Sponsors Link

Cara Membuat Pupuk Organik dari Air Kencing Kambing yang Belum Diketahui

Sponsors Link

Hewan ternak seperti kambing ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Selain dagingnya lezat diolah, dan kulitnya baik untuk dijadikan bahan kerajinan, kini cara membuat pupuk organik dari air kencing kembing pun sedang dikembangkan.

ads

Nyatanya para peternak yang sudah melek informasi tidak mau lagi menyia-nyiakan potensi dari limbah ternak kambing ini. Baik yang berupa kotoran padat maunpun cair seperti urine atau air kencing nyatanya bisa diolah menjadi pupuk organik. Terkhusus cara membuat pupuk organik padat dari kotoran kambing telah kami bahas pada halaman lain, silahkan dikunjungi untuk menambah wawasan Anda.

Urin adalah air dengan kandungan bahan terlarut berupa garam dan materi organik. Komposisinya dapat berubah sepanjang proses reabsorpsi saat molekul penting dalam tubuh semisal glukosa diserap kembali oleh tubuh melalui molekul pembawa. Sedangkan cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar tunggi serta berbagai racun yang dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh jika tidak dikeluarkan.

Kendati demikian, materi buangan ini mengandung unsur Nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dalam proses perkembangannya, oleh sebab itu akan sangat disangkan apabila kita menyia-nyiakan potensi besar ini.

Sementara itu, khasiat dari air kencing kambing yang diubah menjadi pupuk cair organik ini telah membantu para peternak untuk mendapat tambahan penghasilan. Lain dengan para peternak yang berprofesi sebagai petani pula, tentu dengan pengetahuan mengenai cara membuat pupuk organik dari air kencing kambing ini memberi nilai lebih pada lahan pertaniaanya.

Kecukupan nutrisi lahan pertanian terpenuhi, pengeluaran untuk pupuk pun dapat diminimalisir, terlebih lagi jika Anda mau mempelajari cara membuat pupuk NPK sendiri sebagai nutrisi lanjutan yang perlu diberikan pada tanaman saat pertengahan hingga menjelang masa panen. Namun sebenarnya pun, kandungan dari pupuk organik cair dari air kencing kambing tidaklah kalah dengan kandungan pupuk kimia yang beredar di pasaran. Berdasarkan sebuah penelitian, berikut adalah komposisi nutrisi yang terkandung pada air kencing kambing, diantaranya adalah Nitrogen, Phospor, dan Kalium. Ketiganya merupakan unsur utama yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, baik itu tanaman hias ataupun dalam perawatan tanaman buah seperti cara merawat tanaman durian

Dari beberapa hewan ternak seperti kambing, sapi, kuda, kerbau, dan domba, kandungan unsur Nitrogen pada air kencing kelinci adalah yang tertinggi, yakni sebesar 1.50 %, diikuti kencing kuda (1.40 %), kencing domba (1.35 %), sementara itu untuk kerbau dan sapi berada di urutan terakhir dengan prosentase sebesar 1.00 %.

Sedangkan untuk unsur Phospor, kencing kambing memiliki kandungan tertinggi kedua sebesar 0.13 %, masih jauh berada di bawah sapi yang kandungan phospornya berada di kisaran 0.50 %. Mengikuti kerbau yang menyimpan 0,15 % kandungan phospor, domba 0.05 %, dan kuda 0.02 %.

Cara Membuat Pupuk Organik dari Air Kencing Kambing

Mengingat tingginya kandungan nutrisi dari kencing kambing ini, maka alangkah baiknya jika segera dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk cair organik yang bermanfaat.

Alat dan bahan:

  • Urine kambing sebanyak 10 liter
  • EM4 sebanyak 10 ml
  • Tetes tebu atau molase sebanyak 100 ml, atau bisa diganti juga dengan menggunakan gula merah seberat 1 ons yang dicirkan terlebih dahulu
  • Terasi sebanyak 100 gr
  • Jerigen berukuran 15 liter 

Cara pembuatan:

1. Masukkan terlebih dahulu air kencing kambing ke dalam dirigen yang telah dipersiapkan

2. Setelah itu, baru masukkan EM4 dan molase / gula merah cair kedalam dirijen yang sama

3. Tumbuk terasi hingga halus, lalu masukkan pula ke dalam dirijen

4. Setelah semua bahan masuk ke dalam dirijen, Anda dapat mengaduk-aduknya hingga homogen dan tercampur rata

5. Tutup rapat jerigen dan simpan di tempat teduh atau terlindung dari paparan sinar matahari dan curahan air hujan. Simpan selama 7 – 8 hari lamanya

6. Setiap pagi dirijen dapat dibuka sejenak untuk menghilangkan gas di dalamnya

7. Proses fermentasi dinyatakan berhasil apabila dari dalam dirijen tidak keluar bau kencing yang menyengat lagi. Proses ini hampir sama namun berbeda dengan cara membuat pupuk kompos dari sampah organik.

Ternyata sangat mudah dan praktis sekali cara membuat pupuk organik dari air kencing kambing, untuk pengaplikasiaanya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Untuk penyemprotan, gunakanlah 10 ml pupuk organik dari kencing kambing ini dicamur dengan 1 liter air, lalu semprotkan pada daun dan seluruh bagian permukaan tanaman
  • Untuk pengocoran, gunakanlah 25 ml pupuk organik dari kencing kambing ini dicampur dengan 1 liter air. Kocorkan pada masing-masing tanaman dengan dosis 200 ml per tanaman. 

Berdasarkan penelitian yang bisa dipercaya, diketahui bahwa 2 kg pupuk Urea setara dengan 2,5 liter pupuk cair dari kencing kambing ini, atau sama dengan rata-rata urine yang dikeluarkan oleh kambing tiap harinya. Sangat mengejutkan, bukan? Disamping itu, manfaat dari pupuk air kencing kambing ini sangatlah beragam, antara lain:

  • Menyuburkan tanaman. Kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap pada kencing kambing merupakan keungulan tersendiri yang tidak dapat kita temukan pada produk pupuk organik lainnya.
  • Menghindarkan serangan hama tertentu semisal ulat potong dan jangkrik yang sering kali muncul pada tanaman cabe di awal pertumbuhannya. Sementara itu untuk menghindarkan tanaman dari kutu kebul yang mengganggu, perlu tips dan trik mengenai mengatasi hama kutu kebul
  • Menjauhkan dari serangan babi di daerah pertanian yang rawan atau banyak babi liar berkeliaran, contohnya di perkebunan jagung yang juga sering kali diserang oleh kawanan minyet, untuk mengatasinya butuh cara mengatasi hama monyet pada tanaman jagung
  • Mengurangi pengunaan pupuk kimia. Seperti yang telah kita ketahui bersama, penggunaan bahan pertanian yang mengandung unsur kimia seperti pestisida dan pupuk kimia nyatanya sangat berbahaya. Residu yang ditinggalkan dalam produk makanan yang dihasilkan tidak baik untuk tubuh dan menjadi penyebab beberapa masalah kesehatan pada manusia.
  • Ikut melestarikan lingkungan dengan cara pengolahan limbah peternakan yang baik dan terarah

Itulah cara membuat pupuk organik dari air kencing kambing. Kami berharap informasi ini dapat membuka wawasan serta menginspirasi Anda untuk memproduksi pupuk organik secara mandiri. Karena kebaikan yang kita kerjakan untuk lingkungan serta alam sekeitar akan berbalik lagi pada kita. Salam budidaya dan bumi lestari.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trik