Sponsors Link

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan Yang Bagus untuk Budidaya

Ikan louhan merupakan ikan hias yang terkenal dan banyak dipelihara di dalam akuarium. Cara memilih bibit ikan louhan yang bagus tentu harus Anda perhatikan.

Ikan louhan ini menjadi unik karena warna sisiknya yang unik cerah serta memiliki bagian benjolan atau jenong di kepalanya. Jenong ini dikenal juga dengan julukan benjol kelam. Baca juga tentang cara budidaya ikan air tawar kolam terpal.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara memilih bibit ikan louhan yang bagus. Tentu akan berbeda dengan cara budidaya ikan gurame soang ini:

1. Pilih bibit ikan yang sehat

Untuk bisa mendapatkan bibit ikan louhan yang bagus, selalu pilih bibit ikan yang sehat. Bibit ikan yang sehat bisa dilihat dari kondisi fisiknya yang sempurna. Hindari bibit ikan yang diselimuti bercak-bercak putih atau jamur. Bagi pemula bisa coba cara budidaya ikan bethok bagi pemula.

2. Pilih anakan dengan jenong yang cukup besar

Ikan louhan yang bagus memiliki jenong atau benjolan di kepala yang cukup besar. Meskipun harganya agak mahal, sebaiknya pilih anakan ikan louhan dengan jenong yang cukup besar. Hal ini penting agar Anda tidak merasa kecewa saat ikannya tumbuh nantinya.

3. Pilih bibit ikan yang memiliki banyak motif

Ikan louhan yang bagus memiliki banyak motif unik di tumbuhnya. Pilihlah bibit ikan yang memiliki banyak motif, baik yang berukuran besar maupun berukuran kecil. Ikan dengan motif unik memang terlihat lebih indah. Semakin unik desainnya maka akan semakin bagus.

4. Pilih bibit ikan dengan postur yang bagus

Pilihlah bibit ikan louhan yang memiliki postur yang bagus. Postur louhan yang bagus diantaranya memiliki tubuh agak bulat, tebal, dan memanjang. Hindari memilih bibit ikan yang terlihat terlalu kurus.

5. Pilih bibit ikan yang mengandung warna merah

Warna merah pada ikan louhan menjadi bagian tubuh yang disukai pecinta ikan louhan. Cari bibit ikan yang memiliki warna merah, baik banyak ataupun sedikit pada bagian tubuhnya.

Misalnya di bagian insang, perut, atau pun di bagian sirip atas. Warna yang baik yaitu merah pekat di bagian bawah tubuh ikan, lalu menjadi semakin cerah ke bagian atasnya.

6. Pilih bibit ikan dengan mata yang bagus

Mata ikan louhan juga menjadi salah satu faktor yang penting. Pilih bibit ikan dengan mata yang bagus. Mata ikan louhan yang bagus selalu memiliki bulatan yang berwarna merah di bagian kedua bola matanya. Cara budidaya ikan aquaponik juga bisa Anda cek di sini.  

7. Pilih bibit ikan yang tidak cacat

Hindari memilih bibit ikan louhan yang cacat. Anda harus selalu ingat untuk pilih bibit ikan yang tidak cacat.

Beberapa kelainan fisik yang mungkin ditemukan pada ikan louhan yaitu tubuh yang bengkok, kerusakan pada bagian siripnya, kelainan di bagian tulang punggung, dan lain sebagainya. Simak mengenai cara budidaya pembesaran ikan nila.

8. Pilih bibit ikan dengan bentuk sirip tertentu

Sirip ikan louhan juga ternyata penting dan perlu diperhatikan. Bentuk sirip ini dapat mempengaruhi sifat atau keagresifan ikan louhan. Anda perlu untuk pilih bibit ikan louhan dengan bentuk sirip tertentu.

Pilih bibit ikan yang memiliki sirip bagian atas berdiri atau tidak menguncup. Selain itu juga perhatikan bagian siripnya. Bagian sirip ekor ikan usahakan pilih yang memang mengembang sempurna.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara memilih bibit ikan louhan yang bagus. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ikan