Sponsors Link

12 Cara Menanam Mata Kucing (Torenia Ungu) dari Biji dan Tips Merawatnya!

Sponsors Link

Apa yang terlintas di kepala saat mendengar kata mata kucing? Bagi pecinta sepeda mata kucing akan diartikan sebagai lampu hias, sedangkan untuk pecinta tanaman hias mata kucing adalah sebuah tumbuhan.

ads

Kali ini kita akan membahas mengenai tanaman mata kucing khususnya cara menanam biji mata kucing. Bunga mata kucing atau Torenia ungu adalah jenis tanaman hias yang umum di Indonesia Cara Menanam Bunga Zodia Dari Biji Beserta Cara Merawatnya.

Warnanya yang cantic membuat banyak orang ingin menghias seluruh area halaman rumahnya dengan tanaman ini, berikut cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman Mata Kucing.

Tips dan Trik Cara Menanam Biji Mata Kucing (Torenia Ungu)

Hampir sama dengan beberapa jenis tanaman yang lain, Mata Kucing ini dapat diperbanyak melalui cara yang lain selain menanam bijinya (contoh : stek) Cara Memperbanyak Tumbuhan Tanpa menanam Biji. Tapi dikesempatan ini kita akan belajar cara menanam Mata Kucing dari bijinya.

  1. Langkah pertama yaitu kita persiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk menyemai biji Mata Kucing seperti pot (pilih pot yang memiliki drainase yang baik dengan adanya lubang pada dasar pot), tanah humus atau tanah, kompos, atau media tanam siap pakai (campuran tanah, sekam bakar, pakis, cocopea, dan lain-lain), dan terakhir tak kalah penting dari bahan lainnya adalah biji tanaman Mata Kucing yang dapat dibeli di toko-toko perlengkapan perkebunan atau toko bibit tanaman Bagaimana Cara Membuat Bibit Tanaman Hias Agar Kualitasnya Bagus Bagi Para Pemula?.
  2. Masukkan tanah humus atau tanah yang dicampur dengan pupuk kompos kedalam pot berukuran sedang hingga besar (direkomendasikan untuk memilih pot dengan diameter 40 cm). media campuran tanah tersebut juga dapat diganti dengan media tanam siap pakai yang bisa dibeli di toko-toko juga.
  3. Setelah media tanam berada dalam pot, basahi dengan air. Dapat dicampur dengan air sedikit demi sedikit untuk memberikan kelembaban yang rata hingga ke dasar tanah.
    Atau dengan menggunakan spray lalu diaduk kembali untuk memberikan kelembaban yang merata tanpa air berlebihan di media tanam.
  4. Setelah media tanam dirasa sudah memiliki kelembaban yang pas, kita bisa menaburkan biji-biji Mata Kucing di permukaan tanah tanpa perlu dimasukkan ke dalam tanah.
    Pastikan bahwa biji yang ditabur tidak menempel satu sama lain, karena hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhan dari biji ketika akan tumbuh tunas nantinya.
  5. Untuk memberikan kelembaban pada biji Mata Kucing, setelah ditaburkan diatas tanah jangan lupa untuk menyemprotkan biji Mata Kucing dengan spray agar air yang didapat tidak berlebihan.
  6. Untuk frekuensi pemberian air dengan spray pada biji Mata Kucing ini cukup dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Penyemprotan dengan spray bertujuan untuk memberikan kelembaban tanpa membuat air menggenang dalam pot.
    Karena jika air menggenang dalam pot dikhawatirkan dapat merusak biji Mata Kucing yang akan disemai Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman Kacang Agar Subur.
  7. Kemudian letakkan pot yang berisi biji-biji Kumis Kucing di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan hujan. Bukan berarti tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari, sinar matahri secara langsung akan membuat biji menjadi kekeringan dan tunas yang diharapkan tidak dapat tumbuh.
    Pastikan bahwa Mata Kucing mendapatkan sinar matahari pagi, karena matahari pagi baik bagi tumbuhan tetapi juga tidak terlalu panas. 

  8. Membutuhkan waktu ekitar 14 hari atau 2 minggu lamanya hingga biji-biji yang sudah ditabur tumbuh tunas atau berkecambah. Jika tunas dirasa sudah cukup kokoh, cukup tinggi, dan cukup kuat kita baru bisa memindahkan di media tanam yang lebih luas dan besar.
  9. Bunga dari tanaman Mata Kucing ini membutuhkan waktu sekitar 8 – 12 minggu atau 2 – 3 bulan lamanya untuk tumbuh besar dan memunculkan kuncup-kuncup bunga.
  10. Tips agar saat sudah dewasa tanaman Mata Kucing memiliki bunya yang banyal dan rimbun yang dapat dilakukan adalah mempruning pucuk-pucuk daun yang pertama setelah tumbuh dua pasang true leaves Cara Agar Bunga Aster Cepat Berbunga dan Selalu Merekah. Nantinya tanaman akan memiliki cabang lain yang akan memperbanyak pucuk bunga.
  11. Saat Mata Kucing sudah dewasa nanti, perawatannya juga terbilang sederhana dan mudah dilakukan. Penyiraman pada tanaman bunga hias ini cukup dilakukan sehari sekali yaitu di pagi hari atau sore hari. Untuk penyiramannya pun hanya sampai tanahnya basah saja, tidak perlu sampai air menggenang di dalam pot.
  12. Pemberian pupuk kompos atau kandang dapat dilakukan rutin setiap satu bulan sekali. Sedangkan untuk pemberian anti hama, anti jamur, atau obat kimia tanaman lainnya cukup diberikan seperlunya saja. Zat kimia meskipun terbilang obat untuk tanaman akan menimbulkan efek buruk pada tanaman jika pemberiannya berlebihan 4 Alasan Pupuk Kimia Bermanfaat Tapi Membahayakan Tanah. Jika ingin memberikan pupuk buatan pabrik, pilihlah pupuk yang mengandung tinggi fosfor karena sangat baik untuk tanaman Jenis Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Manfaatnya untuk Tanaman.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk cara menanam Mata Kucing dari biji atau Bunga Torenia Ungu. Kunci dalam keberhasilan dari pertumbuhan tanaman ini cukuplah sinar matahari dan air atau kelembaban yang sesuai.

Selama sinar matahari terpenuhi dan kelembaban serta air mencukupi, akan menjadi kunci keberhasilan tanaman Mata Kucing untuk tumbuh.

Sponsors Link
, ,