tinggi seperti juga yang dilakukan pada cara budidaya ikan air tawar kolam terpal.

Waktu pemberian pakan dilakukan 3 kali dalam sehari yakni pada pagi, sore dan malam hari. Dosis atau takaran yang diberikan tergantung dengan pertumbuhan ikan semakin besar tentu jumlah kebutuhan ikan akan semakin besar dan banyak. Pemberian pakan dilakukan dengan cara ditebarkan ke kolam secara merata.

  1. Pemeliharaan

Pemeliharaan dalam budidaya ikan nila monosex meliputi pembersihan kolam secara rutin, sanitasi lingkungan sekitar kolam, menguras air kolam secara teratur serta juga penanggulangan hama dan penyakit yang dilakukan secara preventif.

Sebagai catatan juga pH serta suhu air harus selalu dijaga dimana pH ideal adalah antara 5-8 dan suhu air kolam yang ideal adalah 26-28 derajat celcius.

Panen Ikan Nila Monosex

Panen ikan nila monosex sangat bergantung kepada permintaan konsumen, namun idealnya adalah ikan berbobot 200-250 gram, atau juga dapat tergantung dri permintaan pasar sebab ada sebagian konsumen yang menghendaki ukuran yang lebih kecil.

Oleh sebab itu patokan panen ikan nila monosex adalah bukan berdasarkan umur namun cenderung lebih kepada permintaan pasar.

Nah itulah tadi, Cara budidaya ikan nila monosex sampai panen, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ikan