Sponsors Link

Cara Membuat Pupuk Organik dari Air Kencing Manusia – Belum Diketahui!

Membuat pupuk organik dari air kencing hewan ternak sudah biasa, bagaimana dengan air kencing manusia, bisakah? Tentu saja bisa, cara membuat pupuk organik dari air kencing manusia bukanlah sesuatu yang sulit, apalagi mustahil untuk dipraktekkan. Meskipun terdengar aneh dan menjijikkan, namun faktanya pembuatan pupuk organik dari air seni manusia sudah dipraktekkan oleh para petani di berbagai daerah.

Air kencing atau air seni manusia merupakan cairan sisa reaksi biokimiawi yang terjadi di dalam tubuh. Zat sisa ini membawa bahan kimia seperti Nitrogen, Phospor, serta Potasium yang apabila menumpuk dan tidak segera dikeluarkan dari dalam tubuh kana menjadi racun yang berbahaya.

Dalam setahun, manusia rata-rata mengeluarkan air kencing sebanyak 500 liter, jumlah ini setara dengan 4 kg Nitrogen, 0.5 Phospor, dan 1 kg Potasium.

Hal inilah yang dilirik oleh para petani di kawasan Purwodadi, mereka memanfaatkan potensi yang sangat berharga dari air kencing manusi untuk diolah menjadi pupuk oragnik cair. Hasil yang didapat pada tumbuhan ternyata juga memuaskan, tidak kalah dengan pupuk kompos vermikomposHal ini dibuktikan oleh sejumlah kelompok tani tanaman pangan Ngudi Makmur di daerah Bragolan, Kecamatan Purwodadi yang telah lama mengamalkan pupuk dari air kencing manusia ini sebagai sumber nutrisi tanaman padinya.

Kondisi tanaman padi yang tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen melimpah merupakan salah satu akibat yang harus diterima para petani Purwodadi karena telah menggunakan produk pupuk olahan mereka sendiri ini.

Cara Membuat Pupuk Organik dari Air Kencing Manusia

Cukup penasaran, bukan? Untuk itulah silahkna langsung disimak cara membuat pupuk organik dari air kencing manusia yang telah kami kutipkan resepnya bagi Anda.

Persiapan alat dan bahan

Mengawali proses pembuatan pupuk organik dari air kencing manusia ini, persiapkan terlebih dahulu alat serta bahan yang nantinya akan dipergunakan, bahan-bahan di bawah ini berbeda dengan ulasan kita pada cara membuat pupuk organik padat dari kotoran sapi, berikut diantaranya,

  • 5 Liter air kencing manusia
  • 600 gr susu putih cair dalam kemasan kaleng
  • 250 gr kunyit
  • 1 ikat daun orok-orok, usahakan bersama dengan akarnya
  • 5 sendok teh micin / vetsin / penyedap masakan
  • Wadah penampungan berpenutup
  • Alat pengaduk

Proses pembuatan

1. Langkah pertama dalam membuat pupuk organik dari air kencing manusia ini adalah dengan memarut kunyit untuk disaring dan kemudian diambil airnya.

2. Demikian pula dengan daun orok-orok dan akarnya, tumbuklah hingga halus lalu saring dan ambil airnya saja

3. Masukkan air kunyit dan air daun orok-orok ke sebuah wadah penampungan, aduk-aduk, lalu tambahkan air kencing, susu putih cair, dan vetsin.

Kami telah mengulas secara detail cara membuat pupuk dari vetsin pada halaman tersendiri.

4. Aduk hingga semua bahan tersebut tercampur rata, setelah itu tutup rapat dan biarkan rendaman tersebut selama kurang lebih 7 hari

5. Selama proses perendaman, tempatkanlah bakal pupuk tersebut di arean yang terlindung dari pancaran sinar matahari langsung serta rembesan air hujan

6. Pupuk organik dari air seni ini dinyatakan berhasil apabila cairan telah berubah menjadi warna hitam kecoklatan 

Cara pengaplikasian

Pupuk organik dari air kencing manusia ini sangat baik jika diaplikasikan pada tanaman padi. Sebelum memberikannya, Anda perlu untuk mengencerkannya terlebih dahulu. Komposisi pengenceran yang ideal adalah setiap 250 cc pupuk air kencing diencerkan dengan 14liter air. Semprotkan pada daun tanaman padi secara langsung tanpa menyemprotkannya ke tanah, cara yang demikian dinilai lebih efektif, karena reaksi dari pupuk ini memang fokus pada pertumbuhan vegetatif tanaman. Sementara itu, untuk produk buah semisal mangga, Anda dapat menggunakan tips cara menanam mangga arumanis.

Lakukan penyemprotan pada tanaman padi sejak usia 7 – 10 hari dengan intensitas penyemrotan sebanyak 4 kali, sedangkan jarak antar penyemprotannya bisa dilakukan dalam interval 5 – 7 hari. Penyemprotan dapat pula dilakukan pada saatmalai padi belum keluar, namun jangan memberikan pupuk air kencing ini saat padi sudah mulai berbunga. Hal tersebut justeru akan menghambat pembuahan tanaman padi, bahkan mengakibatkan tanaman padi menjadi rontok. Perihal ini pernh kami singgu pada cara membuat pupuk organik dari ayam petelur.

Penggunaan pupuk organik dari air kencing manusia secara baik dan benar akan membawa dampak luar biasa bagi lahan pertanian Anda. Daun padi terlihat lebih  hijau, segar, dan sehat. Sedangkan pertumbuhan batangnya juga kuat dan lebih panjang, malai pun tak mau kalah terlihat lebih panjang. Untuk bulir adi yang dihasilkan nampak lebih banyak serta berisi.

Pupuk organik dari air kencing manusia ini memang berbau snagat menyengat, namun justeru keran itulah hama yang sering menggerogoti tanaman padi seperti pengorok batang tidak berani datang lagi. Berbicara mengenai haman, apabila Anda menamui hama yang telah kebal atau menjadi resisten, maka pelajarilah cara mengatasi hama yang resisten agar permasalahn hama ini cepat tertangani sehingga tidak mengganggu produksi panen Anda. 

Meskipun menimbulkan bau yang tidak sedap, namun hal tersebut tidaklah berpengaruh pada mutu serta kehigienisan produk makanan yang dihasilkan. Hal ini pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian Surendra K Pradan dkk dari Universitas Kuopio, Finlandia.

Pemanfaatan air kencing manusia sebagai bahan pupuk organik tidak dipraktekkan di daerah Purwodadi saja, namun telah lama berbagai negara di seluruh dunia mencoba cara ini guna mendapatkan cara terbaik dalam mengolah limbah buangan dari manusia. Mereka menamakan proyek ini dengan sebutan Ecological Sanitaton (ECOSAN) yang diilhami dari keresahan akibata tumpukan limbah rumah tangga seperti halnya kotoran manusia.

Menurut Caldwell dan Arno Rosemarin, dari Stockholm Environment Institute Swedia, penggunaan air kencing manusia sebagai bahan pupuk merupakan upaya dalam menerapkan pertanian berkelanjutan. Lebih dari itu, program ini membantu ketahanan pangan dan menyediakan nutrisi yang lebih baik.

Hal ini diamini dengan penelitian yang dilakukan  MnKeni dkk dari Uuniversitas Fort Hare, Afrika Selatan, yang menyebutkan bahwa air kencing atau urin merupakan sumber Nitrogen yang sebanding dengan pupuk Urea. Namun demikian, hasilnya juga bergantung denga kepekaan tanaman terhadap kadar garam pada tiap-tiap lahan pertanian, oleh sebab itulah dalam penerapannya butuh pengawasan.

Demikianlah cara membuat pupuk organik dari air kencing manusia, semoga artikel ini bermanfaat serta menginspirasi Anda untuk terus berinovasi dalam mengolah limbah untuk dijadikan pupuk yang berharga.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik