Home » Buah Buahan » Inilah 4 Cara Memilih Bibit Durian yang Cepat Berbuah

Inilah 4 Cara Memilih Bibit Durian yang Cepat Berbuah

by Marlina Ani

Durian adalah salah satu tumbuhan yang sangat populer di Indonesia, karena memiliki aroma buah yang khas dan ada beberapa ciri dari buah durian seperti memiliki tekstur kulit buah yang sangat keras serta bentuknya menyerupai duri.

Kini buah durian banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai makanan lain seperti kue durian dan jus durian. berikut ini adalah cara memilih bibit durian yang cepat berbuah:

1. Tentukan bibit durian

Secara umum, ada beberapa jenis durian unggulan yang ada di Indonesia dan setiap jenis memiliki masa tanam yang bervariasi. Cepat lambatnya tumbuhan durian berbuah, sangat tergantung dari cara perawatannya dan jenis durian montong menjadi salah satu jenis durian yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Memilih bibit durian yang berkualitas menjadi cara budidaya durian yang sangat efektif dan memiliki peluang untuk sukses besar.

Selain montong, ada banyak jenis durian yang mudah berbuah seperti durian bawor kaki tiga, durian orange, durian kumbokarno, durian sitokong dan durian musang king.

Berbagai jenis bibit durian memiliki kelebihannya masing-masing dan ada berbagai jenis tanah yang cocok untuk tanam durian. Hasil panen durian sangat ditentukan dari pemilihan bibit durian dan perawatan yang dilakukan.

2. Lihat secara fisik

Untuk mendapatkan bibit durian yang cepat berbuah, bisa dilakukan dengan mengecek kondisi dari pohon dan fisik pohon dapat terlihat dari beberapa segi seperti memiliki kondisi batang yang kuat, memiliki kondisi daun yang segar, memiliki daun yang lebat dan jauh dari berbagai hama. Salah satu cara agar bunga durian tidak rontok adalah dengan melakukan penyemprotan hama dan lakukan penyiraman dengan rutin.

Bentuk fisik pohon durian memang bervariasi, tergantung dari jenis bibit durian yang dipilih dan bibit durian bisa dihasilkan dari biji ataupun dari hasil cangkok. Selama masa perawatan, sebaiknya jauhkan bibit durian dari berbagai ancaman hama dan gunakanlah berbagai pupuk alami maupun pupuk buatan untuk menunjang pertumbuhan pohon durian.

3. Pelajari teknik tanam

Dengan menggunakan teknik menanam yang baik, akan mempercepat pohon durian berbuah dan ada juga teknik pembuahan yang dilakukan diluar musim panen. Teknik pemangkasan, menjadi teknik yang banyak digunakan para petani durian di indonesia dan pemangkasan menjadi teknik yang sangat klasik. Pemangkasan dilakukan untuk mempercepat proses tumbuh buah dan menghilangkan berbagai hama yang ada di batang.

Ada banyak cara menanam durian dari biji cepat berbuah dan menghasilkan panen berlimpah. kajian mengenai teknik menanam pohon durian yang baik, sangatlah penting untuk dipelajari dan dipahami, karena bisa membantu perkembangan hasil penen buah duriannya. Jauhkan penanaman pohon dari pohon lain, agar proses pertumbuhannya tidak terhambat dengan pohon lain.

4. Cari tau kekuatan bibit

Ada beberapa jenis bibit durian yang memiliki kekuatan akar pohon yang kuat dan memiliki daya tahan lebih terhadap berbagai cuaca.

Pohon durian yang akarnya kuat, pasti memiliki daya tahan terhadap pupuk dan penggunaan pupuk sangatlah penting dilakukan, untuk merangsang pertumbuhan. Ada banyak cara merawat tanaman durian dan salah satunya dengan membasmi setiap gulma disekitar poho durian.

Adanya hama menjadi salah satu musuh yang sangat berbahaya bagi para pembudidaya durian dan saat hama dibiarkan, bisa saja menyebabkan gagal panen. Pembasmian hama bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan kimia di berbagai sisi yang banyak hamanya dan bersihkan berbagai gulma yang ada di sekitar pohon durian.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara memilih bibit durian yang cepat berbuah dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

You may also like