Sponsors Link

3 Cara Menanam Bunga Ekor Kucing Paling Mudah

Sponsors Link

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa menjadi pilihan anda dalam bercocok tanam, mulai dari pohon, sayur, tanaman herbal, buah- buahan hingga tanaman hias. Untuk tanaman hias pun memiliki banyak sekali variasi mulai dari tanaman hias berbunga berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Belut di Drum, berdaun hingga tanaman hias yang hanya berupa batang saja.

ads

Dan kali ini kita akan membahas salah satu jenis tanaman hias yang memiliki bentuk bunga unik. Mungkin ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif anda untuk bercocok tanam.

Bunga ekor kucing memiliki nama ilmiah Pennisetum polystachion yang merupakan tumbuhan jenis rumput. Bunga ekor kucing sendiri merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah Afrika tropis dan merupakan anggota suku poaceae. Sebenarnya jenis bunga ekor kucing ini merupakan rumput berukuran besar yang biasanya sering ditanam sebagai pakan ternak, namun karena bentuknya yang indah dan memiliki estetika banyak orang yang menanamnya sebagai pelengkap taman ataupun penghias ruangan.

Adapun ciri dari bunga ekor kucing yaitu tanamannya dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 30 hingga 200 cm dengan massa tumbuh semusim atau menahun. Ada banyak sekali cabang yang muncul di antara akarnya ataupun batang berbukunya yang rebah.

Adapun pelepah daun yang tipis menuju helai daun yang sempit dan meruncing. Berbeda dengan jenis tanaman berbunga pada umumnya, seperti namanya bunga ekor kucing memiliki bentuk bunga menyerupai ekor kucing. Bunga- bunga berkumpul dalam satu malai berbentuk menyerupai bulir seperti garis yang lurus atau melengkung menyerupai huruf  U dengan panjang sekitar 3 hingga 25 cm dan tebal menyerupai bulu- bulu pada ekor kucing.

Warnanya yang merah membuat bunga ekor kucing terlihat cantik untuk dijadikan sebaga dekorasi taman ataupun ruangan. Anda bisa menanamnya di berbagai media tanam yang anda inginkan seperti pot ataupun tanah langsung.

Cara Menanam Bunga Ekor Kucing

Untuk menanamnya pun sangat praktis dan mudah karena bunga ekor kucing termasuk jenis rerumputan maka anda tidak perlu khawatir berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Mawar Secara Hidroponik, bunga rumput kucing mudah tumbuh. Tidak hanya itu bahkan untuk perawatannya anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk menjaga keindahannya. Bagi anda yang tertarik dengan menanam bunga ekor kucing, berikut merupakan cara menanam bunga ekor kucing yang praktis dan ekonomis.

  1. Bibit Bunga Ekor Kucing

Adapun hal pertama yang harus anda lakukan yaitu menyediakan bibit bunga ekor kucing berbeda dengan Cara Menanam Gaharu Cabutan, ada dua cara untuk mendapatkan bibitnya.

Yaitu dengan menyemai biji bunga ekor kucing dan melalui stek batang bunga ekor kucing.

Namun ada cara yang lebih praktis yaitu dengan membeli bibit bunga ekor kucing di toko tanaman hias, untuk lebih jelasnya mengenai bibit ekor kucing, berikut penjelasannya :

  • Jika anda memilih bibit bunga ekor kucing dari toko bibit, pilihla bibit yang memiliki kualitas baik dan layak tanam. Anda bisa melihat review ataupun bertanya kepada pemilik toko.
  • Namun jika anda memilih bibit dari biji, maka pilihlah biji yang layak tanam dengan cara melakukan tes yaitu merendam biji selama 5 menit di air. Perhatikan jika anda melihat ada biji yang mengapung, itu merupakan biji yang tidak layak tanam. 
    Sponsors Link

  • Siapkan polibag kecil dan isi dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos ataupun kandang dan pasir dengan perbandingan 2: 1 :1. Setelah itu taburkan benih dan lembabkan tanah menggunakan spray.
  • Lakukan penyiraman dengan tujuan melembabkan media tanah hingga biji membentuk bibit berukuran 5 hingga 10 cm.
  • Adapun cara pembibitan dengan menggunakan stek bunga ekor kucing maka pilihlah indukan bunga ekor kucing yang baik dan sehat.
  • Potonglah batang tanaman indukan bunga ekor kucing sepanjang 15 hingga 20 cm menggunakan pisau ataupun gunting yang tajam, untuk memotongnya pastikan membentuk sisi yang meruncing di bagian ujung batang dan sisakan sekitar 2 hingga 3 lembar daun pada batang.
  • Lalu sediakan air di dalam ember, anda juga bisa menambahkan larutan hormon pertumbuhan agar stek bunga ekor kucing anda dapat tumbuh dengan cepat.
  • Rendam batang bunga ekor kucing selama kurang lebih 24 jam dan sediakan pula plastik kecil untuk menutupi daun. Hal ini untuk mencegah terjadinya penguapan berlebih sehingga dapat merangsang pertumbuhan akar jadi lebih cepat dan banyak.
  • Setelah itu anda bisa menanam setengah batangnya dan pastikan daunnya tidak menyentuh tanah. Tanam stek pada polybag berukuran kecil berisi tanah yang dicampur pupuk kompos ataupun kandang dan pasir dengan perbandingan 2: 1: 1.
  • Siram dengan air dan letakkan di tempat yang teduh, tunggu hingga 4 minggu dan tunas akan muncul. Biarkan tanaman tumbuh dan lepaskan pembungkus plastik yang menutupi daun.  
    ads
  1. Media Tanam

Setelah anda menyiapkan bibit bunga ekor kucing yang sesuai biarkan bibit berada pada media semai kurang lebih hingga 6 bulan berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Zinnia, setelah itu saatnya anda membuat media tanam.

Dalam cara menanam bunga ekor kucing, anda bisa menanamnya di berbagai media seperti pot ataupun di tanah langsung, untuk lebih jelasnya berikut kami sampaikan bagaimana cara membuat media tanam yang baik :

  • Pertama pilihlah lokasi yang tepat terlebih dahulu, untuk lokasinya pastikan bahwa bunga ekor kucing anda selain terbebas dari polusi juga mendapatkan penyinaran cukup. Perlu anda ketahui bahwa tanaman bunga ekor kucing sangat suka dengan sinar matahari, akan sangat baik jika ia dibiarkan tumbuh di paparan sinar matahari.
  • Namun agar bunga ekor kucing anda tetap terjaga keindahannya, pastikan suhu lokasi hangat. Setelah itu jika anda menanamnya di tanah secara langsung, cangkul area lahan sedalam 12 inci atau sekitar 30cm. Lalu campurkan pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos ke dalam tanah.
  • Untuk meminimalisir adanya hama dan penyakit, anda bisa menambahkan serbuk kayu ataupun gambut pada tanah media tanam dan perdalamlah galian pada media tanam kira- kira sedalam 5 hingga 10cm untuk menambah ruang pada tanaman nantinya jika sewaktu- waktu terjadi banjir ataupun genangan.
  • Berbeda jika anda menamnya di dalam pot, anda bisa langsung memasukkan tanah yang telah dicampur pupuk kandang ataupun kompos terlebih dahulu lalu buatlah lubang tanam sedalam 5 hingga 10cm.
  • Setelah anda membuat lubang tanam yang pas, pindahkan bibit bunga ekor kucing dari media semai ke dalam lubang tanam. Tutup lubang tanam dengan tanah campuran pupuk dan jangan lupa untuk memadatkannya agar bunga ekor kucing dapat berdiri kokoh.
  1. Perawatan

Adapun cara merawat bunga ekor kucing agar dapat tumbuh dan terjaga keindahan bunganya.

Caranya sangat mudah dan ekonomis berbeda dengan Cara Menanam Durian Bawor, anda hanya perlu memperhatikan penyiraman, nutrisi serta menghindarkan dari hama dan penyakit dan berikut penjelasannya :

  • Perhatikan penyiraman yang anda lakukan, terlalu banyak memberi air akan merusak tanaman bunga ekor kucing. Anda sebaiknya menyiramnya secukupnya dan tidak terlalu sering, jika akar terlalu sering terkena air maka beresiko terhadap akar dan menimbulkan masalah jamur.
  • Bunga ekor kucing tidak akan berbunga tanpa mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun hindari untuk menempatkan bunga lipstik pada cahaya matahari yang terlalu terik. unga ekor kucing hanya memerlukan cahaya cukup dalam sehari namun tidak untuk sepanjang hari.
  • Jangan lupa untuk memberi pupuk tambahan setiap 2 minggu sembari anda memangkas tanaman bunga ekor kucing untuk menjaga kebersihannya.
  • Perhatikan selalu tanaman bunga ekor kucing anda untuk menjaganya dari berbagai macam penyakit dan hama. Anda bisa menyemprotkan pestisida dan insektisida untuk mengatasi hama yang ada.

Itulah cara menanam bunga ekor kucing yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, selamat mencoba.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Bunga