Sponsors Link

Cara Budidaya Ikan Zebra Pink – Tips Perawatan

Cara Budidaya Ikan Zebra Pink. Akan menjadi topic menarik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini. Bagi para pecinta ikan hias kehadiran ikan zebra pink memberi warna tersendiri. Serta karena keunikannya inilah maka ikan yang satu ini relatif sangat diminati dan disukai serta banyak dipilih sebagai ikan hias favorit.

Ikan zebra pink memiliki nama latin Brachidanio reno atau lebih popular dikenal dengan sebutan zebra danio. Ikan unik ini berasal dari Myanmar dan pada umumnya tidak hanya memiliki warna pink namun lebih beragam warna seperti kuning, hitam putih layaknya zebra. Pada umumnya ikan zebra ini merupakan jenis ikan yang sangat mudah berkembang biak dan relatif hanya membutuhkan waktu tiga bulan saja.

Meskipun demikian tetap diperlukan teknik budidaya yang tepat agar dapat menghasilkan ikan zebra pink yang berkualitas. Nah yuk mari disimak Cara budidaya ikan zebra pink paling mudah dan tips perawatannya sebagaimana Cara budidaya ikan aquaponik.

Persiapan Akuarium

Tahap awal dalam budidaya yang harus dilakukan adalah menyiapkan akuarium, pada dasarnya ikan zebra pink ini tidak harus dibudidayakan secara khusus namun dapat juga dicampurkan dengan jenis ikan hias lainnya sehingga tidak memakan banyak tempat atau akuarium yang harus disiapkan.

Ikan zebra pink ini sangat menyukai interaksi dengan ikan ikan lainnya sehingga anda tidak perlu khawatir akan pertumbuhannya kelak atau bagi pemula bisa coba cara budidaya ikan bethok bagi pemula.

Meskipun begitu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Ukuran akuarium sebaiknya berukuran besar dengan kapasitas isi volume air sebanyak 40 liter.
  • Lengkapi akuarium dengan Bio-wheel, filter daya eksterior, dan juga pemanas, meskipun pada dasarnya ikan ini dapat dirawat tanpa menggunakan pemanas. Akan tetapi gunakan pemanas agar menjaga kondisi ikan agar tetap optimal, khususnya dalam proses budidaya zebra pink.
  • Jangan lupa siapkan bahan kimia untuk pengolahan air sebab air minum yang bisa Anda gunakan dirumah mengandung banyak bahan kimia berbahaya seperti klorin yang sangat berbahaya bagi ikan. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan larutan natrium tiosulfat untuk melenyapkan kandungan klorin tersebut.
  • Ikan zebra pink sangat menyukai lapisan krikil sehingga Anda harus menambahkan lapisan krikil yang diletakkan dibagian bawah aquarium dengan ketebalan setengah senti meter.
  • Selalu tambahkan air kedalam aquarium, gunakan air keran yang sudah didiamkan selama 24 jam lalu tambahkan air sampai memenuhi bagian atas aquarium, hal ini dilakukan agar lapisan oksigen di aquarium tetap terjaga.
  • Jaga PH air pada kisaran 6-8 namun sebaiknya disarankan pada angka 7. Anda dapat menggunakan larutan asam dan basa yang banyak dijual di dokter hewan untuk menyesuaikan tingkat ph air aquarium.

Memasukkan ikan zebra pink ke dalam aquarium

Tahapan selanjutnya adalah memasukkan benih ikan zebra pink kedalam aquarium. Dalam hal ini beberapa hal yang menjadi catatan adalah sebagaimana yang juga dilakukan pada  cara budidaya pembesaran ikan nila:

  • Pilih ikan yang dalam kondisi sehat, aktif dan juga tidak terkena hama atau penyakit.
  • Jumlah ikan yang dimasukkan kedalam aquarium minimal sebanyak 6 ekor dengan jenis kelamin yang berbeda-beda, untuk membedakan jenis kelamin dari ikan zebra pink Anda dapat melihat garis-garis kuning yang terdapat pada tubuh ikan. Ikan zebra pink jantan memiliki garis-garis kuning, sedangkan yang betina tidak dan juga ukurannya relative lebih besar.
  • Segera lakukan pemindahan benih ikan zebra pink kedalam aquarium secepat mungkin, sebab ikan ini tidak dapat bertahan lebih dari 8 jam didalam kantong plastik.
  • Saat memindahkan ikan kedalam aquarium air yang berada didalam kantong plastik harus dibuang, sebab mengandung banyak ammonium.
  • Ikan ini termasuk jenis ikan yang cepat berkembang biak tanpa harus dijodohkan. Perkawinan dapat berlangsung secara alami, namun ikan zebra pink memiliki kecenderungan untuk memakan anaknya sendiri. Sehingga ketika ikan sudah bertelur dan telurnya menetas, maka segera pindahkan anakan ke aquarium yang berbeda.

Tips perawatan ikan zebra pink

Perawatan yang wajib dilakukan dalam budidaya ikan ini adalah seperti juga yang dilakukan pada cara budidaya ikan air tawar kolam terpal sebagai berikut:

  • Pemberian pakan ikan

Ikan zebra pink pada dasarnya dapat memakan banyak sumber makanan sebenarnya pellet yang dijual bebas biasanya sudah cukup, tetapi anda dapat memberikan sumber pakan lain seperti cacing, daphnia, atau udang air asin.

  • Menjaga suhu air aquarium

Suhu air yang ideal untuk budidaya ikan ini adalah 18-24 derajat celcius. Pada dasarnya suhu ini dapat diperoleh meskipun tanpa menggunakan pemanas, namun penggunaan pemanas akan sangat membantu terutama pada saat perkembangbiakan ikan zebra pink yang membutuhkan suhu sebesar 26 derajat celcius.

  • Jaga kebersihan aquarium

Sangat penting untuk selalu membersihkan aquarium setiap hari. Bersihkan sampah-sampah yang menumpuk dibagian bawah aquarium dengan menggunakan siphon. Buang dan ganti air sebanyak 10-15% dari jumlah air yang ada di aquarium.
Jangan keluarkan ikan saat anda melakukan pergantian air sebab ikan bisa menjadi stress. Gunakan ember khusus sebagai wadah air baru, jangan gunakan ember bekas yang telah dipakai untuk pekerjaan rumah tangga, karena mengandung zat-zat kimia berbahaya yang tentu akan berbeda dengan cara budidaya ikan gurame soang.

Nah itulah tadi cara budidaya ikan zebra pinkl dan tips pemeliharaan nya, semoga dapat bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ikan