Sponsors Link

Manfaat Pupuk Daun untuk Cabe – Tips dan Trik Budidaya

Pupuk merupakan salah satu pelengkap dari bercocok tanam, bisa dibilang sebagai nutrisi dari sebuah tanaman tersebut. Dengan adanya pupuk maka tumbuhan dapat berkembang baik dan subur, sehingga menghasilkan kualitas terpercaya serta memuaskan.

Salah satu hal yang akan disampaikan disini adalah manfaat pupuk daun untuk cabe yang harus anda simak, terlebih jika anda hobi sekali untuk bercocok tanam.

Manfaat Pemberian Pupuk Daun Pada Tanaman Cabe

Sejauh ini mungkin anda berpikir bahwa pupuk hanya terdiri atas jenis akar saja, padahal pupuk daun menjadi salah satu jenis pupuk yang lebih praktis karena hanya perlu menyemprotkan saja, untuk lebih detail bisa melihat cara menggunakan pupuk daun yang baik dan benar. Dan Berikut dapat anda simak tentang manfaat dari pupuk daun untuk cabe.

  • Melengkapi Unsur Hara

Cara pengaplikasiannya cukup dengan menyemprotkan langsung pada daun atau batangnya, yakni guna menyerap unsur hara secara langsung dan lebih cepat dibandingkan dengan pupuk akar. Kalau Anda membutuhkan akar yang cepat subur, bisa mencoba menggunakan jenis pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar berikut.

  • Tidak Merusak Tanah

Pupuk daun ini dijamin tidak merusak tanah dan bagian yang lainnya, serta dapat merangsang pertumbuhan tunas secara cepat.

  • Efektif dan Praktis

Pemupukan melalui daun ini merupakan langkah yang sangat efektif diterapkan pada keadaan tanah yang kurang subur dan lahan kering. Belum lagi kelebihan lain dari pupuk daun adalah kandungan unsur hara makro dan mikro. Hal ini berbeda sekali dengan pupuk akar yang biasanya hanya terdapat unsur hara makro saja.

  • Merangsang Pertumbuhan Lebih Cepat

Manfaat dari pupuk daun untuk cabe yang lainnya yakni merangsang pertumbuhan lebih cepat. Hal itu karena adanya peran unsur hara makro dan mikro didalamnya yang cukup prnting. Sehingga dapat disampaikan bahwa pemberian pupuk daun dianggap wajib dan seharusnya tidak diabaikan.

Dan dalam dunia pemupukan juga ada jenis pupuk tunggal dan majemuk, dimana Anda sebagai pembudidaya harus paham terkait pengertian pupuk tunggal dan pupuk majemuk tersebut, agar pertumbuhan tanaman bisa makin maksimal.

Jenis Tanaman Apa Saja yang Cocok Menggunakan Pupuk Daun?

Selain hanya tanaman cabe, sebenarnya semua tanaman pun cocok dengan pupuk daun tersebut. Karena pupuk adalah sebuah asupan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan semua tanaman. Selain cabe, anda dapat memberikan pula pada tanaman berikut:

  • Tanaman Tomat
  • Tanaman Terong
  • Tanaman Kol
  • Tanaman Buah Berries (Stoberi, Murbei)

Cara Perawatan Tanaman Cabe

Untuk cara merawatnya sendiri cukup sederhana, yakni dengan menggunakan pupuk daun ini, tidak jauh berbeda dengan bagaimana cara pemeliharaan tanaman agar tumbuh subur pada umumnya.

  • Pemangkasan

Perlu dilakukan pemangkasan setelah masa panen, yakni terlebih lagi jika dedaunan dan batang sudah mulai membesar dan menjalur ke banyak bagian. Tujuannya agar tanaman cabe mampu berkembang lebih besar lagi dan hidup subur.

  • Penyiraman

Soal penyiraman, tetap tergantung pada kondisi tanaman cabe yang anda miliki. Jika masih awalan biasanya tanaman berada di polibak dan cukup kecil maka jangan terlalu sering menyiram, cukup sekali dalam sehari takaran air dua gelas saja. Sesekali panaskan pada sinar matahari asalkan jangan terlalu lama dan sering.

Bagaimana Dosis Pemberian Pupuk Daun Pada Tanaman Cabe?

Sama halnya dengan penyiraman, tergantung pada besar kecilnya tanaman cabe yang anda punya. Jika sudah cukup besar maka bisa dilakukan pemupukan semprot ini tiga kali dalam seminggu.

Namun jika masih sangat kecil cukup lakukan dua kali dalam seminggu. Dimaksudkan agar tumbuhan cabe tidak panas dan mati jika terlalu banyak menerima asupan pupuk daun.

Demikian manfaat pupuk daun untuk cabe, dan kalau Anda berminat bisa menyimak cara membuat pupuk organik dari daun. Selain itu, pemupukan cabe juga dapat menggunakan Ajinomoto dimana untuk tekniknya bisa Anda ketahui dalam cara memupuk cabe rawit dengan Ajinomoto berikut. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman