Sponsors Link

Kenapa Tanaman Stek Harus Dipotong Miring?

Sponsors Link

Bercocok tanam dan budidaya tanaman merupakan sebuah hobi dan usaha yang cukup menarik dan berpenghasilan tinggi seperti saat mereka melakukan cara menanam bunga kertas dengan stek batang, cara stek pohon apel India dan cara stek pohon melinjo.

ads

Selain karena hobi dan budidaya, banyak orang bercocok tanam ini karena ingin mendapatkan udara yang sejuk dan juga untuk menenangkan pikiran di sekitar rumah.

Ketika membicarakan urusan tanaman, ada banyak pilihan jenis tanaman yang bisa jadi alternatif contohnya seperti tanaman jenis bunga yang bisa digunakan untuk menghias rumah dan penyejuk. Kalau untuk bisnis, anda bisa memilih apakah menanam sayur, bunga atau buah-buahan. Kita bisa memperbanyak tanamannya. Tanaman bisa diperbanyak atau berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif.

Untuk cara vegetatif, dibagi menjadi dua yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

  • Vegetatif alami meliputi umbi lapis, umbi akar, umbi batang, geragih, tunas, tunas adventif dan akar tinggal.
  • Sedangkan vegetatif buatan yaitu cangkok, okulasi, merunduk, menyambung dan stek.

Setek adalah salah satu dari lima metode vegetatif buatan dengan cara menanam bagian tubuh tanaman untuk memperbanyak tanaman. Tujuan penyetekan berguna untuk mengoptimalkan sistem akar di tanaman.

Sedangkan setek di bagian bawah berguna untuk menguatkan bagian atas. Setek sangat penting di dunia budidaya tanaman karena metode ini tidak memperlukan keterampilan yang rumit. Yang diperlukan hanyalah teori dasar setek dan kemauan untuk belajar.

Pembiakan dengan cara vegetatif dengan setek bisa memproduksi tanaman yang baik dengan bagian tanaman yang sempurna di waktu yang singkat dan cenderung bersifat sama dengan induk. Contoh penggunaan stek adalah untuk memperbanyak tanaman singkong.

Salah satu proses stek adalah pemotongan batang dan pada proses ini, pemotongan harus dipotong secara miring. Mungkin dalam hati anda bertanya, kenapa tanaman stek harus dipotong miring? Berikut beberapa alasan kenapa tanaman stek harus dipotong miring.

1.Kenapa Stek Harus Dipotong Miring: Pertumbuhan Akar yang Lebih Luas

Bagain bawah tanaman stek di bagian bawah harus dipotong miring agar pertumbuhan akar bisa lebih luas. Karena itulah permukaannya harus lebih luas. Jika pertumbuhan akar lebih luas dan cepat, maka pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih cepat karena akar bisa menjangkau dan menyerap air dan berbagai macam nutrisi di dalam tanah.

Sebagai saran, anda bisa menggunakan beberapa cairan kimia untuk merangsang pertumbuhan akar agar lebih cepat lagi. Contohnya yaitu beta indole asam butirat dan beta indole asam asetat. Dua zat kimia ini dikenal dengan beberapa nama contohnya seperti

Rhizopon A
Rhizopon B
Rhizopon C
Rootne.

Dengan kombinasi antara pemotongan miring dan beberapa zat kimia yang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman, maka diharapkan pertumbuhan akan lebih cepat.

Tanamannya bisa direndam atau dicelup. Jika pertumbuhan akar lebih cepat, maka kemungkinan juga pertumbuhan tanaman itu juga akan lebih cepat.


2. Kenapa Stek Harus Dipotong Miring: Menghindari Pembusukan oleh Air Hujan

Jika poin sebelumnya kita membahas sisi bawah tanaman, maka kita sekarang membahas sisi atas tanaman setek. Beginilah urutan pembusukan.

  • Jika sisi atas tidak dipotong miring atau tetap dibiarkan rata, maka akibatnya air hujan akan menggumpal di sana.
  • Kemudian hal ini menyebabkan busuknya sisi atas tanaman.
  • Jika sudah busuk, maka beberapa fungsi bagian tanaman untuk tumbuh akar terganggu.

Karena itulah, sisi atas tanaman stek harus dipotong miring untuk menghindari berkumpulnya air hujan di sisi atas. Jika permukaan sisi atas miring, maka air hujan akan lebih mudah mengalir ke bawah daripada sisi atas yang rata.

Sehingga hanya tersisa sedikit air yang ada di bagian atas dan itu pun akan segera menguap begitu hujan selesai , cuaca normal kembali atau karena panasnya matahari. Sehingga terhindar dari pembusukan.


3. Kenapa Stek Harus Dipotong Miring: Sebagai Stimulus Bagian Sel yang Rusak

Setiap makhluk hidup punya kemampuan meregenerasi diri ketika ada bagian tubuh yang rusak. Di sini termasuk tumbuhan. Pemotongan harus dilakukan dengan miring agar bisa menstimulasi regenerasi sel atau jaringan yang rusak agar lebih cepat untuk menyembuhkan diri.

Demikian informasi dan jawaban dari pertanyaan kenapa tanaman stek harus dipotong miring. Kenapa tanaman stek harus dipotong miring perlu anda ketahui agar anda mengerti manfaat dari pemotongan miring ke tanaman hias atau tanaman budidaya anda.

Gunakan gergaji agar ketika anda melakukan proses pemotongan, tanamannya tidak hancur atau pecah. Tanamlah tanaman stek dengan kedalaman yang optimal agar bisa berdiri kokoh dan akar di bagian bawah bisa tetap mencari. Jangan lupa agar selalu merawat, memupuk dan menyiram tanaman anda supaya selalu sehat.

Contohnya sepert manfaat pupuk urea untuk tanaman bunga agar hasil maksimal, manfaat pupuk NPK untuk tanaman bunga dan cara pemakaiannya dan tinggi kalium, berikut manfaat pupuk KCL untuk bunga yang beragam. Jagalah juga dari jamur dan hama tanaman seperti siput dan ulat dengan bantuan pestisida.

Anda boleh mencoba cara membuat ramuan pestisida nabati untuk mengendalikan hama serangga secara cepat dan alami. Penggunaan pestisida jangan berlebihan karena akibat penggunaan pestisida berlebihan bagi tanah bisa merusak.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Stek