Sponsors Link

3 Cara Menanam Bunga Ekor Tupai di Perkarangan

Sponsors Link

Bagi sebagian besar orang berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Ekor Kucing, memiliki sebuah hobi merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Ada berbagai macam hobi yang bisa anda lakukan, mungkin hobi aktivitas yang satu ini dapat menjadi salah satu pilihan alternatif anda.

ads

Bercocok tanam merupakan salah satu hobi yang sangat menarik, tidak hanya dapat memperindah ruangan ataupun taman anda saja ternyata dengan bercocok tanam anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Anda dapat menjadikan hobi ini sebagai media terapi.

Dengan melakukan perawatan dan menanam tanaman yang anda sukai anda dapat mengatur emosi anda agar tetap stabil dan tidak mudah marah. Selain itu dengan bercocok tanam, anda juga dapat menghilangkan stress ataupun penat yang anda alami. Kebanyakan orang memilih jenis ini tidak hanya sekedar terapi saja melainkan bisnis. Banyak orang mencoba menanam berbagai jenis tanaman untuk dibudidayakan dan dijual di pasar. Sehingga ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan hanya menanam sebuah tanaman.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa menjadi pilihan anda dalam menyalurkan hobi seperti jenis sayur, buah, pohon, hingga tanaman hias. Untuk tanaman hias sendiri ada banyak sekali jenisnya mulai dari berukuran kecil hingga sebesar pohon, mulai dari berbunga banyak hingga hanya berupa daunan saja. Tidak hanya itu berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Melati Hidroponik, ada banyak sekali jenis tanaman hias yang memiliki kerumitan tersendiri dari cara merawat ataupun menanamnya. Namun ada juga tanaman hias yang sangat praktis ditanam serta dirawat.

Salah satu tanaman hias yang memiliki cara sangat praktis, mudah serta murah dalam cara menanam hingga merawatnya yaitu bunga ekor tupai. Berbeda debgan tanaman bunga jenis lainnya, tanaman bunga ekor tupai tidak memiliki bunga sejati. Bunga ekor tupai memiliki nama ilmiah Asparagus densiflorus yang merupakan salah satu tanaman dari suku kaktus dengan bentuk unik menyerupai ekor tupai. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dengan ciri memiliki daun kecil yang rimbun dan mengerucut.

Cara Menanam Bunga Ekor Tupai

Tanaman bunga ekor tupai sendiri mampu tumbuh hingga ketinggian 1 m dan setelah berumur sekitar 6 bulan, maka bunga ekor tupai akan muncul berwarna merah cerah di bagian pucuk batangnya. Dengan bentuknya yang unik dan indah serta perawatan mudah, bunga ekor tupai menjadi sorotan banyak orang. Bagi anda yang tertarik untuk menanam bunga ekor tupai, berikut merupakan cara menanam bunga ekor tupai dengan mudah dan praktis.

  1. Bibit Bunga Ekor Tupai

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam cara enanam bunga ekor tupai yaitu mencari bibit yang berkualitas dan layak tanam. Adapun langkah untuk memilih bibit bunga ekor tupai :

  • Pertama pilihlah indukan dari bunga ekor tupai yang berkualitas sama halnya dengan Cara Budidaya Belut di Drum, dari indukan yang berkualitas baik maka akan menciptakan bibit unggulan yang baik pula.
  • Pastikan indukan tidak cacat ataupun terkena penyakit dan hama. Pastikan juga indukan bunga ekor tupai terawatt dengan baik dan terjaga kebersihannya.
  • Galilah bagian akar bunga ekor tupai dengan sekop dan perhatikan bagian akar yang menjalar di setiap sisi inti akar nya.
  • Kemudian carilah akar yang memiliki rumpun tunas setinggi 5 hingga 10 cm dari indukan tanaman bunga ekor tupai, setelah anda menemukannya pisahkan dengan akar lainnya.
  • Potong bagian akar dari rumpun tunas tersebut dengan perlahan dan hati- hati, jangan sampai akarnya rusak.
Sponsors Link

  1. Media Tanam Bunga Ekor Tupai

Langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga ekor tupai yaitu menyediakan media tanam. Dalam cara membuat media tanamnya sendiri tergolong mudah dan praktis karena bunga ekor tupai merupakan jenis tumbuhan yang sangat mudah beradaptasi di berbagai wadah. Berikut merupakan penjelasannya :

  • Anda bisa memilih media tanam yang anda sukai mulai dari menanamnya secara langsung pada lahan tanam berupa tanah pekarangan ataupun kebun dan menanamnya di dalam pot.
  • Jika anda menanamnya di dalam pot, anda bisa memilih jenis pot yang anda sukai seperti jenis pot biasa ataupun pot gantung.
  • Jika anda menanamnya secara langsung di tanah berbeda dengan Cara Menanam Bunga Mawar Secara Hidroponik, terlebih dahulu anda harus melakukan pembersihan tanah dari rumput liar ataupun batuan yang dapat mempersulit proses penanaman.
  • Setelah itu ukurlah pH tanah, untuk menanam bunga ekor tupai yang baik pH harus sekitar 5 hingga 8. Untuk mengatasi tanah yang memiliki pH di bawah 5 anda bisa melakukan pengapuran dengan menambahkan dolit.
  • Lakukan juga proses penggemburan dan pemupukan sebelum menanam bibit bunga ekor tupai agar tanah memiliki banyak sekali nutrisi. Karena saat bunga ekor tupai masih berupa bibit, sangat memerlukan banyak nutrisi untuk menunjang proses pertumbuhannya.
  • Setelah itu buatlah lubang tanam pada tanah sedalam 5 cm, dengan jarak lubang tanam sekitar 10 hingga 20 cm.
  • Adapun cara praktis jika anda ingin menanam bunga ekor kucing di dalam pot. Anda perlu menyediakan pot dengan dasar pot memiliki lubang kecil- kecil.
  • Siapkan tanah yang telah anda campur dengan pupuk kompos ataupun kandang dan arang sekam dengan perbandingan 2: 1: 1.
  • Setelah itu masukkan tanah ke dalam pot dan buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm.
  • Setelah lubang tanam pada masing- masing media anda buat, masukkan bibit bunga ekor tupai ke dalam lubang tanam dan tutup lubang tanam dengan tanah lalu jika anda menanamnya di tanah secara langsung buatlah gundukan untuk mencegah pengikisan permukanan tanah pada media tanam.
  • Namun jika anda menanamnya di dalam pot, anda tidak perlu membuat gundukan dari tanah.
  • Setelah selesai menanam, siramlah tanah pada media tanam dengan metode spray. Untuk menyiramnya anda tidak diperbolehkan menyiram secara berlebihan walaupun bunga ekor tupai sangat suka dengan air. 
    Sponsors Link

  1. Perawatan Bunga Ekor Tupai

Selain cara menanam bunga ekor tupai berbeda dengan Cara Menanam Gaharu Cabutan, adapun cara merawat bunga ekor tupai anda agar selalu terjaga keindahannya. Anda hanya perlu memperhatikan kelembapan tanah, kebersihan dan nutrisi tanaman anda, berikut merupakan penjelasan singkatnya :

  • Pertama perhatikan kelembapan tanah pada media tanam dengan cara memperhatikannya setiap hari, jika tanah mulai kering maka anda bisa menyiramnya dengan air bersih.
  • Usahakan saat menyiram tidak ada air menggenang di dalam media tanam, hal ini sangat berbahaya karena dapat membuat bunga ekor tupai anda mengalami busuk akar.
  • Setelah itu jangan lupa untuk melakukan penyiangan dan pemupukan setiap 3 minggu sekali. Penyiangan dilakukan agar tanaman anda terjaga kebersihannya sedangkan pemupukan bertujuan untuk menutrisi bunga ekor tupai anda.
  • Lakukan juga pemangkasan setiap bulannya untuk meregenerasi tanaman bunga ekor tupai anda dan merapikannya agar selalu terjaga keindahannya.

Itulah cara menanam bunga ekor tupai yang sangat mudah dan praktis sehingga dapat anda terapkan di rumah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Bunga