Home » Buah Buahan » Cara Menanam Anggur dalam Pot Supaya Cepat Berbuah – Mudah dan Sederhana

Cara Menanam Anggur dalam Pot Supaya Cepat Berbuah – Mudah dan Sederhana

by puputpurwanti A.Md

Cara menanam anggur dalam pot supaya cepat berbuah, menjadintopik yang akan kita bahas. Anggur merupakam salah satu jenis buah tropis yang diminati. Selain karena rasanya manis tentu saja buah ini juga memiliki banyak kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Anggur juga menjadi salah satu jenis buah yang harganya relatif mahal diabandingkan dengan buah lainnya. Hal ini disebabakan karena budidaya anggur relatif sulit serta tidak banyak sentra budidaya yang tersebar di Indonsia.

Anggur sendiri merupakan salah satu jenis buah yang cocok di budidayakan di dataran rendah, meskipun ada beberapa kultivar yang dapat ditanam di dataran tinggi namun secara spesigik tanaman anggur merupakan tanaman aslu dataran rendah. Oleh sebab itu jika ingin menanam anggur maka pastikan bahwa anda berlokasi di dataran rendah. Hal ini untuk mengurangi mubazir atau juga kegagalan dalam budidaya.

Bagi anda masyarakat kota yang memiliki lahan relatif sempit maka tentu menanam anggur dalam pot menjadi salah satu solusi yang tepat. Sebab hal ini dapay menjadi solusi terutama bagi masyarakat perkotaan yang ingin memiliki tanaman angur namun tidak memiliki lahan yang luas.

Meskipun secara umum dalam budidaya atau penanaman anggur hampir sama dengan budidaya buah pada umumnya, namun bagi anda pemula tentu tetap harus memperhatikan hal berikut ini yang termasuk kedalam 5 cara menanam anggur dalam pot supaya cepat berbuah.

Baca Juga tentang:

1. Penyemaian Benih

Langkah pertama adalah menyemai benih anggur. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti prsedur berikut ini :

  • Pilih benih yang berkualitas serta mampu menghasilkan buah yang banyak.
  •  Siapkan media persemaian dengan cara mencampurkan tanah halus dengan pupuk kandng dengan perbandingan 1:2.
  • Masukkan media tanam kedalam Plastik persemaian dan tempatkan di lokasi yang mendapatkan pencahayaan matahari cukup dan terlindung dari hujan.
  • Kemudian rendam benih terlebih dahulu kedalam air untuk mengetahui kualitas benih, pastikan hanya gunakan benih yang tenggelam di bawah permukaan air.
  • Selanjutnya tanam benih kedalam media semai, dan tambahkan Furadan 3G untuk menghindari serangan hama.
  • Setelah 3-5 hari benih akan mulai tumbuh dan bertunas, lakukan oemeliharaan berupa penyiraman hingga bibit siap di tanam di dalam pot.

2. Menanam anggur dalam pot

Selanjutnya adalab melakukan penanaman dalam pot, adapun langkah langkanya adalah sebagai berikut:

  • Isikan pot dengan media campuran tanam dan pupuk kandang .
  • Pilih pot yang kuat tida mudah pecah serta tahan cuaca dan memiliki ukurang diameter sedang.
  • Buat lubang tanam sesuai kedalam polibag bibit.
  • Pilih bibit yang sehat dan bagus serta tidak terkena hama dama penyakit kemudian buka plastik polibag bibit dan tanamkan kedalam pot beserta media tanam yang melekat pada perakaran.
  • Siram media tanam dalam por menggunakan air secukupnya dan tunggu beberaoa hari tanaman bibit angur akan menunjukkan pertumbuhan.

Baca Juga tentang:

3. Penyiraman

Tanaman anggur dalam pot harus disiram secara rutin, sebab ketika ditanam didalam pot media tanam tidak mampu menyediakan air sendiri. Selain itu di awal masa pertumbuhan tanaman akan membutuhkan air dalam jumlah basar.

karenanya, maka kita secara rutin harus melakukan penyiraman agar tanaman dapat memenuhi kebutuhan airnya. Terlebih lagi saat musim kemarau maka harus ditingkatkan intensitas pemberian air melalui penyiraman.

Namun jika musim penghujan datang maka tidak perlu lagi disiram sebab air hujan selalin sudah mampu menyiram tanan tentunya juga mampu memberikan asupan nitrogen alami.

4. Pemupukan

Media tanam yang berada di dalam pot tidak akan mampu menyediakan unsur hara secara alami. Karenanya, seiring dengan pertumbuhan tanaman maka sangat perlu dilakukan pemupukan untuk memberikan unsur hara tambahan kedalam media tanam.

Pupuk yang diberikan yakni pupuk organik dan juga pupuk anorganik. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk urea sebagai sumber nitrogen, pupuk KCL agar meningkatkan kualitas buah. dan pupuk buah serta daun yang diberikan dengan cara disiramkan kedaun tamanan.

Selain itu juga dapat diberikan pupuk kandang alami untuk memberikan unsur hara tambahan bagi tanah. Sederhana saja sebab, pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan yang sudha benar benar kering menjadi pupuk kandang paling tepat.

Dapat berupa pupuk dari kotoran ayam, kammbing atau sapi. Sekaligus dapat digunakan untuk menambahkan media tanam dalam pot yang mulai menyusut akibat penyiraman.

4. Pengendalian HPT

Hama dan penyakit merupakan salah satu musuh petani. Karenanya pengendalian HPT terpadu haruslah dilakukan agar tanaman dapat tumbuh subur dan baik. Oleh sebab itu pengendalian secara alami daoat dilakukan dengan membunuh hama yang ditemui secara langsung.

Dapat juga menyemprotkan insektosida dosis rendah jika serangan mulai muncul. Hal paling utama adalah melakukan pembungkusan buah saat buah mulai muncul, hal ini diupayakan untuk meminimalisir serangan lalat buah yang dapat merusak dan menyebabkan gagal panen.

5. Membuat Tanaman cepat berbuah

Kunci dari budidaya tanamann anggur agar cepat berbuah adalah dengan pemangkasan. Selain Untuk menjaga bentuk dan estetika tanaman anggur pemangakakan juga penting untuk dilakukan agar tanamn cepat menghasilkan buah.

Pemangkasan dilakukan dengan cara membuang cabang atau batang tanaman yang tua dan terserang penyakit atau hama. Hal ini juga akan sekaligus mengurangi pertimbuhann vegetatif sehingga tanamann akan dapat mengjasilkan bunga dan buah. Selain itu, nda juga bisa membentuk cabang tanaman sesuai dengan selera agar menambah kesan indah dan estetik.

Itulah tadi , 5 cara menanam anggur dalam pot agar cepat berbuah. Semiga dapat bermanfaat.

You may also like